Comscore Tracker

5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta

Kuliah di kampus swasta mahal? Tenang, Ada KIP Kuliah

Hallo para pelajar Indonesia, tetap semangat ya kalau belum diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pasti sedih sih, apa lagi bagi pelajar Indonesia yang memiliki perekonomian rendah yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN agar bisa mendapatkan beasiswa yang memumpuni.

Eits, tapi jangan sedih lagi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga ada beasiswanya lho. Yap, kampus swasta telah menyediakan berbagai beasiswa-beasiswa yang tak kalah memumpuni dibandingkan kampus negeri. Salah satunya adalah beasiswa KIP Kuliah yang tengah diburu oleh calon mahasiswa saat ini.

Bagaimana cara mendapatkan KIP Kuliah di kampus swasta agar 100 persen lulus? Yuk intip 5 trik jitu mendapatkan beasiswa KIP Kuliah berikut ini!

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa KIP Telkom University 2022

1. Pastikan anda sudah punya akun KIP kuliah

5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi SwastaHalaman website KIP Kuliah (Dok. Pribadi)

Bagi pelamar KIP Kuliah tentu harus mempunyai akun KIP Kuliah terlebih dahulu. Pendaftaran sebagai peserta KIP Kuliah dapat dilakukan dengan mengunjungi website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Silahkan daftarkan diri Anda dan lengkapi data-data yang telah ditetapkan dengan benar.

2. Memiliki salah satu kartu jaminan sosial yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin berikut!

5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi SwastaSalah satu contoh kartu jaminan sosial (Dok. Pribadi)

Masyarakat yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKP), termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) atau Terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan KIP Kuliah, karena ini merupakan penunjang yang memumpuni bagi masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan KIP Kuliah.

Namun jangan khawatir bagi pelamar KIP Kuliah yang tidak memiliki penunjang tersebut, kalian bisa menggantinya dengan membuat Surat Keterangan Miskin/Surat Keterangan Mampu dari kecamatan ataupun kelurahan setempat.

Baca Juga: Puan Klaim Program KIP Kuliah Sukses, Akan Tambah Bantuan Sampai S2

3. Pastikan perguruan tinggi swasta (PTS) yang anda pilih sudah terdaftar di akun KIP kuliah

5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi SwastaKIP Kuliah di salah satu PTS (Instagram/universitasadzkia)

Silahkan cek pada bagian kolom seleksi di akun KIP Kuliah yang telah dibuat. Kemudian daftarkan seleksi, lalu cari PTS yang Anda tuju apakah sudah terdaftar atau belum. Jika sudah terdaftar silahkan dilanjutkan dengan mengisi jurusan/prodi yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menyimpan seleksinya.

4. Pilih jalur khusus pada saat pendaftaran PTS

5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi SwastaIlustrasi jalur SPMB di PTS (Instagram/universitasadzkia)

Pada saat mendaftar biasanya PTS menyediakan dua jalur untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar, yaitu jalur reguler dan khusus. Pastikan Anda memilih jalur khusus saat mendaftar.

Jalur khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, baik beasiswa KIP Kuliah, beasiswa prestasi dan lainnya. Sedangkan jalur reguler (jalur biasa) diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang tidak ingin mendaftar beasiswa atau tidak masuk kategori pendaftar beasiswa.

5. Pastikan anda mendaftar di awal-awal pembukaan pendaftaran PTS tersebut

5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi SwastaIlustrasi orang-orang mendaftar (Pexels/Edmond Dantes)

Ini adalah poin penting bagi pelamar KIP Kuliah di kampus swasta. Usahakan jangan mendaftar di akhir-akhir penutupan pendaftaran, karena bisa saja kuota yang disediakan oleh PTS untuk calon mahasiswa sudah penuh.

Hal ini disebabkan bahwa KIP Kuliah yang diperuntukkan bagi kampus swasta tidak sebanyak di kampus negeri. Perlu juga diketahui, walaupun kita sudah mendaftarkan diri di akun KIP Kuliah namun yang merekomendasikan nama-nama penerima KIP Kuliah tetaplah PTS tersebut. 

Baca Juga: Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi Swasta di Banten

Helma Vira Yani Photo Writer Helma Vira Yani

Usaha dan Doa itu harus sepaket

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya