5 Tren Desain Interior 2024, Prioritaskan Konsep Keberlanjutan!

Mendukung hunian dengan estetika mahal dan ramah lingkungan!

Tren desain interior 2024, sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya ada yang datang dan pergi. Dilansir Vogue, secara kolektif para desainer menganalisis cukup mendalam melalui media sosial populer saat ini. Ada beberapa prediksi desain interior yang akan muncul di mana-mana. 

Nah, kamu yang berencana mau membangun rumah atau renovasi hunian, jangan sampai salah pilih desain, ya. Coba, deh, cari tahu dulu desain interior terbaru yang akan populer di tahun 2024 berikut ini! 

1. Keberlanjutan menjadi prioritas utama

5 Tren Desain Interior 2024, Prioritaskan Konsep Keberlanjutan!ilustrasi rumah konsep keberlanjutan (pexels.com/Andrea Davis)

Sebelum banyak membahas detail desain interior terbaru dari berbagai sudut ruangan, para desainer seperti pendiri Decus Interiors , Alexandra Donohoe-Church mempertimbangkan tentang penerapan konsep sustainability. Hal ini mengingat kepedulian terhadap lingkungan untuk sama-sama mindful antara klien dan desainer. 

Alhasil pemilihan elemen dan material yang lebih ramah lingkungan dan mendukung konsep keberlanjutan diprioritaskan. Eva-Marie Prineas dari Studio Prineas mengamati banyaknya klien berantusias untuk berinvestasi pada merek yang mengedepankan konsep environmentally friendly dan kelestarian sosial sekaligus produk berdasarkan pesanan lebih disukai.

2. Mengambil produk alami dan hasil akhir atau finished goods

5 Tren Desain Interior 2024, Prioritaskan Konsep Keberlanjutan!ilustrasi furnitur hasil akhir dan produk alami (pixabay.com/Pexels)

Ketertarikan kolektif terhadap barang atau bahan yang mendukung hidup berkelanjutan seperti mengambil produk alami dan hasil akhir akan menjadi pendukung tren desain interior 2024. Grafis batu alam, kelereng, dan terakota akan memenuhi estetika bangunan. 

Tak heran, Donohoe-Church menuturkan kalau kunci hasil yang maksimal diperlukan bermitra dengan ahli tukang dan finishing agar dapat mewujudkan tekstur dan pola yang kompleks.

Baca Juga: 5 Desain Interior yang Estetik Bernuansa Alam, Pilih Mana?

3. Tekstur pedesaan

dm-player
5 Tren Desain Interior 2024, Prioritaskan Konsep Keberlanjutan!ilustrasi ruang tamu konsep pedesaan modern (unsplash.com/Unsplash)

Tren desain interior 2024 menggiring masyarakat tertarik dengan bentuk dan tekstur organik pada furnitur sekaligus animasinya. Kamu akan menemukan interior dengan kayu berlubang, lapisan keramik, estetika ketidaksempurnaan dan tekstil tenunan tangan. 

Tak heran, kalau proyek besar tahun ini menekankan keindahan bangunan pada kayu cerused dan ubin antik yang berjatuhan. Menurut kamu bagaimana, menarik gak?

4. Hotel di dalam rumah

5 Tren Desain Interior 2024, Prioritaskan Konsep Keberlanjutan!ilustrasi kamar ala hotel (pexels.com/Curtis Adams)

Belakangan ini kamu pasti sering menjumpai teman atau orang-orang di media sosial berlomba-lomba memamerkan momen staycation mereka di hotel ya kan? Nah, fenomena inilah yang mendorong tren desain interior 2024 menuju ke arah konsep bangunan ala hotel. 

Sebagaimana kata Liz Ride dari Studio Tate yang berbasis di Melbourne, bahwa ia melihat keinginan kita menghadirkan fasilitas mewah seperti di hotel ke dalam ruang hidupnya. Jadi, di tahun ini akan ada detail desain penerapan pencahayaan terintegrasi, wallpaper tebal, dan feature stone. Tapi tren kemewahannya tetap santai dan kasual tidak norak. 

5. Estetika lantai semakin ditonjolkan

5 Tren Desain Interior 2024, Prioritaskan Konsep Keberlanjutan!ilustrasi dapur dengan lantai marmer (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Pada tren desain interior modern beberapa tahun sebelumnya, estetika lantai kurang diperhatikan. Tapi di beberapa tahun terakhir ini dan menjelang masuk 2024 lantai tidak lagi menjadi peran kedua tapi akan lebih dipertunjukkan estetikanya. 

Kamu bakal melihat penggunaan lantai batu atau marmer bermotif. Tujuannya, agar dapat menciptakan kosmos warna dan tekstur.

Meninjau prediksi tren desain interior 2024 ini kamu tertarik buat kembali renovasi rumah impian? Konsep yang didukung tahun ini memang lebih mengutamakan keberlangsungan hidup kita di planet ini dengan tidak banyak menghamburkan sumber daya alam dan mencemari lingkungan. Terkesan lebih apresiatif bukan?

Baca Juga: 5 Fakta Tren Desain Interior Bohemian, Cocok untuk si Jiwa Bebas!

Risa Fitriana Photo Verified Writer Risa Fitriana

Content Writer | IG @fitrianrysaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya