Comscore Tracker

Jowo Tenan, 5 Rekomendasi Channel YouTube Ini Buatmu Jago Bahasa Jawa!

Yuk, lestarikan bahasa daerah kita #LokalIDN

Semakin berkembangnya zaman, bahasa asing mulai dipelajari dan dikenalkan sebagai bahasa Internasional. Tetapi, jangan sampai, kita melupakan bahasa Indonesia apalagi bahasa daerah kita. Kita harus tetap melestarikan bahasa daerah kita di samping bahasa asing yang kita pelajari. 

Nah, salah satu bahasa daerah yang harus terus dilestarikan adalah bahasa Jawa. Sebagai bahasa terbanyak dituturkan di Indonesia, masih ada saja yang menganggap bahasa Jawa itu susah. Berikut lima rekomendasi kanal YouTube yang bisa dijadikan pembelajaran mudah olehmu! 

1. Arofa Defaki

https://www.youtube.com/embed/zCNwNI8Q8Dg

Kanal pertama yang wajib banget kamu berlangganan adalah Arofa Defaki. Kanal yang telah memiliki lebih dari 10 ribu pelanggan ini akan mengajarkan kamu bahasa Jawa Ngoko dan Kromo. Jangan khawatir, di sana kamu akan diajarkan langsung oleh mahasiswi jurusan bahasa Jawa, lho. Kamu bisa bertanya apa pun terkait materi bahasa Jawa yang masih kamu bingung. 

2. Londokampung

https://www.youtube.com/embed/q1VxAKYTyk8

Berbeda dengan kanal sebelumnya, kanal ini cukup unik. Karena di sana kamu akan menonton bule Australia yang berbicara fasih bahasa Jawa. Kamu akan disajikan berbagai konten lucu dengan percakapan bahasa Jawa sehari-hari. Dengan begitu kamu akan memiliki kosakata yang luas dan sering dipakai di keseharian. Hingga kini, kanal Londokampung telah memiliki hampir 4 juta pelanggan, lho! 

Baca Juga: Ngoko hingga Krama, Inilah 4 Tingkatan Bahasa dalam Bahasa Jawa

3. Sinau Bahasa

https://www.youtube.com/embed/ktjmm47mMeQ

Selanjutnya, kanal yang tidak kalah unik adalah Sinau Bahasa yang telah memiliki hampir seribu pelanggan. Di sana kamu akan diajarkan tentang bedanya penggunaan bahasa Jawa yang halus dan kasar. Selain itu, ada konten menarik dalam kanal ini, yaitu, sebuah film pendek berbahasa Jawa. Eits, kamu tidak perlu khawatir tidak memahami percakapannya, karena kontennya dilengkapi dengan subtitle bahasa Indonesia, kok! 

4. Ordes Jaya

https://www.youtube.com/embed/W_SMc5FZUwc

Jika, kamu masih sangat pemula belajar bahasa Jawa, tidak ada salahnya kamu berlangganan kanal Ordes Jaya. Di sana kamu akan lebih mudah memahami bahasa Jawa karena kontennya yang bertahap dan telah dikelompokkan. Misalnya, kanal ini menyajikan kata sifat dalam bahasa Jawa, kumpulan lawan kata atau antonim bahasa Jawa hingga, hingga kumpulan kosakata bahasa Jawa Kromo dan Ngoko. Hingga kini, kanal ini telah memiliki hampir tiga ribu pelanggan, lho! 

5. Bunest Channel

https://www.youtube.com/embed/auNZtWGyZoM

Kanal terakhir yang wajib banget kamu subscribe adalah Bunest Channel. Kanal yang telah memiliki lebih dari 21 ribu pelanggan ini memang berfokus pada pengajaran bahasa dan menyajikan materi-materi bahasa Jawa. Keuntungan lainnya adalah, kamu bisa mempelajari langsung bagaimana cara penulisan bahasa Jawa yang benar dan sesuai dengan aksara Jawa, Hanacaraka. 

Rekomendasi kanal YouTube di atas bisa kamu jadikan media belajar bahasa Jawa. Ingat ya, kalau bukan kita yang melestarikan bahasa daerah, siapa lagi? 

Baca Juga: 5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa Ibu

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya