Comscore Tracker

5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? 

Bisa basmi nyamuk sekaligus jadi hiasan rumah

Nyamuk merupakan hewan pengisap darah yang berpotensi menyebarkan berbagai macam penyakit, seperti malaria, demam kuning, hingga gatal-gatal. Salah satu cara yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah adalah menggunakan pestisida pembasmi nyamuk. Hanya saja, metode ini memiliki beberapa efek samping.

Nah, salah satu metode yang efektif untuk membasmi nyamuk adalah dengan memelihara ikan, baik di akuarium, kolam, maupun bak mandi. Sebab, setelah kawin, nyamuk betina akan bertelur di permukaan air. Telur ini kemudian akan menjadi jentik-jentik yang dengan cepat tumbuh menjadi nyamuk. Dan beberapa jenis ikan sangat senang memakan jentik-jentik nyamuk.

Lantas ikan apa saja yang efektif untuk membasmi jentik nyamuk? Mari, cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Ikan mas koki

5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? unsplash.com/Ahmed Hasan

Ikan mas koki banyak dijadikan pilihan oleh para penghobi ikan sebagai ikan peliharaan, kompetisi, maupun untuk berbisnis. Selain itu, memelihara ikan mas koki ternyata memiliki manfaat untuk membasmi jentik-jentik nyamuk di rumah.

Seperti nyamuk, ikan mas koki lebih menyukai air lambat atau diam sehingga baik untuk memakan jentik nyamuk. Ikan mas koki dapat bertahan hidup dalam kondisi yang cukup dingin, asalkan air tidak membeku dan tidak terlalu mempermasalahkan pH air.

Selain itu, ikan mas koki juga bisa hidup damai dengan jenis ikan yang lainnya. Karena alasan inilah, ikan mas koki sangat cocok untuk kamu yang masih pemula, karena tidak membutuhkan banyak perawatan.

2. Ikan gupi

5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? guppyexpert.com

Pada umumnya, ikan gupi mampu makan jentik-jentik nyamuk sebanyak berat badan ikan ini setiap hari. Karena ukurannya yang sangat kecil, yaitu hanya sampai 2,5 inci, ikan ini dapat dengan mudah menemukan jentik-jentik nyamuk bahkan sampai ke tempat yang paling tersembunyi. Ikan gupi juga bereproduksi dengan cepat sehingga dapat dijadikan mesin pemakan nyamuk dalam waktu cepat.

Baca Juga: 6 Bahan Alami dan Efektif untuk Mengusir Kecoak, Sudah Terbukti!

3. Ikan koi

5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? unsplash.com/frank green

Ikan koi masih satu famili dengan ikan mas koki. Sama seperti ikan mas koki, ikan koi juga bisa memakan jentik nyamuk yang menetas di kolam. Ikan koi juga termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki usia panjang, yaitu rata-rata 50 tahun, bahkan tak jarang pula ikan koi dapat hidup lebih lama daripada manusia. Selain itu, ikan hias ini juga bisa tumbuh hingga lebih dari tiga kaki.

4. Ikan zebra danio

5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? powersscientific.com

Ikan ini dinamai zebra danio lantaran adanya pola garis-garis di tubuh ikan ini. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dan ramping dengan panjang sekitar 2 sampai 2,5 inci, dengan betina yang memiliki lebih banyak corak perak di tubuhnya dan ukuran sedikit lebih besar daripada jantan.

Ikan ini senang berenang di permukaan dan memakan nyamuk. Ikan zebra danio lebih suka tinggal di air segar yang dangkal dan tenang, serta terkena sinar matahari. Ikan zebra danio juga menyukai adanya tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil di habitatnya, tetapi juga membutuhkan ruang untuk berenang.

5. Ikan cere

5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? tnacifin.com

Ikan cere merupakan spesies pemakan nyamuk yang paling efisien dan rakus. Seekor ikan cere dapat memakan 100 hingga 500 jentik nyamuk dalam satu hari. Selain itu, ikan kecil berukuran 1,5 hingga 3 inci ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat sehingga sangat bagus untuk mengendalikan nyamuk dan hama lain.

Walaupun begitu, sebenarnya keberadaan ikan cere di alam bebas dapat merusak ekosistem alami karena ikan ini berkembang biak dengan cepat dan dapat mengungguli spesies ikan alami lainnya.

Selain efektif untuk membasmi jentik nyamuk, ikan di atas juga menjadi hiasan di rumahmu. Jadi, apakah kamu tertarik memelihara ikan di atas?

Baca Juga: Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya