Comscore Tracker

5 Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Pembersih Lantai!

Ampas kopi ternyata masih berguna, lho

Sudah bukan hal baru lagi jika kopi sekarang menjadi minuman kesukaan orang-orang, mulai dari yang tua sampai muda sekali pun. Dapat kita lihat juga, kedai kopi sudah menjamur di mana-mana.

Tidak hanya di kedai kopi, nampaknya, zaman sekarang ini sudah banyak pencinta kopi yang hobi membuat sendiri kopinya di rumah. Usai menyeduh dan menikmati kopi, nyatanya masih banyak yang membuang ampasnya. Padahal, ampas kopi masih dapat dimanfaatkan kembali, lho. Sebutannya saja ampas, ampas kopi ternyata masih berguna. Berikut 5 cara untuk memanfaatkan ampas kopi.

1. Sebagai bahan untuk menyikat lantai

5 Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Pembersih Lantai!thespruce.com

Ampas kopi dapat digunakan sebagai pengganti sabun pembersih lantai, sebab, selain dapat membuat lantai harum, ampas kopi juga efektif untuk membersihkan lantai.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menebarkan ampas kopi yang masih basah ke seluruh permukaan lantai yang ingin dibersihkan, kemudian disikat dan dibilas dengan air bersih. Menggunakan ampas kopi juga ampuh banget, lho, untuk menghindarkan lantai dari lalat dan semut karena baunya yang harum!

2. Digosok ke wajan yang menghitam

5 Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Pembersih Lantai!epicurious.com

Wajan yang menghitam memang lumayan sulit dibersihkan jika hanya menggunakan sabun. Salah satu cara yang bisa membantu untuk membersihkan "gosong" pada wajan adalah dengan ampas kopi.

Sama seperti saat mencuci dengan sabun, caranya menggosokkan ampas kopi ke bagian wajan yang menghitam dengan spons sampai bersih, kemudian dibilas dengan air.

Baca Juga: Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Hari

3. Alternatif untuk penetralisir udara dari bau

5 Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Pembersih Lantai!cnet.com

Sering melihat atau bahkan memakai pengharum ruangan yang beraroma kopi? Ada alternatif yang lebih murah, nih! Kalian tinggal manfaatkan ampas kopi untuk menggantikan produk pengharum ruangan.

Caranya, taruh ampas kopi ke dalam gelas, piring kecil, atau asbak rokok, lalu letakkan di atas meja yang ada di ruangan, agar bau-bau yang ada di ruangan dapat dinetralisir oleh kafein dari ampas kopi.

4. Dicampurkan dengan pupuk tanaman

5 Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Pembersih Lantai!gardendesign.com

Kopi mengandung kafein dan asam sehingga sangat baik untuk membantu tanaman tumbuh subur dan mencegah datangnya hama. Caranya adalah dengan mengaduk ampas kopi dengan tanah maupun pupuk, atau hanya dengan menaburkan ampas kopi di sekitar tanah yang ditumbuhi tanaman sudah cukup, kok!

5. Dimanfaatkan sebagai scrub kulit

5 Manfaat Ampas Kopi, Bisa Dijadikan Pembersih Lantai!farmersalmanac.com

Buat yang hobi pakai skincare, pasti sudah sangat familiar dengan scrub kopi yang manfaatnya banyak sekali untuk kulit, seperti mencerahkan, melembutkan, dan melembabkan. Selain dapat digunakan untuk scrub wajah, ampas kopi juga bisa digosokkan ke telapak tangan dan kaki yang kasar agar lembut kembali.

 

Wah, banyak sekali manfaat kopi untuk kulit, ya! Ditambah lagi, ampas kopi relatif aman untuk kulit karena merupakan bahan yang alami.

Baca Juga: 7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Shahfara Raida Utami Photo Writer Shahfara Raida Utami

An amateur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya