Comscore Tracker

Sering Disepelekan, 5 Cara Merawat Teflon agar Makin Awet

Kira-kira bagaimana caranya, ya?

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula varian piranti memasak di dapur. Salah satu yang sering digunakan adalah teflon. Teflon amat digemari berbagai kalangan karena bukan hanya praktis namun juga punya kemampuan anti lengket, sehingga lebih menghemat penggunaan minyak goreng.

Namun, alat yang punya fungsi utama untuk menggoreng ini sering kali disepelekan dalam perawatannya. Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan mengenai bagaimana tata cara merawat teflon.

Jangan menyamakannya dengan wajan atau jenis alat penggorengan lain. Hal ini perlu kamu lakukan agar teflonmu awet. Penasaran bagaimana cara merawat teflon supaya makin awet? Cari tahu sama-sama, yuk.

1. Jangan asal menggunakan spatula

Sering Disepelekan, 5 Cara Merawat Teflon agar Makin AwetShutterstock.com/LightField Studios

Spatula berbahan stainless atau logam merupakan musuh besar bagi teflon, lho. Apalagi jika kamu sampai membolak balik makanan di atas teflon dengan sendok. Haduh, bisa jadi bahaya besar.

Pasalnya, bahan ini bila bersinggungan dengan bagian anti lengket teflon hanya akan membuatnya gak cuma tergores tapi bisa merusak lapisan anti lengket tersebut. Untuk itu, sebaiknya gunakan spatula berbahan kayu ataupun silikon. Sekeras apapun gesekan yang dihasilkan gak akan merusak lapisan anti lengket teflon.

2. Hindari membersihkan teflon dalam keadaan masih panas

Sering Disepelekan, 5 Cara Merawat Teflon agar Makin Awettasteofhome.com

Gak hanya bagian anti lengketnya saja yang akan beresiko rusak bila terkena air dingin, namun bagian bawah teflon juga sebisa mungkin jangan sampai terkena air dingin saat masih dalam keadaan panas.

Jika ingin membersihkan teflon tunggulah dulu sampai suhu panasnya mereda, jangan langsung disiram air dingin atau bahkan direndam seketika. Perbedaan suhu yang drastis hanya akan membuat lapisan teflon mengelupas dan mudah rusak.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu biar Lebih Awet

3. Simpan teflon dengan cara digantung

Sering Disepelekan, 5 Cara Merawat Teflon agar Makin AwetIstockphoto.com/Malisa Nicolau

Cara menyimpan teflon yang benar adalah dengan cara digantung, bukan ditumpuk atau diletakkan begitu saja bersama perkakas lain. Meski sudah digantung, kamu juga gak boleh asal menggantung, lho.

Pastikan keadaan teflon dalam keadaan kering. Beri jarak antar teflon satu dan lainnya, ya. Meski sama-sama teflon kamu tetap gak diperkenankan untuk menumpuknya. Karena untuk menghindari gesekan yang akan menyebabkan rusaknya lapisan pada teflon.

4. Usahakan untuk menggunakan api kecil saat memasak

Sering Disepelekan, 5 Cara Merawat Teflon agar Makin AwetIstockphoto.com/PeopleImages

Teflon adalah alat masak yang memang didesain untuk digunakan bersama dengan api kecil saat memasak. Penggunaan api besar hanya akan membuat teflonmu cepat rusak. Api besar selain akan mengurangi kemampuan anti lengket pada teflon juga akan membuat senyawa teflon menguap.

Senyawa teflon yang menguap ini bila dibiarkan malah akan menjadi racun untuk makanan yang kita olah. Untuk itulah selalu usahakan agar menggunakan api kecil saat memasak.

5. Bersihkan teflon dengan spons lembut ketika mencuci

Sering Disepelekan, 5 Cara Merawat Teflon agar Makin Awetthekitchn.com

Di dunia ini ada beraneka macam spons cuci piring mulai yang tradisional seperti sabut kelapa hingga spons lembut. Namun, ada juga spons kasar seperti spons grenjeng yang terbuat dari kawat. Masing-masing spons juga punya fungsinya masing-masing.

Spons yang tepat untuk membersihkan teflon adalah spons lembut sehingga gak akan menyisakan goresan pada bagian dalam teflon. Sementara spons kawat selain akan meninggalkan goresan dan membuat lapisan anti lengket teflon rusak, suara gesekan yang ditimbulkan saat digosok juga kurang nyaman didengar.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat teflon supaya makin awet, namun sering kali malah disepelekan. Yuk, perbaiki cara merawat teflon agar gak sering gonta-ganti lagi.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Alat Dapur Berbahan Plastik, Lebih Bersih dan Awet

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya