TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Blender Agar Gak Mudah Rusak, Gampang Kok!

Daripada rutin beli, mending barang yang ada kita rawat, ya!

technobuffalo.com

Blender memang sangat membantu proses memasak kita sehari-hari. Karena keberadaannya selalu kita manfaatkan inilah, kita harus pintar cara merawatnya agar gak mudah rusak dan berumur pendek.

Ada tips yang bisa kamu terapkan agar blender di dapurmu gak cepat rusak. Inilah 5 tips merawat blender agar gak mudah rusak!

1. Jangan memblender makanan yang terlalu keras atau alot

businessinsider.sg

Pada dasarnya blender memang diperuntukkan melembutkan makanan. Namun, untuk jenis makanan yang bertekstur alot, keras dan berserat banyak mesti dihindari ya. Makanan seperti itu akan sangat mempengaruhi pisau bahkan usia blender kamu. Seperti daging, kacang-kacangan, cabai kering, biji kopi, jahe dan lain-lain adalah jenis makanan yang mesti dihindari dari penggunaan blender.

Baca Juga: Cuma Butuh Blender, Ini Resep Mudah Bikin 'Sobia' Minuman Khas Mesir

2. Hindari memblender dengan isi maksimum

technobuffalo.com

Ini pun hal yang mesti dihindari saat menggunakan blender. Mengisi blender sampai penuh akan membuat mesin blender bekerja terlalu berat dan ujungnya mempercepat usia blender itu sendiri. Selain itu, makanan yang digiling pun tidak akan lembut maksimal. Sebaiknya, blender lah makanan sedikit demi sedikit, yang penting hasil sesuai yang diinginkan.

3. Hindari menyalakan blender terlalu lama

thespruce.com

Menyalakan blender terus menerus tanpa jeda hingga terasa panas pun hal yang harus dihindari, ya. Biasanya batas maksimum blender dinyalakan adalah 10-30 menit saja. Saat digunakan pun sebaiknya menggunakan level kecepatan, agar kamu bisa membuat makanan cepat lembut dan mengetes blender berfungsi dengan baik.

4. Segera cuci usai digunakan

smoothieblenderguide.com

Mencuci blender usai digunakan bukan saja merawat blender agar tetap awet dan tidak mudah berkarat. Melainkan agar kuman tidak bersarang dan bau makanan pun tidak menempel.

Sebelum dicuci, alangkah baiknya kamu blender air dengan jeruk nipis terlebih dahulu. Karena sifat basa jeruk nipis dapat menghilangkan bau dan membunuh kuman yang menempel hingga ke seluruh permukaan. Setelah itu, barulah cuci bersih dengan menggunakan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Baca Juga: 10 Jenis Bahan Makanan yang Bikin Blender Kamu Cepat Rusak

Verified Writer

Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya