Comscore Tracker

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalani

Apakah kamu pernah merasakannya?

Ketika kamu berkecimpung di dalam suatu organisasi atau lembaga, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya membuat sebuah kegiatan baik itu dalam bentuk perlombaan maupun pelatihan. Agar semua kegiatan yang kita inginkan dapat berjalan dengan baik dan sukses, tentunya kita memerlukan sebuah kepanitiaan.

Tugas panitia adalah merancang, menjalankan serta mempertanggung jawabkan apa yang telah dikerjakan selama menjalankan kegiatan. Sebelum membentuk sebuah panitia, tentunya seluruh anggota organisasi atau lembaga akan mengadakan rapat untuk memilih seorang ketua panitia.

Nah, jabatan “Ketua Panitia” merupakan momok yang menakutkan menurut sebagian anggota organisasi atau lembaga, bagaimana tidak menakutkan, dimana semua tanggung jawab akan ada di pundak si ketua panitia.

Jika kegiatan itu berjalan dengan baik dan sukses, maka ketua panitia akan lega dan merasa bahagia, namun jika kegiatan yang dilaksanakan penuh dengan kecatatan maka akan membuat si ketua panitia selalu disalahkan, bahkan apapun alasan yang diberikan ketua panitia untuk membela dirinya kebanyakan tidak akan bisa diterima oleh forum. Kali ini akan dijelaskan apa saja suka duka menjadi seorang ketua panitia.

1. Kamu harus bersabar ketika anggota panitia tidak tepat waktu ketika mau rapat

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/ Gregory Hayes

Hal yang sering terjadi adalah, ketika akan diadakan rapat untuk membahas tugas pokok dari setiap bidang yang terdapat di dalam kepanitiaan, para anggota panitia kebanyakan ngaret dari jadwal yang telah disepakati bersama sebelumnya, misalnya telah dibuat keputusan bahwa akan diadakan rapat besok siang pada jam 13.00 akan tetapi rapat baru akan bisa dimulai pada jam 14.30 karena harus menunggu para anggota panitia yang tidak tepat waktu.

2. Kamu harus memberikan arahan yang jelas kepada anggota panitia

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/Icons8 team

Setiap ada kesalahan dalam kepanitiaan pasti ujung – ujungnya yang dijadikan alasan karena tidak ada “koordinasi” dari anggota atau dari bidang dalam panitia, sehingga seorang ketua panitia tidak boleh bosan untuk menghimbau para anggota panitia untuk terus menjaga komunikasi supaya tercipta-nya tali koordinasi untuk menyukseskan sebuah kegiatan.

3. Kamu harus siap menerima kenyataan jika tidak semua panitia mau bekerja

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/Dylan Gillis

Dari seratus orang anggota panitia yang ada, yang bekerja cuman sekitar tiga puluh orang saja itu tentunya akan membuat ketua panitia pusing dan gelisah, bagaimana tidak pusing serta gelisah, saat jadwal kegiatan semakin dekat, tetapi progres yang dilakukan panitia belum maksimal akan membuat si ketua panitia harus turun tangan untuk menangani persiapan yang harus segera disiapkan.

4. Kamu harus siap untuk mengeluarkan uang pribadi

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/Allef Vinicius

Ketika kepanitiaan memerlukan dana untuk membeli keperluan, akan tetapi saat itu juga dana dari sumber sponsor atau proposal belum cair, bahkan kas lembaga juga sedang kosong, saat itulah si ketua panitia diuji mental keuangannya. Si ketua panitia harus siap dan rela mengeluarkan uang pribadi demi terlaksananya sebuah kegiatan.

Baca Juga: 7 Suka Duka Ini Dialami Wanita Karir yang Berkeluarga, Salut Deh!

5. Kamu harus siap dengan adanya kemungkinan “kejutan” di hari H

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/Ben White

Ketika semua perlengkapan yang diperlukan untuk terselengarannya kegiatan sudah 100%, semua kebutuhan untuk meyukseskan kegiatan dirasa sudah cukup. Di saat itu ketua panitia belum juga bisa bernapas dengan lega, karena si ketua panitia harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi ketika kegiatan sedang berlangsung.

Contohnya ketika kegiatan sedang berlangsung akan tetapi tiba – tiba listrik yang sangat dibutuhkan malah mendadak mati, atau ketika kegiatan sedang berlangsung tetapi konsumsi seperti snack dan makanan terlambat datang atau bahkan kegiatan tidak bisa dimulai karena peserta belum ada yang datang. Semua itu harus diantisipasi sebelum hari H.

6. Kamu harus siap ketika melakukan pertanggung jawaban atas tugas kamu sebagai ketua panitia

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/Joshua Earle

Ketika kegiatan yang sudah kamu rencanankan jauh-jauh hari sudah terlaksana,  kamu juga belum bisa bernapas dengan lega, karena kamu harus membuat laporan pertanggung jawaban bersama sekretaris dan bendahara panitia, lalu mempertanggung jawabkan atas semua yang kamu lakukan ketika menjadi ketua panitia di depan forum.

7. Ketika kamu menjadi ketua panitia maka kamu akan terkenal

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/History in HD

Setelah semua pengorbanan yang kamu lakukan untuk menyukseskan kegiatan sudah usai, maka kamu akan dikenal oleh khalayak ramai, mereka akan membicarakan tentang kamu, baik itu kecerdasan kamu dalam memimpin kepanitiaan atau karena ketidakbecusan kamu dalam memimpin kepanitiaan.

8. Kamu akan dihormati

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniqerja.com

Tentunya kamu akan dihormati jika kamu sukses menjalankan tugas kamu sebagai ketua panitia, jika kamu tidak sukses dalam menjalankan tugas sebagai ketua panitia maka yang tejadi adalah sebaliknya.

9. Kamu akan memiliki pengalaman yang sangat berharga

9 Suka Duka Ketua Panitia yang Bikin Kamu Bersyukur Pernah Menjalaniunsplash.com/Sebastian Herrmann

Tentunya setelah menjadi ketua panitia, asam manis dalam perjalanan memimpin sebuah kepanitiaan akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berarti dalam hidup kamu, karena jiwa kamu telah diuji dengan berbagai permasalahan ketika memimpin sebuah panitia. Dan juga kamu bisa memasukan pengalaman kamu menjadi ketua panitia ke dalam cv kamu, tentu jika kamu melamar pekerjaan kamu akan memiliki nilai lebih dari pelamar lainnya.

Nah, itulah suka duka menjadi ketua panitia. Jika kamu yakin dan mampu untuk mengemban tugas sebagai ketua panitia, maka ambil saja kesempatan itu. Tapi jika kamu merasa tidak mampu maka lebih baik jangan diambil, karena akan menjadi bumerang untuk kamu di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!

Maiful Hari Photo Community Writer Maiful Hari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You