Comscore Tracker

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara Instan

Cara penerapan blok warna bikin ruangan kece maksimal

Istilah blok warna atau color blocking bukanlah hal yang asing di industri fashion maupun desain interior. Sebagai varian inspirasi warna interior, teknik ini diaplikasikan melalui kombinasi dua warna yang biasanya saling kontras satu sama lain. Tujuannya, tentu saja untuk membuat tampilan warna cat rumah semakin menarik dan fun.

Bereksperimen dengan cat color block tidak hanya akan meningkatkan estetika di dalam rumah, tetapi juga menunjukkan kepribadian kamu yang bebas. Wujudkan keindahan dan kerennya selera kamu lewat beberapa inspirasi blok warna berikut ini!

1. Membagi ruangan dengan dua warna pastel berbeda

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara InstanJadikan konsep blok warna sebagai pemisah visual. (hunker.com)

Satu kamar yang ditempati oleh dua orang anak, terkadang memerlukan nuansa berbeda untuk masing-masing kepribadian. Kamu dapat memisahkan ruangan ini secara visual lewat metode cat blok warna. Manfaatkan dua warna pastel berbeda untuk mewujudkan dua area dengan tema khusus masing-masing. Uniknya lagi, gunakan aksesori yang 'serupa tapi tak sama' yang membantu membentuk kesan satu ruangan yang luas.

2. Tampilan cerah ceria dengan warna kuning

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara InstanWarna kuning yang memancarkan rasa optimis. (topdreamer.com)

Secara psikologis, warna kuning adalah warna yang memberi kesan hangat dan rasa bahagia. Menggunakan warna kuning di dalam ruangan akan memunculkan hasrat untuk bermain, menumbuhkan rasa optimis, semangat, dan ceria. Menggunakan warna ini di beberapa titik rumah dengan konsep blok akan membuat seluruh ruangan terasa semakin terang dan fun.

3. Mainkan palet warna pada kabinet

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara InstanMenggunakan pintu-pintu kabinet untuk bereksperimen warna. (trendier.com)

Kamu tertarik menggunakan perabotan berupa kabinet dengan banyak pintu yang bentuknya seragam? Pintu-pintunya ini akan menjadi “kanvas” yang sempurna bagi kamu untuk mewujudkan desain blok warna. Pilih palet warna yang membentuk gradasi untuk masing-masing pintunya. Selain membuat ruangan tampak cerah, gaya ini menunjukkan pribadi kamu yang bebas dan penuh estetika.

Baca Juga: Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Ini

4. Aksen horizontal dinding dengan blok warna

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara InstanMembelah ruangan secara horizontal dengan teknik blok warna. (bradytolbert.com)

Agar tidak terasa monoton, teknik blok warna juga dapat kamu wujudkan dalam proses pengecatan rumah. Caranya adalah dengan membuat satu garis horizontal untuk memisahkan dua warna berbeda. Seperti pada ruang tamu yang menggunakan perpaduan warna putih dan biru navy. Hasilnya, ruangan terlihat lebih hidup, manis, sekaligus memancarkan pesona elegan.

5. Ciptakan kesan blok warna dengan pemilihan furnitur

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara InstanMemberikan kesan blok warna lewat pemilihan perabotan. (inspirationdesignbooks.com)

Memberikan sentuhan efek blok warna tidak harus dilakukan dengan mengecat dinding. Ada cara yang lebih simpel. Pemilihan warna perabotan bisa jadi cara untuk memberikan nilai estetika tambahan ke dalam rumah. Simak saja bagaimana ruang keluarga ini tampil dengan beragam warna pada karpet, sofa, kursi, hingga cushion-nya.

6. Bereksperimen dengan pola geometris

6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara InstanPola geometris unik memungkinkan kamu gunakan banyak warna sekaligus. (interiorstylehunter.com)

Tidak ada yang bisa membatasi kamu untuk menggunakan beragam jenis warna atau memanfaatkan pola apa pun. Kamu dapat memisahkan satu warna dengan warna lain di dinding melalui bentuk-bentuk geometris. Seperti desain di atas yang menggunakan lebih dari lima warna, namun semuanya tetap tampak menarik sebagai sebuah kesatuan.

Bereksperimen dengan warna memang bukan hal yang mudah. Salah pilih bisa membuat interior kamu tampak berantakan. Jika kamu bimbang memutuskan, kamu bisa mengambil referensi di atas serta kamu dapat berkonsultasi kepada pakar yang bisa kamu temukan di Arsitag.com.

Baca Juga: 5 Desain Interior Apartemen Retro Modern yang Tampil Beda dan Memukau

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang. *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya