Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 

Tidak hanya produktif, tapi membawa perubahan baik lainnya 

Di awal tahun 2022 ini, tentu kita ingin menjadi lebih baik dan berkembang dari tahun sebelumnya. Siapa yang tidak ingin hidupnya lebih tertata atau merasa kekurangan motivasi untuk lebih produktif? Kamu bisa memulainya dengan membaca buku.

Rasa malas sering menghambat kita untuk beraktivitas. Beberapa buku ini bisa menyadarkan dan memberikan motivasi bagi kamu yang merasa lesu. Tentu saja hal ini juga bisa meningkatkan minat baca kita juga, lho. Yuk, cari tahu lima rekomendasinya berikut ini.

1. Atomic Habits

5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 Atomic Habits oleh James Clear (instagram/kevinasrx)

Buku pertama yang cocok untuk meningkatkan produktivitas adalah Atomic Habits. Buku ini bisa memotivasi kita untuk memulai kebiasaan baik. Dari langkah kecil yang dimulai akan menjadi besar bila dilakukan secara konsisten.

Selain itu, buku karya James Clear ini juga menjelaskan bagaimana mempermudah kebiasaan baik tetap berlangsung dan mempersulit kebiasaan buruk lainnya. Langkah-langkah yang dijelaskan juga mudah untuk diaplikasikan. Cocok untuk menjadi bacaan pertama.

2. Start With Why

5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 Start With Why oleh Simon Sinek (instagram/apriltwentysixth26)

Bagi yang terkadang bingung untuk memulai sesuatu, seperti memulai jualan atau bisnis, buku ini sangat tepat untuk dibaca. Karya yang ditulis oleh Simon Sinek ini memberikan kita pemahaman dasar dalam memulai sesuatu.

Salah satu konsep menarik di buku ini adalah lingkaran emas dengan tiga lapisan. Ketiga lapisan tersebut adalah why, how, dan what. Penyebab kebingungan dalam diri adalah karena sebagian besar dari kita selalu memulainya dengan what.

Misalnya, ketika ingin memulai jualan, kita selalu memulainya dengan berpikir ingin jualan apa. Tentu, hal ini pasti akan membuat kita terkadang dilanda kebingungan. Padahal seharusnya yang kita pikirkan pertama kali adalah why, yakni Alasan kenapa kita ingin memulainya. Selain untuk memudahkan menjawab pertanyaan selanjutnya, kita jadi punya dasar dan tujuan supaya tidak mudah menyerah.

Baca Juga: 7 Toko Buku Cantik di London, Surganya Pencinta Buku!

3. Berani Tidak Disukai

5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 buku Berani Tidak Disukai (instagram/nuruldef)

Berani Tidak Disukai merupakan buku gabungan ilmu psikologi dan filsafat. Di dalamnya dijelaskan bagaimana menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup dengan cara cara yang unik dan mudah. Buku ini mengubah cara pandang kita terhadap hidup dan menjadikannya lebih sederhana serta tidak rumit.

Bagi yang merasa minder dengan diri sendiri, buku ini juga menjelaskan tentang penerimaan diri sendiri serta bagaimana berhubungan dengan orang lain. Dengan merasa bahagia, tentu saja beban pikiran kita menjadi lebih ringan dan lebih bersemangat dalam beraktivitas.

4. Deep Work

5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 Deep Work oleh Cal Newport (instagram/tanlangan_books)

Sering mengalami susah fokus ketika berkeja? Jika kalian merasa, maka membaca buku ini adalah langkah yang tepat untuk berubah. Dalam buku ini dijelaskan secara gamblang kunci untuk bekerja lebih fokus, efektif, dan efisien, tanpa merasa tertekan dengan memberikan hasil yang sangat baik.

Kita akan mengerti bagimana cara melatih fokus, mengoptimalkan waktu serta memaksimalkan potensi diri. Paket yang sangat lengkap, bukan? Dengan kemampuan fokus yang baik, tentu produktivitas juga akan meningkat.

5. The 7 Habits of Highly Effective People 

5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 The 7 Habits of Highly Effective People (instagram/iconbookstore)

Buku ini berisi hal hal fundamental terkait dasar atau pondasi dalam kehidupan yang mampu mengubah hidup seseorang. Di antaranya seperti kontrol terhadap perubahan, tujuan hidup, skala prioritas, pola pikir, kerja sama, dan masih banyak lagi.

Meskipun terbit pada tahun 1989, buku ini masih sangat relevan dengan keadaan sekarang. Sangat mudah diaplikasikan di kehidupan sehari hari. Sudah banyak tokoh yang memberikan testimoni dari buku ini. Jadi kalian tidak perlu ragu lagi.

Apakah sudah merasa tertarik dengan buku buku diatas sebagai pendukung produktifitas kalian? Jangan lupa masukkan ke dalam list bacaan kamu, ya. Selamat membaca.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Buku

Avian Anugrah Krisetya Photo Writer Avian Anugrah Krisetya

Masih mahasiswa aktif yang tertarik dalam kepenulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya