Comscore Tracker

5 Cara Menanam Buah Leci agar Tumbuh Subur dan Panen Banyak

Kesegaran buah leci membuat banyak orang suka mengonsumsinya

Buah leci tak hanya enak dikonsumsi saja, melainkan juga mengandung banyak gizi di dalamnya. Cara menanam leci juga mudah dan praktis, sehingga bagi kamu yang tertarik untuk membudidayakan leci di rumah, pasti bisa menghasilkan pohon yang subur dan panen buah melimpah. Berikut lima cara menanam leci yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Tahap pembibitan tanaman leci 

5 Cara Menanam Buah Leci agar Tumbuh Subur dan Panen Banyakilustrasi biji buah leci (youtube.com/GT)

Siapkan bibitnya dari biji buah leci matang dari pohon yang sehat, supaya tanamanmu tumbuh subur. Jemur biji leci tersebut di bawah sinar matahari kurang lebih sekitar 1 hari.

Setelah dijemur, simpan biji dalam sebuah tisu, lalu masukkan ke dalam kulkas selama 3 hari sampai bertumbuh tunas. Namun, jika kamu ingin lebih praktis, di toko pertanian juga sudah banyak disediakan bibit leci yang siap tanam. Pilihlah bibit tanaman leci yang berkualitas unggul.

2. Tahap menyemai benih 

5 Cara Menanam Buah Leci agar Tumbuh Subur dan Panen Banyakilustrasi tahap penyemaian benih tanaman (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Langkah berikutnya yaitu, tahap penyemaian benih leci. Siapkan media semai berupa pot atau polybag yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang. Ambil biji atau benih leci yang telah selesai melalui proses pendinginan di dalam kulkas. Kemudian, tanamkan ke dalam media semainya.

Sirami media semai dengan air secukupnya untuk menjaga kelembapan tanah. Letakkan media semai yang berisi benih di tempat yang sejuk, dan tetap bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Tunggu sampai benih bertumbuh tinggi sekitar 40-60 cm, pada saat itulah benih leci sudah menjadi bibit yang siap untuk ditanam ke lahan.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Rosemary, Tumbuhan Herbal Beraroma Harum

3. Proses menanam bibit leci 

5 Cara Menanam Buah Leci agar Tumbuh Subur dan Panen Banyakilustrasi orang sedang mengolah lahan tanam (pexels.com/Greta Hoffman)

Setelah bibit leci sudah siap untuk ditanam. Pilihlah lokasi penanaman yang tanahnya subur dan gembur. Lokasi juga perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup, supaya pertumbuhan tanaman semakin optimal. Lalu, buatlah lubang tanam 60 x 60 cm dan dalamnya sekitar 50 cm. Kemudian, tambahkan pupuk ke dalam lubang sekitar 2/3 bagian.

Bagi kamu yang ingin menanam leci menggunakan pot, maka gunakan pot yang berukuran besar, lalu diisi dengan media tanam campuran tanah subur dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1.

Pindahkan bibit leci dari media semai ke lubang tanam yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk melepaskan terlebih dulu pot atau polybag tempat penyemaian dari bibitnya. Lalu, tutup kembali dengan tanah dan sirami air secukupnya. Apabila kamu menanam lebih dari satu bibit leci di lahan, sebaiknya berikan jarak antara satu tanaman dengan yang lainnya.

4. Merawat tanaman leci 

5 Cara Menanam Buah Leci agar Tumbuh Subur dan Panen Banyakilustrasi pohon leci yang bertumbuh subur (pexels.com/Gianpiero Ferraro)

Setelah selesai menanam bibit leci, selanjutnya kamu perlu memberikan perawatan yang baik dan teratur, supaya tanaman subur dan berbuah lebat dengan rasa manis yang segar. Sirami tanaman secara rutin 2 kali dalam sehari. Namun, sesuaikan juga dengan musim saat kamu menanam, apabila sedang musim hujan, sebaiknya kurangi menyiraminya.

Pemupukan juga perlu dilakukan untuk tanaman leci. Berikan pupuk setiap 3 bulan sekali sampai tanaman berumur 2 tahun. Cara dalam memberi pupuk sebaiknya jangan sampai terkena pangkal pohon tanamannya. Berilah jarak pemupukan dengan tanaman sekitar 20 cm.

Bersihkan area tanam setelah tanaman berumur 2 minggu, supaya tidak ada rumput liar yang bertumbuh dan menghambat nutrisi masuk ke akar pohon leci. Perhatikan juga kondisi tanaman, jika terserang hama dan penyakit, segera semprotkan cairan khusus pembasmi hama, supaya penyakit tidak menyebar luas.

5. Tahap memanen buah leci 

5 Cara Menanam Buah Leci agar Tumbuh Subur dan Panen Banyakilustrasi hasil panen buah leci (pexels.com/Pixabay)

Saat tanaman berumur 4-5 tahun, waktu tersebut merupakan masa panen buah leci. Cara panennya juga mudah dilakukan, potonglah bagian tangkai buah leci menggunakan gunting yang tajam. Panen buah leci yang sudah matang di pohon saja. Ciri-ciri buah leci yang siap panen, saat kamu pencet buahnya sudah empuk, dan warna kulitnya sudah berubah dari hijau ke merah.

Hasil panen bisa langsung kamu nikmati sendiri bersama keluarga di rumah. Jika kamu ingin menjualnya itu juga bisa mendatangkan keuntungan, sebab harga buah leci di pasaran cukup tinggi. Sehingga, mengonsumsi buah leci tak hanya bermanfaat baik bagi kesehatan, tapi juga bisa menambah sumber pendapatan.

Cara menanam leci yang telah dijelaskan tadi, cukup mudah dipahami dan dilakukan sendiri di rumah. Yuk, segera cari bibitnya lalu siapkan lahan tanam yang sesuai untuk tanaman leci. Setelah menanam dan merawatnya, kamu tinggal tunggu saja masa panen buah leci tiba.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Lengkeng agar Berbuah Lebat dengan Rasa Manis

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya