Comscore Tracker

8 Jenis Pakis Hias, Tips Budidaya, Media Tanam, dan Penempatannya

Perawatan sesuai dengan jenisnya ya!

Tanaman pakis memiliki bentukyang bermcam-macam. Hal ini membuat tanaman yang termasuk tumbuhan semak ini diminati untuk dijadikan tanaman hias. Jika tanaman pakis yang hidup liar dihutan memiliki ukuran besar dan daun yang tampak seragam, namun pakis hias berukuran lebih kecil dan memiliki daun yang unik.

Merawat tanaman pakis memang susah-susah gampang. Namun, kalau kita mengetahui jenis pakis tersebut dan hal apa saja yang dibutuhkannya untuk tumbuh optimal, tentu tidak akan ada kendala yang berarti. Berikut 11 jenis pakis hias, media tanam, dan perlakuan terhadapnya.

1. Pakis Delta Maidenhair (Adiantum raddianum)

8 Jenis Pakis Hias, Tips Budidaya, Media Tanam, dan PenempatannyaDelta Maidenhair (Unsplash.com/Max Letek)

Pakis ini memiliki  banyak daun yang berukuran kecil dan berbentuk deta dengan tanggkai ungu kehitaman. Meskipun berwarna kehitaman, pakis Delta tetap menawan untuk dijadikan tanaman hias. Pakis jenis ini cocok untuk ditanam didalam pot, sehingga mempercantik halaman atau sudut ruangan.

Jika diletakkan diluar ruangan, pakis ini membutuhkan naungan penuh atau sebagian, agar terhindar dari sinar matahari langsung. Media tanam yang dibutuhkan meruoakan tanah lempung yang subur, lembab, drainase lancar, dan memiliki pH basa hingg netral. Tanaman pakis jenis delta banyak ditemui di Indonesia.

2. Pakis Ayam-ayam (Asenium bulbiferun)

8 Jenis Pakis Hias, Tips Budidaya, Media Tanam, dan PenempatannyaPaku Ayam-Ayam (Unsplash.com/Sacre Bleu)

Termasuk dalam varietas pakis yang dapat tumbuh di Indonesia, pakis ini memiliki daun yang unik, berwarna hijau  muda dan terbagi menjadi beberapa bagian tipis yang melengkung seperti cabang pinus. Memiliki bulu-bulu halus seperti pada umumnya tanaman semak, namun pakis ini tetap cantik jika dijadikan tanaman hias.

Untuk dapat tumbuh diluar ruangan, berikan naungan parsial (sebagian). Untuk media tanamnya, tanaman ini cocok untuk semua jenis tanah, seperti tanah lempung, kapur, liat, dan berpasir, yang telah dikeringkan namun tetap lembab, dengan pH basa, netral, ataupun asam.

3. Pakis Maidenhair Utara (Adiantum pedatum)

8 Jenis Pakis Hias, Tips Budidaya, Media Tanam, dan PenempatannyaPakis Maidenhair Utara (IDN Times/Regina Amalia)

Masih satu kerabat dengan pakis Delta Maidenhair, pakis Maidenhair Utara memiliki batang yang tipis dan terbelah menjadi bilah sebagai penahan daun. Hampir mirip dengan pakis Maidenhair Selatan, namun pakis Maidenhair Utara memiliki daun agak keriting. Memiliki daun berwarna hijau seperti kacang polong dan agak mengkilap, menjadi daya tarik pakis ini.

Cocok dijadikan tanaman di dalam ruangan, namun tidak kalah menarik jika diletakkan di teras rumah. Perlu diperhatikan, ketika diletakkan di luar ruangan, pakis ini membutuhkan naungan parsial hingga penuh. Untuk media tanam, pakis ini termasuk gampang beradaptasi dengan semua jenis media tanam dan pH asam, basa, atapun netral tidak masalah bagi pakis ini.

4. Pakis Maidenhair Selatan ( Adiantum calilus-veneris)

8 Jenis Pakis Hias, Tips Budidaya, Media Tanam, dan PenempatannyaPakis Maidehair Selatan (IDN Times/Regina Amalia

Disebut juga dengan pakis tusuk sate, pakis jenis ini banyak dijumpai di Indonesia. Memiliki daun dengan lobus yang terbagi tiga, beerwarna hijau muda, dan tergantung pada batang berwarna coklat tua, menjadikan pakis Madenhair Selatan enak untuk dilihat.

Pakis ini biasa tumbuh diantara bebatuan dan hamparan bunga. Untuk ditanam sebagai tanaman hias, pakis ini dapat diletakkan di dalam pot atau keranjang gantung. Jika ingin meletakkannya i luar ruangan, pakis dapat diletakkan atau ditanam pada sela-sela batu bata dinding rumah hingga membentuk vertikal garden.

Tanah yang digunakan untuk media tanam merupakan tanah yang lembab dan berdrainase baik, dengan pH netral atau basa. Dibutuhkan naungan sebagian atau penuh agar tanaman dengan tinggi 30 cm hingga 45 cm ini dapat tumbuh optimal.

Baca Juga: Resep Pakis Tumis Serai, Masakan Rumahan Parktis Banyak Manfaatnya

5. Pakis Asparagus (Asparagus aethiopicus)

8 Jenis Pakis Hias, Tips Budidaya, Media Tanam, dan PenempatannyaPakis Asparagus (IDN Times/Regina Amalia)

Mungkin banyak yang mengira tanaman ini bukan sejenis tanaman pakis, karena banyak digunakan sebagai pagar pada kebun atau taman. Memiliki bunga kecil dan tidak memilii menara seperti pakis pada umumnya, namun tanaman ini termasuk jenis tanaman pakis. Hal ini dapat dilihat pada cabang-cabannya yang melengkung dengan formasi daun yang menyirip seperti pakis pada umumnya.

Pakis Asparagus cocok untuk ruangan yang minimalis, namun jika diletakkan di halaman rumah, pakis ini pun ak kalah menarik. Tanaman ini lebih tahan banting, karena dapat tumbuh tanpa diberi naungan. Gunakan media tanam yang memiliki pH tanah sedikit asam agar tanaman ini dapat tumbuh hingga 90 cm.

Pada umumnya, 5 jenis pakis di atas dapat tumbuh di daerah tropis dengan media tanam dan pH tanah yang sesuai, jangan lupa berikan naungan jika pakis-pakis tersebut diletakkan di luar ruangan dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jenis pakisnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!

Regina Amalia Photo Verified Writer Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya