Comscore Tracker

Lembaga Sosial: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Ternyata penting sekali ya keberadaan lembaga sosial ini

Lembaga sosial merupakan salah satu badan atau organisasi yang keberadaannya sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan didirikannya lembaga sosial, diharapkan dapat mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang teratur dan sejahtera.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang bingung bagaimana bentuk dan contoh dari lembaga sosial ini. Yuk, kita simak penjelasan lembaga sosial di bawah ini bersama-sama!

1. Pengertian lembaga sosial

Lembaga Sosial: Pengertian, Jenis, dan ContohnyaPuan Maharani Ketua DPR RI bertemu dengan Sir Lindsay Harvey Hoyle the House of Commons of the United Kingdom atau Ketua Dewan Rakyat Inggris di gedung DPR RI, Selasa (4/10/2022). (Dok. DPR).

Lembaga sosial atau yang juga dikenal social instituion dalam bahasa Inggris merupakan salah satu badan penting dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya, secara tidak langsung organisasi tersebut yang mengatur dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

Dilansir Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, lembaga sosial atau lembaga kemasyarakatan merupakan salah satu jenis lembaga yang mengatur seluruh aturan dan prosedur agar kehidupan bermasyarakat lebih teratur.

2. Jenis lembaga sosial dan contohnya

Lembaga Sosial: Pengertian, Jenis, dan ContohnyaGedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

1. Lembaga pendidikan
Sesuai dengan namanya, lembaga pendidikan merupakan lembaga atau organisasi yang mengatur proses pendidikan, mulai dari pendidikan non formal, formal, dan informal. Contohnya seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan lembaga pendidikan lainnya.

2. Lembaga keluarga
Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial yang dibentuk dengan tujuan untuk mengatur, membimbing, dan mengarahkan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan, hubungan darah, dan hubungan sosial antar individu. Contoh dari lembaga ini adalah, KUA, Pengadilan Agama, KPAI, Karang Taruna, POSYANDU, dan masih banyak lainnya.

3. Lembaga ekonomi
Nah, di lembaga ekonomi inilah yang mengatur seluruh kegiatan jual-beli dan kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat. Lembaga ekonomi ini juga difungsikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh lembaga sosial ini, di antaranya Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, dan sejenisnya.

4. Lembaga agama
Lembaga agama merupakan organisasi atau lembaga yang mengatur kehidupan beragama dalam masyarakat. Lembaga-lembaga ini juga bertugas untuk mengoordinasi perayaan-perayaan besar di agama tersebut. Contohnya seperti Majelis Ulama Indonesia, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, dan lembaga-lembaga sejenisnya.

5. Lembaga politik
Lembaga politik merupakan salah satu lembaga yang sangat berkaitan erat dengan pemerintahan. Lembaga ini memiliki tujuan untuk memelihara keamanan, ketertiban, serta melayani masyarakat. Beberapa contohnya, seperti DPR, MPR, POLRI, MK, MA, dan masih banyak lainnya.

6. Lembaga kebudayaan
Lembaga kebudayaan atau lembaga budaya merupakan lembaga yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan budaya dan seni yang berada dalam lingkup masyarakat, daerah, hingga negara. Lembaga kebudayaan ini biasanya berbentuk seperti paguyuban atau lembaga swadaya masyarakat. Contohnya, seperti Yayasan Lembaga Budaya Nusantara, LKN, Lembaga Kebudayaan Betawi, Lembaga Seniman Budaya Muslim Indonesia, dan masih banyak lainnya.

3. Fungsi lembaga sosial

Lembaga Sosial: Pengertian, Jenis, dan ContohnyaMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Tidak hanya untuk mengatur perilaku dan hubungan dalam masyarakat, lembaga sosial juga berfungsi untuk membimbing masyarakat dalam menyikapi berbagai permasalahan. Selain itu, lembaga sosial juga difungsikan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam masyarakat.

Ada juga lembaga sosial yang didirikan untuk memberikan pengarahan, pengawasan, dan pengendalian terhadap bentuk-bentuk pelanggaran yang ada di dalam masyarakat.

Demikian penjelasan lembaga sosial lengkap dengan fungsi, jenis, dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Viral Kasus ACT, Dinsos Semarang Awasi Lembaga Sosial yang Terdaftar

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya