Comscore Tracker

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicoba

Para Maba dan scholarship hunter harus jadikan list!

Beasiswa merupakan salah satu kebutuhan bagi mahasiswa. Bukan hanya menjadi sumber bantuan secara materi, beasiswa juga menjadi sumber beberapa mahasiswa untuk mendapatkan hard dan soft skill berkat pelatihan dan progam yang beasiswa berikan.

Di Indonesia sendiri, secara khusus mahasiswa yang menempuh S1 terdapat banyak beasiswa yang diberikan oleh yayasan maupun institusi swasta dan negeri. Nah, seperti tujuh beasiswa ini cukup populer di Indonesia.

1. Beasiswa Bidikmisi

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicobabeasiswa Bidikmisi (lldikti3.kemdikbud.go.id)

Yap, bidikmisi adalah beasiswa yang dimiliki oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Syarat utama untuk layak mendapatkan beasiswa ini adalah bersumber dari keluarga yang tidak mampu. Itulah mengapa banyak mahasiswa di Indonesia mencoba beasiswa ini sebagai bantuan materi dalam menyukseskan perkuliahan. Secara khusus mereka yang tidak mampu.

Bukan hanya gratis biaya kuliah selama delapan semester, biaya hidup juga diberikan sebesar Rp700 ribu per bulannya di tambah manfaat lain dari beasiswa tersebut.

2. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicobailustrasi logo KSE (kse.or.id)

Beasiswa ini paling mudah dikenali lewat Paguyuban KSE yang ada di setiap universitas mitra KSE yang terdiri dari 34 universitas di Indonesia. Beasiswa KSE memiliki program beasiswa bagi mahasiswa S1 dari semester dua. 

Beasiswa ini telah berkembang dengan memberikan dukungan kepada lebih dari 20.000 mahasiswa penerimanya. Bukan hanya mendapatkan bantuan materi, penerima beasiswa juga didorong dan turut mempersiapkan penerima beasiswa menjadi lulusan yang memiliki integritas, berwawasan kebangsaan lewat program yang KSE berikan.

3. Beasiswa Bakti Nusa

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicobapotret salah satu kegiatan penerima beasiswa Bakti Nusa (instagram.com/baktinusaid)

Bakti Nusa adalah program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa untuk membentuk pemimpin berkarakter dan kompeten yang berperan aktif ditengah masyarakat demi terwujudnya Indonesia berdaya. Dengan tujuan membentuk pemimpin berintegritas, cendekia, transformatif, dan melayani.

Adapun manfaat yang didapatkan sebagai penerima beasiswa yaitu :

  • Dana bantuan aktivitas Rp1 juta per bulan selama enam bulan
  • Program pengembangan kepemimpinan selama satu tahun
  • Pelatihan kepemimpinan nasional
  • Coaching dari aktivis senior
  • Magang kemanusiaan di daerah 3T
  • Jaringan nasional dan internasional
  • Apresiasi kepemimpinan dan penerbitan buku bersama

4. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicobabeasiswa PPA (upi.edu)

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti) sama seperti Bidikmisi. Beasiswa PPA diberikan dan ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air.

Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp400 ribu per bulan dan akan dibayarkan langsung untuk satu semester (enam bulan) sebesar Rp. 2.400 ribu dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Biasanya beasiswa diinformasikan oleh pihak universitas, jadi tetap update ya.

5. Beasiswa Etos ID

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicobalogo beasiswa Etos Id (facebook.com/beasiswaetosId)

Baca Juga: Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021

Program Beasiswa Etos ID merupakan nama baru dari Beastudi Etos. Etos ID sendiri merupakan program investasi SDM strategis melalui peningkatan (improvement) dan pengembangan (development) kapasitas serta integritas pemuda (mahasiswa) sebagai penggerak pembangunan daerah menuju Indonesia Berdaya.

Peserta Beasiswa Etos ID yang terpilih akan mendapatkan uang saku, bantuan biaya pendidikan selama delapan semester. Saat ini terdapat 14 universitas mitra beasiswa ini. 

Untuk manfaatnya sendiri yaitu :

  • Tunjangan biaya kuliah semester (UKT) selama delapan semester
  • Bantuan aktivitas perkuliahan sebesar Rp600 ribu per bulan selama delapan semester
  • Peningkatan kemampuan bahasa Asing (bahasa Inggris)
  • Pendampingan mentor (akademik dan non-akademik)
  • Pelatihan bina raga (bela diri), menyesuaikan kondisi pandemi
  • Training pengembangan diri
  • Persiapan pasca kampus (karir)

6. Djarum Beasiswa Plus

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut DicobaDjarum Beasiswa Plus (djarumbeasiswaplus)

Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa yang punya banyak mitra di Indonesia. Lebih dari 11.840 mahasiswa berprestasi telah menjadi penerima program. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan di lebih dari 123 perguruan tinggi unggulan di seluruh 34 provinsi di Indonesia.

Adapun manfaat yang didapatkan penerimanya adalah :

  • Dana beasiswa senilai Rp1 juta setiap bulan selama satu tahun.
  • Berbagai kegiatan pembekalan seperti: Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, Community Empowerment, dan Nation Building.

7. Beasiswa Astra

7 Beasiswa S1 Populer dalam Negeri Ini Patut Dicobapotret penerima beasiswa Astra (polman.astra.ac.id)

Beasiswa Astra merupakan program beasiswa dan pengembangan diri yang ditawarkan oleh PT. Astra International Tbk. Yayasan Toyota dan Astra menyediakan program beasiswa setiap tahunnya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat, hingga sarjana. Yayasan ini juga menghadirkan program penyediaan bantuan dana dan pembiayaan kegiatan pendidikan terutama tentang teknologi otomotif.

Adapun manfaat yang didapatkan dari beasiswa ini adalah meksplor bisnis secara langsung di Astra Group. Mendapat bimbingan langsung dari PT Astra Internasional untuk mengembangkan diri dengan kegiatan Individual Development Plan. Mendapat bekal yang matang dari program workshop.

Nah, itulah tujuh beasiswa dalam negeri yang menarik untuk didaftarkan. Makanya sebagai mahasiswa, kamu perlu mempersiapkan matang-matang syaratnya agar lolos beasiswa ini.

Baca Juga: 5 Skill Penting Penentu Kelolosan Beasiswa, Jangan Anggap Sepele!

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya