Comscore Tracker

5 Alasan Sebaiknya Kamu Gak Lagi Menimbun Pakaian di Lemari 

Cek isi lemarimu yuk

Kalau belanja pakaianmu betul-betul masih sekadar butuh, pasti lemarimu juga masih aman alias gak kelebihan muatan. Namun jika lemarimu sudah terlalu penuh bahkan banyak pakaian yang belum pernah kamu pakai padahal belinya sudah lama, itu artinya kamu perlu diet membeli pakaian baru.

Kamu bisa membela diri dan ini memang hakmu, bahwa toh kamu mampu membelinya. Namun ada 5 alasan terbaik kenapa kamu sebaiknya gak lagi menimbun pakaian di lemari.

1. Makin banyak pakaian dibeli, makin banyak yang gak pernah dipakai 

5 Alasan Sebaiknya Kamu Gak Lagi Menimbun Pakaian di Lemari Pixabay.com/borevina-9505414

Dari semua pilihan yang ada, pada akhirnya kamu hanya akan mengenakan pakaian-pakaian yang terasa paling nyaman buatmu. Dan biasanya, itu cuma separuh dari semua pakaian yang kamu punya atau malah lebih sedikit lagi.

Saat membelinya, pakaian-pakaian itu mungkin tampak bagus. Namun setelah dikenakan untuk beraktivitas ternyata gak nyaman dan kamu jadi enggan memakainya lagi. Sayang banget, kan?

2. Banyak uang bisa kamu sisihkan kalau gak terlalu sering belanja pakaian baru 

5 Alasan Sebaiknya Kamu Gak Lagi Menimbun Pakaian di Lemari Unsplash.com/sharonmccutcheon

Kalau satu pakaian berharga ratusan ribu dan dalam setahun kamu beli sepuluh saja, sudah berapa juta uang yang kamu habiskan? Padahal pakaian-pakaian lamamu juga gak mungkin sudah usang dalam waktu setahun apalagi beberapa bulan saja. Bayangkan kalau uang jutaan itu kamu tambahkan ke tabunganmu. Bisa makin cepat kaya, kan?

Baca Juga: Punya Banyak Barang? Ini 5 Cara Menyimpannya Agar Kamar Tetap Rapi

3. Kamu berpikir semua orang bakal memperhatikan pakaianmu, padahal gak juga 

5 Alasan Sebaiknya Kamu Gak Lagi Menimbun Pakaian di Lemari Unsplash.com/thinkdeep

Sebagus-bagusnya pakaian yang kamu kenakan, orang lain akan lebih terkesan oleh caramu membawa diri kok. Kalau sikapmu baik, beretika, dan kamu punya kemampuan istimewa dalam dirimu; itulah daya tarikmu yang gak ada duanya. Sedang pakaian bisa dengan mudah disamai oleh orang lain bahkan dikalahkan.

4. Bersih dan rapi itu cukup 

5 Alasan Sebaiknya Kamu Gak Lagi Menimbun Pakaian di Lemari Pixabay.com/Free-Photos-242387

Asal pakaianmu bersih, dicuci dan disetrika, lalu kamu mengenakannya dengan rapi; kamu sudah bisa diterima di lingkungan pergaulan yang mana pun kok. Cukup dengan prinsip bersih dan rapi, kamu justru jadi terlihat gak berlebihan dan lebih luwes ketimbang jika pakaianmu selalu baru apalagi kalau yang selalu kamu tonjolkan adalah harganya yang mahal.

5. Akhirnya, semua itu cuma jadi pakaian bekas yang harga jualnya jatuh

5 Alasan Sebaiknya Kamu Gak Lagi Menimbun Pakaian di Lemari Pixabay.com/HutchRock-2563315

Bahkan pakaian bermerek sekalipun, kalau sudah jadi pakaian bekas, harga jualnya akan turun. Berbeda jika nilai uang yang sama kamu gunakan untuk membeli barang lain yang punya nilai investasi, seperti emas. Cukup dengan menahan diri dari membeli beberapa potong pakaian, kamu bisa banget mulai menabung emas.

Menjaga penampilan memang penting. Akan tetapi menjaga penampilan bukan berarti kamu perlu menjadi berlebihan. Ingat prinsip berpakaian, bersih dan rapi itu cukup. Jadi, cek lagi isi lemarimu ya.

Baca Juga: 7 Hacks Agar Lemari Pakaianmu Selalu Wangi, Bye-bye Bau Tak Sedap! 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya