Comscore Tracker

5 Hal Penting Persiapkan Anak Raih Pendidikan Internasional  

Raih kemampuan global sangat penting di era ini 

Sebagai orangtua, memilihkan pendidikan bagi anak pasti perlu pertimbangan yang matang. Apalagi, mempersiapkan seorang anak agar memiliki kompetensi agar mampu bersaing global bukanlah perkara yang mudah, khususnya di tengah masa pandemik COVID-19 ini.

Lalu, sekarang pertanyaannya adalah apa salah satu upaya terbaik yang bisa orangtua berikan? Bersama Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) BPK PENABUR Jakarta, IDN Times akan berikan jawaban atas tantangan ini dengan menghadirkan pendidikan berkualitas dalam menghasilkan lulusan unggul dan berdaya saing.

Simak yuk!

1. Menjawab tantangan learning loss 

5 Hal Penting Persiapkan Anak Raih Pendidikan Internasional  Adaptasi adalah hal penting untuk dilakukan di masa pandemik (Dok. PENABUR)

Head of School International Division BPK PENABUR Jakarta Philip Myers menyatakan bahwa pandemik telah membawa banyak perubahan dan dunia pendidikan pun harus beradaptasi. Sebab, dunia pendidikan dihadapkan pada tantangan learning loss atau kehilangan pembelajaran yang terjadi karena pembelajaran jarak jauh. 

Oleh karena itu SPK BPK PENABUR Jakarta yang dikenal sebagai PENABUR International menerapkan strategi mulai dari pengintegrasian teknologi hingga penguatan peran guru dalam pembelajaran.

"Kami menggunakan teknologi, aplikasi atau platform berbasis internet yang kemudian diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Guru juga ditekankan lebih menjadi learning designer, bukan satu-satunya sumber pembelajaran,” jelas Myers. 

Di sisi lain, PENABUR International melihat tantangan learning loss pada masa pandemik membawa dampak positif  membuat orangtua memiliki waktu lebih dalam berinteraksi dan mendampingi proses pembelajaran anak dan sekaligus menjadi evaluasi besar-besaran bagi dunia pendidikan atas sistem yang selama ini telah berjalan.

2. Proses pembelajaran didukung dengan kurikulum internasional 

5 Hal Penting Persiapkan Anak Raih Pendidikan Internasional  Kurikulum Cambridge diakui di panggung internasional (Dok. PENABUR)

PENABUR International juga beranggapan bahwa penting untuk seorang anak mendapatkan kurikulum yang memfasilitasi siswa untukmenguasai keterampilan yang dibutuhkan seperti 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration), pembelajaran seumur hidup (lifelong learning), dan kemampuan literasi digital. 

Selain itu, atmosfer dan international exposure jadi perhatian khusus bagi PENABUR International. Sebab, hal itu diyakini memiliki pengaruh besar dalam perkembangan pendidikan dan karir seseorang dalam jangka waktu panjang.   

Dalam mempersiapkan anak lebih siap melangkah global, PENABUR International menghadirkan kurikulum internasional Cambridge yang telah terbukti mampu mengasah kemampuan berpikir kritis yang dibutuhkan siswa di masa kini dan masa depan.

Guna menjamin para lulusannya dapat melanjutkan ke universitas internasional terbaik, PENABUR International juga menjalin kolaborasi dengan NCUK. Melalui konsorsium ini siswa PENABUR International dapat memilih untuk mengambil program foundation year NCUK di tahun 11.

3. Kualitas guru turut menjadi kunci keberhasilan siswa dalam studi 

5 Hal Penting Persiapkan Anak Raih Pendidikan Internasional  Yang terpenting adalah pendidikan karakter (Shutterstock/Mix and Match Studio)

Tak hanya kurikulum Cambridge yang memang bagus, tetapi juga dieksekusi dengan cantik berkat kualitas guru yang mumpuni. Sebab, terlihat kurikulum Cambridge yang diadopsi PENABUR International telah terbukti memungkinkan siswa fasih berbahasa Inggris dan Indonesia, mampu bersaing secara global, memiliki pandangan internasional yang ‘berbeda’ di kancah dunia, serta memberikan kesempatan lulusan PENABUR International melanjutkan studi di universitas terbaik dunia.

Selain itu, Trista Vania Kurniawan, siswi Grade 12 PENABUR International menyampaikan para guru memberikan dukungan penuh kepada para siswa baik secara akademik maupun non-akademik.

“Guru-gurunya friendly dan memahami siswa. Guru-guru juga mengajar lebih straight forward  (lebih mudah dipahami siswa) dan menguasai bidangnya,” ungkap Trista yang tahun ini memilih Hong Kong sebagai destinasi studi selanjutnya.

4. Pendidikan karakter menjadi prioritas 

5 Hal Penting Persiapkan Anak Raih Pendidikan Internasional  PENABUR International memiliki kualitas guru yang mumpuni (Dok. PENABUR)

Apa gunanya jika memiliki kecerdasan tetapi tidak memiliki karakter? Oleh karena itu mengusung visi-misi menjadi lembaga pendidikan Kristen unggul dalam iman, ilmu, dan pelayanan, mendorong PENABUR International fokus juga pada pendidikan karakter bermutu, berdasarkan nilai-nilai kristiani. 

“Entah kita go international atau nasional, kita harus hidup dengan prinsip itu. Karakter seseorang tidak dilihat dari warna kulit atau dari mana mereka berasal, tapi bagaimana kualitas iman. Dan karakter kristiani yang kuat ini menjadi pondasi mereka melangkah, entah itu nasional atau internasional,” ujar Myers.     

Inilah yang kemudian mendorong PENABUR International memastikan siswa memiliki pondasi kuat untuk iman para siswa sesuai dengan salah satu misinya yaitu melahirkan generasi Trust in God, generasi yang mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan.

Keseriusan PENABUR International dalam pendidikan karakter siswa ini, juga sangat dirasakan dampaknya oleh Maria Soepin orangtua Philip Sebastian Haryanto, yang baru lulus kelas 12 dan Natasha Sebastian Haryanto, kelas 8.

“Kami sudah lama mendengar PENABUR International sebagai sekolah terbaik. Kami juga melihat anak-anak sangat baik kalau bisa sudah belajar Bahasa Inggris sejak dini. Fasilitasnya juga lengkap. Itu alasan akhirnya kami memutuskan memilih PENABUR,” ungkap Maria.

5. International exposure bisa bawa siswa hingga ke tingkat global 

5 Hal Penting Persiapkan Anak Raih Pendidikan Internasional  Belajar hingga ke universitas kelas dunia (Dok. PENABUR)

Hingga saat ini, 90 persen lebih lulusan PENABUR International telah diterima dan melanjutkan ke berbagai universitas bergengsi internasional, antara lain; University of Oxford (Inggris), University College London (Inggris), National University of Singapore (Singapura), Nanyang Technological University of Singapore (Singapura), University of Toronto (Kanada), The University of Manchester (Inggris), University of Melbourne (Australia), The Chinese University of Hong Kong (Hong Kong), University of British Columbia (Kanada), Monash University (Australia), hingga University of Amsterdam (Belanda).  

Hal ini tentu memberikan banyak siswa kesempatan untuk mencapai mimpinya. Tentu keseriusan PENABUR International didengar dan dirasakan oleh banyak orangtua bahwa PENABUR International juga merupakan salah satu sekolah terbaik. 

Terkait peran serta orangtua dalam pendidikan anak, Myers mengajak orangtua berperan aktif dalam membantu anak menemukan pilihan sekolah terbaik.“Orangtua harus memperhatikan hal itu. Anak-anak biasanya hanya mengikuti teman. Oleh karena itu, orangtua harus terlibat, ambil bagian dan terlibat dalam memilih sekolah,” tegas Myers.

Oleh karena itu untuk mempersiapkan putra-putri Anda untuk mendapatkan pendidikan internasional terbaik serta akses ke world class university, PENABUR International membuka kesempatan untuk bergabung sebagai siswa PENABUR International melalui psb.bpkpenaburjakarta.or.id 

bima anditya Photo Member bima anditya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya