Comscore Tracker

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan 

Tips irit kamar tidurmu terlihat baru, bahkan tanpa biaya! 

Terlepas dari aktivitas kerja di rumah, kita tentu akan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam kamar tidur. Apalagi, jika kamar tidur kamu telah menjadi ruang kerja pribadi selama work from home. Karena itu, merapikan kamar tidur akan menjadi cara terbaik agar masa-masa karantina diri lebih menyenangkan.

Kalau kamu ingin sekalian mengganti layout kamar tidur atau dekorasi kamar tidur, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Lantas, langkah apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mendekor ulang kamar tidur? Yuk, simak langkah-langkah hemat untuk menciptakan suasana baru dalam kamarmu.

1. Tata ulang furnitur di dalam kamar 

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan home-designing.com

Inilah cara paling mudah untuk membuat suasana di dalam kamar terasa berbeda dan lebih fresh. Cobalah untuk menggeser ranjang lebih dekat dengan jendela, atau justru meletakkan meja kerjamu menghadap jendela. Pertimbangkan apakah kamu perlu banget mengganti perabot yang sudah rusak. Akan tetapi, usahakan untuk tidak menambah yang baru, terutama kalau kamarmu sudah sempit.

2. Ganti bedding kamu 

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan fiveminutesmore.co.uk

Percaya atau tidak, sesimpel mengganti seprai saja ternyata ampuh memberikan napas baru terhadap interior kamar tidurmu. Apalagi, ranjang biasanya merupakan pusat dari kamar. Pilih warna yang lebih cerah dari biasanya atau corak unik yang sedang ngetren. Sentuhan ini bakal menjadi upgrade yang membuat kamu semakin betah di dalamnya.

3. Tambahkan cushion dengan corak unik

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan simplycushions.com.au

Kalau kamar kamu selama ini terkesan terlalu kaku, coba tambahkan beberapa cushion dengan corak unik. Padu padankan warna dan koordinasikan dengan seprai kamar. Perubahan sederhana ini dijamin akan membuat kamar semakin menyenangkan sekaligus tambah nyaman.

Baca Juga: 6 Tips Menata Kamar Kos Sempit Biar Rapi dan Lebih Luas

4. Ganti gorden 

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan nextdayblinds.com

Selain seprai, gorden merupakan elemen kain yang kerap menjadi pusat perhatian di dalam kamar. Menggantinya dengan yang baru juga menjadi langkah jitu memperbarui suasana kamar. Jangan sekadar mengganti corak atau warna gorden, cobalah bereksperimen dengan material lain. Seperti, menambahkan pot-pot kecil berisi tanaman hidup agar suasana segar semakin terasa.

5. Tambahkan karya seni ke dalam kamar 

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan thesleepjudge.com

Ciptakan karakter kamar yang lebih personal dengan memajang lukisan abstrak atau fotografi lanskap tempat-tempat favoritmu. Foto-foto pribadi yang dicetak hitam putih pun mampu menambah kesan artistik. Pemilihan karya seni atau pajangan di dalam kamar dapat membuat kamar terasa lebih berkarakter, memancarkan keunikan pribadimu sebagai pemiliknya.

6. Mengecat ulang kamar 

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan stylebyemilyhenderson.com

Langkah mendekor ulang kamar tidur berikutnya terdengar sangat gampang. Namun, kadang kala dianggap cukup merepotkan. Kamu perlu mengeluarkan seisi ruangan untuk bisa mengecat dinding keseluruhan. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memberikan napas baru ke dalam kamar tidur dengan mengubah warna cat dinding. Alih-alih mengganti semua warnanya, cobalah bermain dengan teknik blok warna. Pilih area yang paling mudah dijangkau dan tidak merepotkan saat dicat ulang. Ciptakan center of attention yang menjadi ciri khas spesial di kamar kamu.

7. Mengganti wallpaper 

7 Langkah Menata Ulang Kamar Tidurmu Jadi Lebih Menyenangkan pandalovesbaba.com

Kalau kamu merasa mengecat dinding menghabiskan terlalu banyak tenaga dan waktu, opsi memasang wallpaper mungkin bisa dipertimbangkan. Selain lebih mudah, wallpaper juga memiliki corak dan warna yang lebih beragam. Pilih yang paling sesuai dengan kepribadianmu agar suasana kamar semakin berkesan.

Jika kamu menempati kamar dengan pasangan, tidak ada salahnya mendiskusikan suasana kamar seperti apa yang kamu berdua inginkan. Namun, mengubah suasana kamar tidur tak sekadar menata ulang benda fisiknya, lho. Hadirkan pula gawai untuk menyetel musik yang kamu sukai. Sudah lengkap begini, kamu malah bakal betah berlama-lama di kamar, nih. Selamat menata ulang kamar tidurmu!

Baca Juga: 5 Kesalahan Menata Kamar Ini Bikin Otak Jenuh, Harus Ditinggalkan!

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya