Comscore Tracker

5 Jurus Jitu Mengerjakan Tugas Anti ​Copy Paste​ bagi Siswa!

#IDNTimes Yuk, stop plagiat!

Sebagai siswa, kita kerap mendapat tugas yang banyak dari guru. Sering kali tugas ini terasa berat, sehingga kita ingin mencari cara cepat untuk menyelesaikannya. Hal inilah yang akhirnya memicu cara praktis, alias copy paste jawaban.

Sadar atau gak, kebiasaan ini sangat merugikan para siswa apalagi jika menjadi rutinitas. Apalagi, tindakan plagiarisme ini sangat melanggar lho! 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sesungguhnya ada banyak cara mengerjakan tugas yang bisa kamu lakukan tanpa copy paste. Dilansir press release ruang guru, berikut jurus jitu mengerjakan tugas anti copy paste bagi siswa!

1. Diskusi belajar daring bersama teman

5 Jurus Jitu Mengerjakan Tugas Anti ​Copy Paste​ bagi Siswa!pexels.com/Julia M Cameron

Saat mendapatkan kesulitan mengerjakan soal, kamu bisa berdiskusi dengan teman belajar menemukan jawaban. Belajar kelompok ternyata dapat membantu otak kita lebih aktif dibandingkan ketika belajar sendirian. Ketika berkelompok, daya berpikir kita akan cenderung lebih meningkat karena ada banyak gagasan dan ide yang disampaikan.

Nah, berhubung masih PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), belajar kelompok saat ini sebaiknya dilakukan secara daring. Kamu bisa berdiskusi melalui sambungan telepon, grup chat, atau platform online meeting. Beri jeda waktu untuk istirahat jika kamu merasa jenuh atau lelah. Jadi, kamu bisa tetap belajar asyik dan sehat bareng teman-teman.

2. Meminta bantuan saudara di rumah

5 Jurus Jitu Mengerjakan Tugas Anti ​Copy Paste​ bagi Siswa!pexels.com/August de Richelieu

Jika di rumah kalian memiliki saudara, kalian bisa minta bantuan saudara untuk membantu kamu mengerjakan soal. Jangan ragu untuk meminta bantuan seseorang kalau kamu kesulitan untuk mengerjakan sendiri. Lebih baik bertanya jika kamu gak tahu. Lebih baik usaha, dan hargai proses daripada mencari jalan singkat, ya.

3. Kerjakan sesuai kemampuan

5 Jurus Jitu Mengerjakan Tugas Anti ​Copy Paste​ bagi Siswa!Ilustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Siapa sih yang gak mau nilai bagus? Pasti semuanya mau! Tapi bukan berarti kamu harus menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai sempurna, lho!

Kerjakan tugas sesuai kemampuan kamu. Berproseslah untuk mendapatkan nilai bagus dengan kemampuan sendiri jangan mengandalkan kemampuan sumber lain. Ingat, nilai bukan untuk dipamerkan, akan tetapi nilai digunakan sebagai alat ukur kemampuan kamu.

Baca Juga: Ruangguru Disebut Milik Asing, Belva: Itu Perusahaan Punya Saya

4. Buatlah mind map belajar

5 Jurus Jitu Mengerjakan Tugas Anti ​Copy Paste​ bagi Siswa!instagram.com/colorfullllstudy

Meringkas catatan ternyata dapat membantu kamu memahami pelajaran, lho! Kamu bisa membuat rangkuman sendiri dengan style kamu. Jika kamu senang menggambar, kamu bisa tambahkan gambar dan warna dalam rangkuman kamu.

Hal ini dapat membantu kamu lebih mudah menyerap materi dengan tambahan visual yang menarik dilihat. Kamu akan lebih paham konsep pembelajaran sehingga kamu dapat mengerjakan soal yang dirasa sulit dengan mudah.

5. Tuntaskan tugasmu dengan roboguru dan gunakan fitur PhotoApp

5 Jurus Jitu Mengerjakan Tugas Anti ​Copy Paste​ bagi Siswa!dok. ruangguru

Selain cara di atas, kamu bisa coba,  nih, fitur roboguru. Kamu dapat menggunakan fitur roboguru dengan mengunduh aplikasi Ruangguru, kemudian klik bagian roboguru.

Dengan fitur PhotoApp roboguru, kamu bisa kirim foto soal-soal yang dirasa sulit untuk dibahas bareng solusinya. roboguru bakal membantu kamu dengan memberikan video penjelasan cara mengerjakan soal.

Kamu juga bisa berdiskusi dengan siswa lain yang juga mengirim soal-soal untuk dicari jawabannya. Mudah banget, kan? Tugas sekolah selesai tanpa harus nyontek atau dengan cara instan!

Wah, ternyata masih banyak cara lain yah yang bisa kamu lakukan tanpa menyalin jawaban. Semoga tips-tips ini dapat bermanfaat buat kamu dalam mengerjakan tugas, ya. Yuk, #StopCopyPaste mulai sekarang!

Baca Juga: Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk COVID-19

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya