Comscore Tracker

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Buku

Pernah tahu perpustakaan menawarkan lebih dari sekedar buku?

Perpustakaan sering dianggap sebagai tempat untuk membaca buku atau tempat yang hening dan tenang. Bagi sebagian orang, perpustakaan menjadi hal yang membosankan. Tapi beda hal untuk mereka yang gemar membaca buku. Namun ternyata ada lho perpustakaan yang menawarkan lebih dari sekadar membaca buku.

Dan, dalam beberapa tempat berikut, perpustakaan justru berubah menjadi tempat yang agak bising. Ditambah lagi, perpustakaan zaman modern ini menyediakan akses publik melalui teknologi dan pendidikan baru.

Berikut adalah sembilan contoh dari beberapa perpustakaan di belahan dunia yang menawarkan lebih dari sekadar buku.

1. Westport Free Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukuwsj.com

Westport Free Library di Westport, Connecticut memiliki koleksi sekitar 28.000, dan memiliki Robot Open Lab di mana masyarakat dapat belajar bagaimana memprogram robot untuk menanggapi perintah sederhana, menangkap dan menendang sepak bola kecil, dan bahkan menari.

Dua robot perpustakaan, Vincent dan Nancy merupakan robot humanoid otonom yang dapat diprogram, hadir sejak September 2014 silam. Sejak itu, lebih dari 2.000 orang telah belajar cara memprogram mereka.

2. Chicago Public Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukuengadget.com

Bagi kalian yang mungkin bergantung banget sama Wi-Fi, perpustakaan di Chicago Public Library ini patut kalian kunjungi kalau sedang mampir ke sana, karena perpustakaan ini menawarkan program peminjaman hotspot Wi-Fi yang memungkinkan pelanggan mengakses internet. Perpustakaan tersebut juga memiliki koleksi laptop, e-reader, dan pemutar MP3, lho.

3. Chattanooga Public Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukuflickr.com

Di lantai 4 Perpustakaan Umum Chattanooga di Tennessee menyediakan laboratorium publik dan fasilitas pendidikan seluas 12.000 meter persegi yang berfokus pada informasi, desain, teknologi, dan seni terapan. Perpustakaan juga memiliki kelas untuk mengajarkan masyarakat bagaimana menggunakan peralatan tersebut.

Tujuannya untuk mengekspos setiap orang agar lebih mengerti kalau teknologi itu sebagai akses pendidikan dan pemberdayaan.

Chattanooga juga memiliki studio musik, lho. Dengan mengandalkan kartu perpustakaan yang valid, seseorang sudah bisa memesan sesi selama tiga jam di studio, studio itu dilengkapi dengan peralatan studio rekaman yang canggih untuk mengerjakan proyek dan mempelajari seni merekam. Ada juga Instruktur studio yang bisa membantu untuk menginspirasi, mendidik, dan memicu kreativitas si pengunjung.

Bagi mereka yang ingin membangun dan memperbaiki barang-barang, Chattanooga juga memiliki koleksi alat tangan dan alat listrik berupa palu, set kunci pas, bor, dan gergaji, dan masih banyak alat lainnya. Pemegang Kartu yang berusia 18 tahun ke atas dapat mengakses hingga tiga alat sekaligus selama satu minggu.

4. Chapel Hill Public Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukucra-ae.com

Perpustakaan Umum Chapel Hill di Carolina Utara menawarkan Chapel Hill Open Data dalam kemitraan dengan kota. Perpustakaan juga menyelenggarakan acara data terbuka untuk akademisi, pengusaha, peretas sipil, atau siapa saja yang tertarik pada transparansi dan penggunaan data terbuka.

Baca Juga: Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!

5. Hillsboro Public Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukutheuniproject.org

Galeri seni di Perpustakaan Umum Hillsboro di Oregon dibuka pada 2013, yang berfungsi sebagai ruang budaya komunitas. Sejak itu, perpustakaan menampilkan seni lokal dan pameran selama dua bulan antara November dan Agustus.

6. Duluth Public Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukutheatlantic.com

Sejak dibuka pada tahun 2014, Perpustakaan Benih Duluth Public Library di Minnesota, menawarkan varietas tomat, lada, kacang dan kacang polong kepada masyarakat. Selain benih itu sendiri, perpustakaan memiliki pendidikan dan sumber daya tentang menanam dan menyimpan benih serta cara berkebun organik.

Biasanya, pengunjung perpustakaan benih mengembalikan sebagian benih dari panen mereka untuk membuat perpustakaan mandiri.

7. Arlington Public Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukubustle.com

Perpustakaan Umum Arlington di Virginia memiliki koleksi boneka Gadis Amerika yang tersedia untuk dipinjamkan bersama dengan buku-buku yang ada di sana.

8. Free Library of Philadelphia

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukubrucebrooks.com

Free Library of Philadelphia merupakan salah satu sistem perpustakaan umum terbesar di dunia, menawarkan banyak pilihan yang berhubungan dengan kesehatan bagi para pelanggannya. Misalnya, perpustakaan meminjamkan peralatan kesehatan seperti monitor tekanan darah.

Selain perawatan kesehatan, Free Library of Philadelphia juga memiliki Culinary Literacy Center yang menawarkan berbagai program makanan sehat. Di cabang Parkway Central Library, perawat dan pekerja sosial berada di lokasi setiap hari untuk mengedukasi pengunjung mengenai masalah kesehatan mental dan fisik, menjawab pertanyaan, memeriksa tekanan darah, dan membantu menjadwalkan janji temu dengan dokter.

9. Miami Library

9 Hal Tak Biasa yang Ditawarkan Perpustakaan Selain Bukumiamioh.edu

Ternyata, Free Library of Philadelphia bukan satu-satunya perpustakaan yang berfokus pada kesehatan, lho. Perpustakaan Miami di Oklahoma juga sudah menjadikan perpustakaan dan dunia literasi sebagai kesehatan utama dari operasinya, menawarkan mulai dari pencegahan diabetes hingga kelas yoga, serta demonstrasi memasak yang sehat dan bahkan taman komunitas.

Jika kamu berkunjung ke 9 tempat di atas, kamu patut coba tuh hal-hal unik yang ditawarkan!

 

Baca Juga: 7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyik

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You