Comscore Tracker

5 Tanaman Indoor Pengusir Semut, Aromanya Segar dan Unik

Semut jadi malas masuk ke rumah

Kamu pasti sebal melihat makanan di meja terlanjur dikerumuni semut. Tak hanya itu, hewan kecil yang satu ini juga suka merusak lantai atau dinding rumah, lho. 

Yang menjadi masalah adalah gak semua kawanan semut bakalan 'cabut' dari tempatmu jika hanya menggunakan semprotan serangga. Solusi alami adalah menggunakan tanaman indoor pengusir semut, nih. 

Kalau kamu gak tega membasmi semut dengan semprotan, deretan tanaman indoor  pengusir semut ini bisa mulai kamu tanam di rumahmu. Tanaman ini juga punya aroma segar dan unik, lho.

1. Adas manis atau anise (Pimpinella anisum)

5 Tanaman Indoor Pengusir Semut, Aromanya Segar dan Unikilustrasi tanaman tanaman adas manis (harvesttotable.com)

Adas manis mempunyai aroma licorice yang kerap digunakan untuk melatih anjing dalam memburu rubah. Tapi tahukah kamu jika aroma yang berasal dari biji adas itu justru sangat dibenci semut?

Walau tak disukai semut, sebenarnya aroma adas ini terbilang unik sehingga sering dijadikan bumbu dalam salad, bahan roti, dan dessert. Eits, daun ini juga sering dipakai di makanan Indonesia, lho.

2. Mint (Mentha spp.)

5 Tanaman Indoor Pengusir Semut, Aromanya Segar dan Unikilustrasi daun mint (pexels.com/Omer Yılmaz)

Memiliki aroma yang menyegarkan membuat mint kerap menjadi perasa dalam berbagai makanan dan minuman. Tanaman ini juga sering diolah menjadi minyak yang berguna untuk medis dan terapeutik. 

Selain dimanfaatkan manusia, minyak mint sering dipakai sebagai insektisida alami yang aman bagi lingkungan. Nah, selain semut, mint juga mampu mengusir kecoak, nyamuk, dan lebah.

3. Rosemary (Salvia rosmarinus)

5 Tanaman Indoor Pengusir Semut, Aromanya Segar dan Unikilustrasi tanaman rosemary (pexels.com/Lachlan Ross)

Banyak yang memelihara rosemary untuk dijadikan bahan masakan dan obat, nyatanya rosemary juga bisa menjadi pengusir semut yang ampuh. Sifat aromatik yang berasal dari daunnya membuat semut menjauh, nih.

Eits, tapi karena daunnya yang keras dan runcing pula, tanaman ini sangat pantas untuk dijadikan hiasan di rumah. Rosemary termasuk tanaman yang mudah dirawat, lho.

4. Krisan (Chrysanthemum or Tanacetum cinerariifolium)

5 Tanaman Indoor Pengusir Semut, Aromanya Segar dan Unikilustrasi bunga krisan (unsplash.com/Yuichi Kageyama)

Krisan dapat mencegah semut mendekat karena adanya kandungan piretrin yang berbahaya untuk mereka. Biasanya piretrin dipakai sebagai bahan pestisida.

Bunganya yang berwarna cerah membuat krisan cantik sebagai tanaman hias. Uniknya, meski dibenci semut, aroma tanaman ini justru disukai kupu-kupu, lho. Wah, seru, ya, kalau rumahmu didatangi hewan dengan sayapnya yang indah tersebut.

5. Sage (Salvia officinalis)

5 Tanaman Indoor Pengusir Semut, Aromanya Segar dan Unikilustrasi tanaman sage (pixabay.com/anaterate)

Daun sage utuh bisa menjadi penangkal semut yang efektif. Sage juga bisa dijadikan minyak atsiri dengan aroma manis dan harum yang dapat menangkal serangga lainnya. 

Nah, agar aroma sage semakin kuat dan makin menjauhkan semut dari rumah, kamu perlu meremas-remas daunnya dan taburkan di sekitar rumah. Selain itu, taruh juga di lubang atau tanah di mana semut sering kali keluar masuk. Alhasil, hewan kecil ini jadi ogah melewatinya.

Selain untuk mengusir semut, tanaman indoor pengusir semut tadi bisa dimanfaatkan sebagai anti serangga di rumah dan taman kamu. Multifungsi banget, kan? Coba tanam salah satu jenis tumbuhan di atas, deh.

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya