Comscore Tracker

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumah

Inspirasi balkon menyenangkan, usir stres saat di rumah  

Jika kamu tinggal di apartemen atau rumah yang memiliki balkon, kamu mungkin suka mengutak-atik langkah apa yang bisa dilakukan untuk mendandani dekorasi balkon. Selain mempercantik rumah dari bagian interior, dengan sedikit kreativitas, kamu bisa menyulap balkon menjadi tempat nongkrong yang disukai seluruh anggota keluarga.

Balkon dapat menjadi nilai tambah jika berada di gedung apartemen, sebagai satu-satunya ruang terbuka yang mudah diakses oleh penyewa. Bagaimana caranya mendekorasi  balkon kamu menjadi semakin menarik? Simak inspirasi balkon keren buat santai-santai menikmati udara luar tanpa harus keluar rumah.

1. Balkon bernuansa kayu 

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumaharsitag.com

Jika rumahmu memiliki balkon yang memanjang dengan kapasitas yang cukup luas, cobalah mengadopsi model yang diterapkan oleh Villa Champa yang berada daerah Balangan, Bali ini. Dengan menggunakan pagar pembatas kayu serta perabot berbahan alami, kamu bisa menghabiskan sore bersama keluarga sambil menikmati pemandangan yang terhampar luas.

2. Balkon menghadap kolam renang 

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumaharsitag.com

Memiliki rumah di tengah kota dan ingin menikmati pemandangan yang indah dari balkon mungkin menjadi keinginan yang sedikit sulit. Bagaimana jika membuat balkon menghadap langsung ke kolam renang seperi desain IS House berikut? Sebuah ide cemerlang untuk menciptakan pemandangan buatan di tengah pemukiman padat.

3. Balkon bernuansa hijau 

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumahthespruce.com

Ingin memiliki pemandangan serba hijau di balkon kecil sederhana? Hal ini bukanlah perkara sulit! Jika menanam rumput hijau di lantai balkon terlalu menyulitkan, kamu cukup meletakkan pot-pot kecil berisi bunga dan tanaman hijau. Seketika, menyegarkan sore kamu kala bersantai dengan seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: 10 Ide Memanfaatkan Balkon Jadi Keren, Bikin Hemat Tempat & Estetik! 

4. Balkon dengan hammock

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumahbalconydecoration.com

Balkon ternyata tak hanya cocok diisi kursi untuk bersantai. Jika tak ingin repot menggunakan sofa atau kursi kayu di balkon, coba pasanglah karpet tebal yang lembut dan nyaman. Ditambah sebuah hammock atau ayunan, akan menyulap balkon menjadi tempat favorit yang ingin kamu datangi saat waktu bersantai tiba. Supaya lebih awet, pilihlah bahan yang tahan cuaca hujan dan panas.

5. Balkon mini 

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumahonekindesign.com

Tak hanya balkon berukuran luas saja yang bebas kamu tata sedemikian rupa. Balkon kecil pun mampu tampil memesona jika kamu cukup kreatif memberikan sentuhan desain yang tepat. Dengan furnitur secukupnya dan dekorasi bohlam mini, menghabiskan malam sambil mengobrol romantis dengan pasangan bukanlah impian belaka.

6. Balkon untuk makan malam romantis 

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumahdigsdigs.com

Balkon nyatanya tidak hanya cocok untuk duduk santai. Ciptakan tempat dinner romantis sendiri di balkon rumah buat kamu yang baru saja menikah. Tidak perlu lagi biaya ekstra untuk makan malam romantis di luar, karena semua bisa kamu lakukan di rumah. Jangan lupa, tambahkan dekorasi lampu untuk mempercantik tampilannya.

7. Balkon serbaguna 

7 Ide Sulap Balkon Kamu Jadi Tempat Nongkrong Favorit di Rumahsmallhousedecor.com

Selain untuk bersantai dengan keluarga atau makan malam dengan pasangan, manfaatkan balkon yang berukuran luas untuk berbagai keperluan. Balkon dapat didesain seunik mungkin dilengkapi berbagai komponen di dalamnya. Selain bak berendam kecil, di sisi lainnya ada satu set kursi dan meja sebagai ruang berkumpul dengan teman-teman maupun keluarga besar.

Faktor pemandangan turut berpengaruh terhadap mood yang ingin diciptakan di atas balkon. Manfaatkan ide balkon berikut sebagai upaya menyediakan ruang anti stres saat jenuh melanda ketika menghabiskan waktu di rumah. Bila perlu, kamu dapat memasang atap pelindung untuk melindungi dari hujan dan panas.

Kamu juga bisa memakai perabot portabel agar mudah disimpan kembali saat tidak sedang digunakan. Tak ada lagi alasan untuk tidak bersantai di balkon, bukan?

Baca Juga: 10 Inspirasi Balkon dan Teras Rumah Kekinian, Kece buat Santai!

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya