Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Bahan Dapur & Barang Bekas

Stepnya simple dan murah meriah!

Toilet yang tiba-tiba mampet memang menjadi masalah yang menjengkelkan. Saat WC mampet, kamu pun harus cepat mencari cara untuk mengatasinya. Jangan buru-buru menelepon jasa sedot WC.

Karna IDN Times akan kasih kamu beberapa tips atau cara mengatasi WC mampet dengan mengandalkan bahan dapur dan benda di sekitar rumah.

Kamu bisa dengan mudah membuat toilet yang mampet menjadi lancar kembali. Bahan apa saja? Yuk, catat rangkuman lengkapnya berikut ini!

1. Baking soda dan cuka

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Bahan Dapur & Barang Bekaspexels/Kaboompics.com

Baking soda menjadi bahan dapur yang punya banyak manfaat, terutama untuk urusan membersihkan rumah. Nah, ternyata baking soda juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi WC tersumbat.

Caranya gampang banget kok. Siapkan baking soda dan cuka. Tuangkan dua bahan tersebut pada mulut toilet yang mampet. Tunggu 15-25 menit kemudian coba flush. Bukan hanya lancar, dua bahan ini juga efektif membersihkan toilet, lho!

2. Sabun pencuci piring ditambah air panas

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Bahan Dapur & Barang Bekasfreepik.com

Mau cara yang lebih praktis? Metode satu ini bisa jadi pilihan. Kalau tak punya baking soda, kamu bisa menggantinya dengan sabun pencuci piring. Caranya dengan menuang kurang lebih 1/2 gelas sabun cuci piring ke dalam toilet, kemudian tuang air hangat secara perlahan namun jangan sampai terlalu penuh agar tidak meluap.

Tunggu selama 20 menit, kemudian flush. Sabun ini berfungsi untuk melumasi permukaan toilet agar licin sehingga sampah atau kotoran yang tersumbat bisa terbuang.

3. Botol plastik atau plastic wrap

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Bahan Dapur & Barang Bekashomehacks.co

Bukan hanya bumbu dapur, kamu juga bisa menggunakan barang bekas seperti botol plastik atau plastik pembungkus makanan. Untuk botol plastik, kamu hanya perlu memotong sedikit bagian ujungnya kemudian arahkan pada lubang toilet kemudian tekan-tekan.

Tekanan kuat ini akan memuat kotoran atau sampah yang menyumbat bisa terdorong sehingga toilet kembali lancar. Untuk plastik wrap, kamu hanya perlu menutupi dudukan WC hingga semuanya tertutup rapat.

Pastikan tidak ada celah bagi udara untuk masuk. Tekan tombol flush kemudian tekan air yang meluap agar kembali masuk dan mendorong kotoran dan sampah yang menyumbat toilet.

Baca Juga: Serasa Mandi di Hotel Berkat 10 Motif Keramik Kamar Mandi Ini!

4. Pemutih pakaian

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Bahan Dapur & Barang Bekasfreepik.com

Bahan satu ini juga bisa membantu mengatasi masalah toilet tersumbat. Caranya dengan menuangkan cairan pemutih pakaian ditambah sedikit deterjen. Diamkan beberapa menit kemudian siram dengan air berkali-kali hingga WC kembali lancar.

Cairan pemutih ini memiliki kandungan zat yang ampuh melunturkan kerak dan bisa menghancurkan kotoran yang menyumbat toilet.

5. Hanger berbahan kawat

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Bahan Dapur & Barang Bekashomehacks.co

Kalau cara di atas belum berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan hanget bekas untuk mendorong paksa kotoran yang menyumbat pada toilet. Metode ini cocok dilakukan bila sampah yang menyumbat letaknya cukup dalam. Caranya dengan memotong hanger, kemudian lapisi bagian ujung yang tajam dengan kain.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar porselen WC tidak tergores dan rusak. Setelah itu, kamu bisa menekan hanger ke dalam pipa toilet hingga kotoran yang menyumbat bisa terdorong masuk.

Gimana sekarang sudah tahu kan cara mengatasi wc mampet? Kalau memang cara di atas tidak juga ampuh, sebaiknya segera menghubungi ahli untuk mengatasi masalahmu.

Baca Juga: 7 Inspirasi Kamar Mandi Kekinian, Cuma Modal Keramik Polos!

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya