Comscore Tracker

5 Benda untuk Maksimalkan Produktivitas, Harus Ada di Meja Kerja!

Jangan ada yang ketinggalan  

Saat sudah duduk di depan meja kerja, seharusnya kita dapat memusatkan pikiran untuk menyelesaikan tugas-tugas. Oleh sebab itu, meja kerja seharusnya disusun sedemikian rupa agar kita bisa produktif.

Meja kerja bukan hanya perlu ditata dengan estetik agar kita memiliki mood yang bagus, melainkan juga harus disusun secara efektif untuk mendukung fokus kita saat bekerja. Salah satunya dengan menaruh beberapa barang yang dapat meningkatkan produktivitas. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa barang yang wajib ada di atas meja kerja untuk memaksimalkan produktivitas. Simak baik-baik!

1. Sticky notes

5 Benda untuk Maksimalkan Produktivitas, Harus Ada di Meja Kerja!ilustrasi sticky notes (unsplash.com/Jessica Gale)

Sticky notes adalah peningkat produktivitas yang hemat biaya dan mudah digunakan. Benda ini sangat bagus untuk menyoroti informasi penting karena warnanya yang kontras, ukurannya kecil, dan dapat ditempelkan di tempat strategis.

Tidak ada kriteria yang ditetapkan tentang cara menggunakan sticky notes dengan benar. Namun, sebagai karyawan, kamu dapat menggunakannya untuk mengingatkan kamu akan tugas penting dan mendesak atau tugas yang harus kamu selesaikan.

Idealnya, sticky notes ditempelkan di komputer, laptop, atau tempat lain yang mudah dilihat di meja kerja. Jadi, begitu kamu duduk di meja kerja, kamu langsung tahu apa yang harus kamu lakukan begitu melihatnya.

2. Jam alarm  

5 Benda untuk Maksimalkan Produktivitas, Harus Ada di Meja Kerja!ilustrasi jam alarm (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Baiknya kita memiliki rutinitas harian yang konsisten, seperti jam bangun tidur, mulai kerja, istirahat, mengakhiri kerja, dan sebagainya. Untuk itu, ada baiknya di meja kerjamu tersedia jam alarm yang bisa mengingatkan kamu untuk mengambil jeda dan mulai bekerja lagi.

Memang, kamu bisa mengatur alarm lewat smartphone. Akan tetapi, ini sebenarnya kurang efektif karena dikhawatirkan malah membuat kamu jadi tergoda untuk memainkannya hingga mengganggu konsentrasi. Jadi, demi produktivitas yang sehat, sebaiknya taruh alarm untuk membantu mengingatkan kamu kapan harus mengambil jeda dan beristirahat dari bekerja.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Produktif Menulis kala Sibuk Kuliah atau Sekolah

3. Buku agenda

5 Benda untuk Maksimalkan Produktivitas, Harus Ada di Meja Kerja!ilustrasi buku agenda (unsplash.com/Eric Rothermel)

Memang, saat ini sudah ada berbagai aplikasi web untuk membantu kamu mencatat semua jadwal. Namun, laman Oxford Learning Centres menyatakan bahwa menulis meningkatkan daya ingat dengan mengaktifkan area otak yang membantu meningkatkan pemahaman dan melibatkan lebih banyak indra dan neuron motorik daripada saat mengetik di komputer.

Jadi, pastikan buku agenda selalu ada di atas meja kerjamu. Setiap kali mendapatkan informasi seputar proyek atau agenda, langsung catat di sana agar kamu tidak lupa.

4. Buku catatan dan alat tulis lengkap  

5 Benda untuk Maksimalkan Produktivitas, Harus Ada di Meja Kerja!ilustrasi alat tulis (pexels.com/Tim Gouw)

Kertas dan pensil semestinya menjadi perlengkapan yang dimiliki oleh setiap pelajar dan karyawan. Ini berguna untuk menuliskan semua ide yang datang ke pikiranmu secara tiba-tiba.

Kita semua tahu, ide brilian pun bisa cepat hilang dan terlupakan jika kita tidak menuliskannya. Untuk itu, pastikan catatan dan alat tulis selalu ada di meja kerjamu agar kamu bisa langsung mencatat semua ide yang tiba-tiba muncul di kepalamu.

Sebisa mungkin, sediakan pula alat tulis yang lengkap, seperti pensil, pulpen warna warni, highlighter, penghapus, hingga spidol. Dengan begitu, kamu bisa membuat highlight untuk poin-poin yang penting pada catatan.

5. Makanan

5 Benda untuk Maksimalkan Produktivitas, Harus Ada di Meja Kerja!ilustrasi buah-buahan (pexels.com/Lisa)

Saat bekerja, kadang kita merasa lapar sebelum waktu istirahat tiba. Untuk itu, kamu perlu menyediakan makanan di atas meja kerja agar otak tetap bisa berpikir dan kamu tidak harus mondar-mandir mengambil makanan yang dapat merusak fokus.

Makanan yang kamu makan berperan dalam menjaga kesehatan otak dan dapat meningkatkan tugas mental tertentu, seperti memori dan konsentrasi. Untuk itu, pilihlah makanan yang mendukung fungsi otak, seperti kacang-kacangan, cokelat, bluberi, ikan, kopi, atau teh hijau, dikutip dari laman Healthline.

Dengan menyediakan barang-barang ini di atas meja kerjamu, harapannya kamu bisa menjadi lebih fokus dalam bekerja dan produktif. Yang tak kalah penting, pastikan meja kerjamu rapi dan tidak ada barang-barang yang bisa mengganggu fokus.

Baca Juga: 5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktif

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya