5 Jenis Kanopi dan Penggunaannya, Terapkan Sesuai Fungsi!

Ada kanopi kaca hingga payung, lho

Kanopi mungkin sudah tidak asing di telinga kamu semua. Dapat digunakan sebagai dekorasi rumah dan berbagai acara karena memiliki banyak fungsi, kanopi juga memiliki banyak macamnya, lho. 

Nah, kali ini IDN Times akan menjelaskan macam-macam kanopi dan kegunaannya. Yuk, simak bersama!

1. Kanopi kaca

5 Jenis Kanopi dan Penggunaannya, Terapkan Sesuai Fungsi!ilustrasi kanopi kaca (pexels.com/Mike van Schoonderwalt)

Kanopi kaca adalah struktur kaca dan logam yang melindungi kamu dari cuaca sekaligus membiarkan cahaya alami masuk. Struktur ini dapat berfungsi sebagai kanopi untuk pintu masuk, jalur, atau area tempat duduk luar ruangan.

Dilansir Fixing Expert, kanopi kaca telah mendapatkan popularitas dalam arsitektur kontemporer karena desainnya yang ramping dan bijaksana. Kanopi kaca dapat dirancang untuk melengkapi daya tarik estetika bangunan yang berdekatan dengan memanfaatkan berbagai macam kaca dan struktur pendukung.

2. Kanopi polikarbonat

5 Jenis Kanopi dan Penggunaannya, Terapkan Sesuai Fungsi!ilustrasi kanopi polikarbonat (Tokopedia/ARDAN DECOR)

Kanopi polikarbonat dibuat dari panel polikarbonat yang terkenal dengan ketahanan benturan, daya tahan, dan perlindungan UV yang luar biasa, bahkan tahan terhadap radiasi. Kanopinya ringan, membuat pemasangannya lebih mudah, dan dapat disesuaikan dalam berbagai warna dan konfigurasi untuk melengkapi arsitektur sekitarnya. 

Fixing Expert juga menjelaskan, bahwa kanopi polikarbonat sering digunakan dalam lingkungan komersial dan perumahan. Kanopi ini biasanya berguna untuk melindungi dari cuaca sebagai alternatif yang hemat biaya dibandingkan kanopi kaca.

3. Kanopi payung bergelombang

5 Jenis Kanopi dan Penggunaannya, Terapkan Sesuai Fungsi!ilustrasi kanopi payung (pexels.com/Leeloo Thefirst)

Selanjutnya ada kanopi payung bergelombang. Dengan desain yang unik dan timeless, kanopi bergelombang memberikan kepribadian dan tekstur pada setiap ruangan. Kanopi ini tangguh dan tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Kanopi jenis ini berlaku untuk garasi parkir, dermaga kargo, dan area penyimpanan dalam konteks industri atau komersial.

dm-player

Menurut laman Fixing Expert, banyak pilihan penyesuaian tersedia untuk kanopi bergelombang. Hal ini memungkinkan kamu memilih berbagai warna dan ukuran yang melengkapi arsitektur sekitarnya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Kanopi Kaca Tempered Minimalis, Tambah Nilai Estetik! 

4. Kanopi tenda

5 Jenis Kanopi dan Penggunaannya, Terapkan Sesuai Fungsi!ilustrasi kanopi tenda (pexels.com/Maël BALLAND)

Selanjutnya, ada kanopi tenda. Kanopi ini sangat cocok digunakan untuk acara di luar ruangan, seperti jika kamu berencana mengadakan pesta ulang tahun, reuni keluarga, atau pesta besar.

Sediakan tempat bagi tamu untuk berlindung dari hujan deras dan terik sinar matahari dengan memasang tenda kanopi atau kanopi berukuran besar. Dilansir Up Homely, William Corey, penulis menjelaskan bahwa tenda kanopi adalah pilihan sempurna untuk pernikahan outdoor.

Di mana, kamu mendapatkan area santai dan aman untuk dinikmati tamu dan keluarga. Kamu bahkan dapat menggunakan kanopi besar untuk memberikan perlindungan bagi hewan peliharaanmu dan melindungi mereka dari panas terik matahari.

5. Kanopi carport

5 Jenis Kanopi dan Penggunaannya, Terapkan Sesuai Fungsi!ilustrasi kanopi carport (pexels.com/Kindel Media)

Memasang kanopi carport atau garasi portabel merupakan pilihan terbaik, terutama untuk melindungi kendaraanmu dari cuaca buruk dan sinar matahari. Kanopi carport sangat cocok untuk menyimpan peralatan outdoor, bahan bangunan, dan kendaraan agar tidak terlihat kusam atau luntur diterpa terik matahari, serta berkarat atau basah kuyup saat hujan deras.

Corey menjelaskan, bahwa kanopi carport dan garasi portabel tersedia dalam berbagai ukuran, bahkan ada yang memiliki panel dan sisi. Ingatlah, panas yang ekstrem bisa sangat berbahaya bagi kendaraanmu karena menyebabkan kerusakan dan keausan serta merenggut umur mobilmu selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, disarankan untuk melindungi mobilmu dari kondisi musiman yang berubah-ubah dengan menggunakan carport dan garasi portabel.

Itu dia beberapa jenis kanopi yang bisa kamu pakai untuk tambahan dekorasi di rumah agar terlihat lebih estetik. Ada yang menarik perhatianmu, gak?

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Merambat untuk Memperindah Kanopi

Alma S Photo Verified Writer Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya