Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Kejujuran dengan Atasan, Pahami Saksama!

Jangan sampai mengabaikan pentingnya bersikap jujur

Jujur merupakan salah satu sifat yang tak boleh diabaikan oleh setiap pegawai yang ada di perusahaan. Tanpa kejujuran, maka akan sulit dalam mengemban amanah yang baik dalam bekerja. Kejujuran yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya jujur dalam bekerja, namun juga jujur saat bersama rekan kerja lainnya atau bahkan jujur dengan atasan.

Sayangnya banyak orang yang justru menyepelekan esensi bersikap jujur, khususnya saat bersama atasan. Untuk menjaga kejujuran dalam bekerja dengan atasan, kamu dapat melakukan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Niatkan dari dalam hati

5 Tips Menjaga Kejujuran dengan Atasan, Pahami Saksama!ilustrasi orang sedang berpikir (Pexels/Monstera)

Hal pertama yang harus kamu tanamkan dalam diri adalah mengenai niat. Tanpa niat, maka segala sesuatunya akan terasa sulit dan jangan sampai hal ini akan mengganggu niat baikmu dalam jujur selama bekerja.

Saat meniatkan sesuatu, maka simpan niat tersebut dari lubuk hati yang dalam. Cara ini cukup efektif agar kamu jadi tak sampai melakukan hal-hal yang justru akan merugikan dirimu sendiri. Itulah mengapa niat bukan hanya diucapkan di lisan, namun juga harus ditanamkan di hati.

2. Pahami konsekuensi jika tak jujur

5 Tips Menjaga Kejujuran dengan Atasan, Pahami Saksama!ilustrasi tidak profesional (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Ketika seseorang berbohong dalam bekerja, maka akan ada konsekuensi besar yang menunggu mereka. Hal ini jelas tak dapat disepelekan begitu saja, bahkan tak jarang dapat memberikan kerugian tersendiri pada orang-orang yang tak mampu bersikap jujur.

Kamu jelas perlu memahami konsekuensi tersebut dengan sebaik mungkin. Melalui pemahaman tersebut, maka kamu dapat menghindari kemungkinan untuk tak bersikap jujur selama bekerja.

Baca Juga: 5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipu

3. Saling mengingatkan mengenai kejujuran

5 Tips Menjaga Kejujuran dengan Atasan, Pahami Saksama!ilustrasi diskusi (pexels.com/@Jonathan-Borba)

Kejujuran adalah modal utama dalam menjalani pekerjaan dengan baik dan hal ini jugalah yang harus dijunjung tinggi oleh setiap orangnya. Baik itu pegawai biasa atau bahkan atasan, saling mengingatkan mengenai kejujuran adalah hal yang penting.

Jangan sampai justru kamu acuh dalam mengingatkan dalam kebaikan sehingga cenderung abai. Hal ini tak akan membuat pekerjaanmu menjadi mudah bila tak menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran.

4. Menjaga tanggung jawab

5 Tips Menjaga Kejujuran dengan Atasan, Pahami Saksama!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@miquelena)

Tanggung jawab dalam bekerja bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Tak sedikit pegawai yang justru tak jujur dalam bekerja, sehingga kewajibannya bahkan tak dapat ditunaikan dengan baik.

Padahal apabila para pegawai dapat menjaga tanggung jawabnya dengan baik, maka mereka juga pasti menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Hal inilah yang membuat kejujuran dan tanggung jawab adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan begitu saja.

5. Dahulukan integritas dalam bekerja

5 Tips Menjaga Kejujuran dengan Atasan, Pahami Saksama!ilustrasi pegawai yang baik (pexels.com/@Rebrand-Cities)

Seseorang yang memiliki semangat kuat dalam bekerja tentunya pasti diikuti oleh integritas yang baik. Integritas tersebut berkaitan dengan kualitasnya dalam memberikan setiap hasil pekerjaan.

Sayangnya tak semua pegawai mampu mendahulukan integritasnya. Tak jarang banyak pula pegawai yang justru acuh dan tak memperdulikan kualitas bekerjanya. Jika sudah demikian, pastinya tak akan nyaman dalam menjalankan kewajiban untuk bekerja.

Bersikap jujur dengan siapa pun dalam bekerja, khususnya dengan atasan adalah hal yang wajib. Jangan sampai integritas dan kualitas bekerjamu jadi dipertanyakan sebab tak bisa bersikap jujur. Utamakan kejujuran, ya!

Baca Juga: 5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Berat

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya