Comscore Tracker

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'

Sudah benar penulisanmu?

Sering diremehkan, sebenarnya penulisan kosakata Bahasa Indonesia memiliki ragam yang unik dan menarik. Kata menjadi satuan terkecil dalam susunan bahasa yang dapat berdiri sendiri. Kata juga merupakan gabungan dr huruf-huruf yang memiliki makna tertentu. 

Penulisan kosakata Bahasa Indonesia ini harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ada beberapa kata yang penulisannnya masih mengikuti dialek penyebutan yang sering diucapkan orang banyak. Misalnya kata 'apotik' yang seharusnya ditulis 'apotek'. Kata-kata tersebut berubah menjadi tidak baku karena tidak sesuai dengan ejaan yang tepat.

Selain itu, ada juga kata yang seharusnya menggunakan huruf 'u', tetapi malah ditulis dengan memakai huruf 'o'. Berikut enam kata Bahasa Indonesia yang seharusnya ditulis dengan huruf 'u', bukan 'o'. Ada apa saja ya? Sudah benar penulisanmu?

1. Gua

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'pexels.com/pixabay

Kata pertama yang harusnya memakai huruf 'u' adalah 'gua'. Kata 'gua' ini masih sering ditulis atau disebut dengan 'goa'. Padahal, kata tersebut seharusnya ditulis menggunakan huruf 'u', bukan 'o'. Kata 'gua' dalam KBBI memiliki arti liang (lubang) besar (pada kaki gunung dan sebagainya). Jadi, kata 'goa' merupakan bentuk tidak baku dari kata 'gua'. Jangan salah penulisan lagi ya.

2. Kaus

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'pexels.com/Rangga Aditya Armien

Kata kedua adalah 'kaus'. Kata ini masih sering disebut atau ditulis menjadi 'kaos'. Padahal, kata tersebut, harus memakai huruf 'u', bukan 'o'. Kata 'kaus' ini memiliki banyak arti menurut KBBI, salah satunya ialah kain tipis yang jarang-jarang tenunannya terbuat dari katun atau nilon, digunakan untuk bahan pakaian. Jadi, kata 'kaos' merupakan bentuk kata tidak baku dari 'kaus'. Jangan salah penulisan lagi ya.

3. Lubang

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'pexels.com/David Bartus

Kata ketiga adalah kata 'lubang'. Kata ini masih sering disebut atau ditulis menggunakan huruf 'o' menjadi 'lobang'. Padahal, kata tersebut seharusnya ditulis memakai huruf 'u', bukan 'o'. Kata 'lubang' ini memiliki arti menurut KBBI, liang atau lekuk di tanah dan sebagainya. Jadi, kata 'lobang' ini merupakan bentuk tidak baku dari kata 'lubang'. Jangan salah penulisan lagi ya.

Baca Juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!

4. Saus

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'pexels.com/Marvin Ozz

Kata keempat adalah 'saus'. Kata ini masih sering disebut atau ditulis dengan menggunakan huruf 'o'. Padahal, kata tersebut seharusnya memakai huruf 'u', bukan 'o'. Kata 'saus' memiliki arti menurut KBBI, kuah yang kental berisi bumbu bahan tertentu (tomat, cabai, dan sebagainya) untuk pasangan kue atau lauk; kuah penyedap makanan. Jadi, kata 'saos' merupakan bentuk tidak baku dari kata 'saus'. Jangan salah penulisan lagi ya.

5. Surga

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'pexels.com/Roberto Nickson

Kata kelima adalah 'surga'. Kata ini masih sering ditulis atau disebut dengan menggunakan huruf 'o' menjadi 'sorga'. Padahal, kata tersebut seharusnya memakai huruf 'u', bukan 'o'. Kata 'surga' ini memiliki arti menurut KBBI, alam akhirat yang membahagiakan roh manusia yang hendak tinggal di dalamnya (dalam keabadian). Jadi, kata 'sorga' merupakan bentuk tidak baku dari kata 'surga. Selain 'sorga', kata 'suarga, swarga, syorga, syurga' juga tidak baku. Jangan salah penulisan lagi ya.

6. Telur

Bukan 'O', 6 Kata Bahasa Indonesia Ini Seharusnya Memakai Huruf 'U'pexels.com/pixabay

Kata keenam adalah 'telur'. Kata ini masih sering disebut atau ditulis dengan menggunakan huruf 'o' menjadi 'telor'. Padahal, seharusnya kata tersebut memakai huruf 'u', bukan 'o'. Kata 'telur' memiliki banyak arti menurut KBBI, salah satunya benda bercangkang yang mengandung zat hidup bakal anak yang dihasilkan oleh unggas (ayam, itik, burung, dan sebagainya), biasanya dimakan (direbus, diceplok, didadar, dan sebagainya). Jadi, kata 'telor' merupakan bentuk tidak baku dari kata 'telur'. Jangan salah penulisan lagi ya.

Apakah kamu termasuk orang yang sudah menuliskannya dengan benar atau masih salah? Kalau masih salah, ayo perbaiki dan mulai menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan tepat. Jangan sampai salah lagi!

Baca Juga: 9 Kosakata Bahasa Indonesia yang Mirip Banget dengan Bahasa Inggris

isro ima Photo Verified Writer isro ima

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan.. Follow @isroima

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya