Comscore Tracker

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social Distancing

Jangan salah menyampaikan perasaan, ya

Memberi bunga merupakan salah satu cara untuk menyampaikan perasaan kita dengan elegan. Sampaikan rindumu kepada orang tersayang, teman, sahabat, saudara, dengan bunga, terutama di saat pandemi yang mengharuskan kita untuk tidak sering bertemu.

Seperti diketahui, tiap bunga memiliki makna dan filosofi tersendiri yang berbeda di tiap negara. Berikut merupakan rangkuman arti umum dari bunga-bunga cantik yang banyak dijumpai dalam suatu buket.

1. Lili Peru (Alstroemeria)

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingInstagram.com/ quincekl

Bunga yang di Indonesia dikenal dengan nama Lily Peru ini disimbolkan untuk kekayaan, kesejahteraan, dan keberuntungan. Bunga ini juga berarti pertemanan atau persahabatan.

Bunga yang berasal dari negeri di Amerika Selatan ini bisa tahan hingga dua minggu jika diletakkan ke dalam vas air. Bunga Lili Peru pada umumnya berwarna merah, oranye, ungu, hijau, putih, berbintik-bintik atau bergaris-garis dengan warna yang lebih gelap. Bunga ini memiliki tiga petal dan tiga sepal serta tidak berbau, cocok untuk yang alergi terhadap serbuk bunga. 

2. Anyelir (Carnation)

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ romanivna13

Disimbolkan sebagai kebanggaan dan kecantikan, di Indonesia bunga yang mirip dengan bunga peony ini lebih dikenal dengan nama anyelir.

Anyelir merah disimbolkan untuk cinta dan kekaguman, anyelir merah muda melambangkan cinta seorang wanita atau ibu; anyelir ungu melambangkan ketidakteraturan atau sifat yang impulsif dan tidak bisa diprediksi; sedangkan anyelir putih melambangkan kepolosan dan cinta yang murni.

Kirim buket anyelir merah jika ingin mengungkapkan perasaan sayang dan kagum kepada teman, dan putih untuk mengungkapkan suka pada orang yang kamu taksir. Mengirim bunga anyelir juga dapat diartikan sebagai "semoga beruntung".

3. Bunga Aster (Daisy)

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ dnkphoto

Umum disebut sebagai bunga aster, bunga yang berasal dari Eropa ini memiliki simbol kepolosan dan kemurnian. Jika kamu mengirim buket bunga ini bisa diartikan pula sebagai cinta yang setia. Bunga aster mudah dikenali, yaitu dengan kelopak bunga putih kecil mengelilingi putik bunga di tengahnya yang berwarna kuning menyala.  

4. Bunga Gerbera (Gerbera Daisy)

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ rose_ bleu_vert_

Salah satu jenis bunga aster yang berwarna-warni ini menyimbolkan kegembiraan. Kamu bisa mengirim bunga ini untuk menyemangati temanmu yang sedang bersedih atau sedang merasa terpuruk.

Bunga Gerbera ini cocok untuk hari ulang tahun, anniversaries, mendoakan agar lekas sembuh, atau ucapan terima kasih. Bunga Gerbera tidak memiliki wangi yang semerbak, dan awet hingga 7-10 hari jika diletakkan ke dalam vas bunga berisi air.

Baca Juga: 5 Jenis Bunga yang Harus Ada buat Properti Foto, Auto Bikin Kece!

5. Bunga Iris

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ olgamandel

Iris diambil dari bahasa Yunani Kuno yang berarti pelangi. Bunga nasional kerajaan Prancis ini melambangkan kefasihan atau kelancaran. Iris ungu adalah simbol kebijaksanaan dan pujian. Iris biru melambangkan iman dan harapan. Iris kuning melambangkan gairah sedangkan iris putih melambangkan kesucian.

Di Amerika, bunga ini lazim digunakan untuk perayaan pernikahan yang ke-25 tahun. Jika kawan terkasihmu lahir di bulan Februari, bunga ini juga bisa dikirimkan sebagai ucapan ulang tahun karena dalam ‘bahasa bunga’, bulan tersebut dilambangkan dengan bunga iris.  

6. Bunga Bakung (Lilium)

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ evieshaffer

Bunga Lili atau di Indonesia sering juga disebut bunga bakung melambangkan kesucian dan kecantikan. Bunga lili putih melambangkan kesederhanaan dan kesucian, bunga lili oranye melambangkan gairah, sedangkan bunga lili kuning melambangkan kegembiraan. Bunga lili putih sering dibuat sebagai buket pernikahan karena mencerminkan unsur elegan dan keanggunan.

Di Inggris , bunga lili putih juga berarti berduka cita karena bunga potong yang mekar kemudian mati disimbolkan sebagai kehidupan yang sudah lewat.

7. Anggrek (Orchid)

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingInstagram.com/ touchoforchids

Bunga anggrek melambangkan kecantikan eksotik. Bunga ini juga menyimbolkan kehalusan, perhatian, dan pesona dewasa. Di Eropa, anggrek pink sering dipakai saat perayaan pernikahan ke-14 tahun.

Secara fengshui, anggrek berarti kesuburan. Di Indonesia sendiri, karena proses berbunganya yang memakan waktu cukup panjang dan lama, maka bunga ini sering difilosofikan sebagai doa panjang umur atau doa untuk tetap semangat meraih kesuksesan.

8. Bunga Tulip

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingInstagram.com/ princessyahrini

Bunga tulip didefinisikan sebagai pernyataan cinta yang dalam karena bunga ini mekar paling awal saat musim semi, terutama tulip yang berwarna merah. Bunga yang aslinya berasal dari Asia Tengah ini juga berarti kepopuleran, sedangkan tulip putih diasosiasikan sebagai permintaan maaf, dan tulip ungu berarti royalti. 

9. Bunga Peony

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ martipaan

Bunga yang tak kalah cantik ini diartikan sebagai ungkapan semoga sukses, cinta, dan kehormatan. Jadi jika kamu memiliki teman yang baru lulus, baru melahirkan, atau baru menikah, akan sangat cocok jika diberikan sebuket bunga ini. Bunga peony yang berwarna putih sering pula diartikan sebagai rasa tersipu atau malu-malu.

Di kultur Tiongkok, bunga ini sangat populer sejak jaman kuno, hingga sering dijadikan model lukisan, dekorasi, atau corak kain sutra karena dianggap sebagai bentuk kekuasaan, kekayaan dan berkelas.

10. Mawar

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingUnsplash.com/ ballaschottner

Bunga yang paling populer sebagai isi dari buket bunga ini mengandung bermacam makna sesuai warnanya. Mawar merah sudah tentu berarti menyatakan cinta dan kekaguman, mengirim 12 batang mawar merah populer diartikan sebagai “Be mine” dan “I love you”.

Mawar putih berarti kesucian dan permulaan yang baru, sehingga sering digunakan saat pernikahan. Mawar kuning berarti persahabatan, mawar merah muda berarti ketertarikan yang manis dan apresiasi, mawar oranye berarti ketertarikan yang sangat kuat, dan mawar lavender berarti cinta pada pandangan pertama.

11. Macam-macam mawar dalam satu buket

11 Arti Bunga, Pengganti Ungkapan Perasaan saat Social DistancingInstagram.com/ chelseaislan

Dengan mencampur beberapa warna bunga mawar dalam suatu buket, kamu bisa mengekspresikan harapanmu. Sebagai contoh buket yang terdiri dari mawar merah dan putih berarti ‘aku mencintaimu dan yang aku rasakan ini tulus’.

Pilihan warna buket mawar yang random atau bermacam-macam warna juga bisa diartikan perasaan yang campur aduk atau sebagai pesan “aku belum tahu yang aku rasakan tapi yang aku tahu aku menyukaimu jadi kukirim bunga mawar ini”.

Jadi, sudah ada yang ingin mengungkapkan perasaannya lewat buket bunga belum?

Baca Juga: 5 Taman Bunga Instagenic di Malang, Indah dan Sejuk!

Agis Agis Photo Writer Agis Agis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya