Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Barang Bekas

Awas kena tipu!

Ada yang suka berburu barang bekas? Bayak orang di luar sana yang lebih memilih barang bekas daripada beli yang baru, tentu harganya yang lebih murah menjadi salah satu alasan utamanya.

Namun kita tahu sendiri bahwa membeli barang bekas memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami kerugian, bisa jadi barang tersebut sudah tidak original ataupun ada kerusakan yang tidak bisa dilihat oleh mata saja.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli barang bekas, jangan sampai salah beli, ya!

1. Fungsi dari barang itu sendiri, pastikan masih berjalan dengan normal sesuai kegunaannya

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Barang BekasPexels.com/Oleg Magni

Sebelum kamu membeli barang bekas, pertimbangkan terlebih dahulu fungsi dari barang itu sendiri, apakah berjalan dengan normal atau ada kerusakan di beberapa bagian.

Namun disarankan untuk mencari barang bekas yang fungsi dan kegunaannya masih benar-benar sama dengan versi barunya, tentu saja agar tidak mengurangi fungsi dari barang yang kamu beli.

Apalagi jika berhubungan dengan barang elektronik seperti HP, kamu harus memastikan tidak ada kesalahan baik dari sistem Androidnya ataupun kerusakan internal lainnya seperti fungsi kamera, aplikasi, ataupun speaker.

2. Barang tersebut original, jangan sampai kamu tertipu dengan produk tiruan

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Barang BekasPexels.com/Alex Kremer

Original atau tidak sebuah barang memang sangat penting untuk dipertimbangkan, tentu di sini kita bicara kualitas baik dari ketahanan ataupun fungsi lainnya. Makanya sebelum membeli barang bekas, pastikan terlebih dahulu bahwa itu adalah original, bukan tiruan.

Sebenarnya barang bekas ataupun baru sama-sama rentan terhadap versi tiruannya, namun barang bekas memiliki potensi jauh lebih tinggi karena dari segi tampilan kita tidak bisa melihatnya dengan jelas.

Baca Juga: 7 Situs Terbaik untuk Menjual Barang Bekas, Kamu Pilih yang Mana?

3. Pastikan bahwa itu adalah barang yang dia beli sendiri, bukan hasil mencuri

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Barang BekasPexels.com/Albin Berlin

Sebelum membeli barang bekas, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah itu barang yang dia beli sendiri atau barang hasil curian, jangan sampai kamu membeli barang hasil curian yang akan membuat kamu kesusahan nantinya.

Salah satu barang yang rawan sekali terindikasi barang curian adalah sepeda motor, kamu harus bisa mempertimbangkan hal ini agar tidak terbawa-bawa ke dalam ranah hukum.

4. Kondisi fisik dari barang tersebut

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Barang BekasPexels.com/energepic.com

Setiap orang pasti menginginkan barang bekas yang seperti baru, terutama kondisi fisiknya yang benar-benar masih bagus dan mulus. Sebelum membeli, kamu harus bisa mempertimbangkan kondisi fisik dari barang bekas tersebut.

Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena barang tersebut kurang bagus dalam bentuk fisik, banyak orang di luar sana yang menyesal karena tidak mempertimbangkan hal semacam ini.

5. Harga beli, apakah sangat pantas untuk sebuah barang bekas

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Barang BekasPexels.com/Artem Beliaikin

Harga menjadi pertimbangan wajib sebelum membeli barang bekas, memang tujuan utama membeli barang bekas untuk mendapatkan harga yang lebih murah daripada versi barunya.

Namun kamu harus hati-hati terhadap barang dengan harga yang sangat murah dari harga aslinya, takutnya adalah barang tersebut memiliki kerusakan yang orang awam tidak ketahui seperti kerusakan internal.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli barang bekas, jangan terlalu terburu-buru dan pertimbangkan dengan matang-matang.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Shopping Barang Bekas, Yuk Belanja Cerdas!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya