Comscore Tracker

5 Beasiswa Kampus Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba Daftar

Mau sekolah ke Korea Selatan?

Berbicara mengenai Korea Selatan, tentu kamu memiliki berbagai alasan mengapa harus mengunjungi negara tersebut. Selain karena kemajuan industri hiburan yang semakin pesat, daya saing dan prestasi yang ketat di bidang pendidikan juga menjadi sorotan.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Korea Selatan. Lima kampus top negara idol KPop ini menawarkan beasiswa pendidikan yang bisa kamu coba dapatkan. Apa saja? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. AMA+ Scholarship, K-Arts

5 Beasiswa Kampus Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba Daftarpotret Doyoung NCT di drama "To X Who Doesn't Love Me" (twitter.com/NCTsmtown)

AMA+ Scholarship, K-Arts atau Art Major Asian Plus Scholarship Korea National University of Arts merupakan salah satu beasiswa kampus paling hype dari Korea Selatan. Beasiswa ke salah satu kampus top di bidang seni Korea ini terbuka untuk jenjang pendidikan S1 dan S2. Namanya juga kampus seni, tentu kamu akan berkesempatan satu almamater dengan banyak aktor dan aktris Korea ternama.

Beasiswa ini merupakan golongan beasisa fully funded. Dimana kamu akan mendapatkan banyak benefit, seperti biaya kuliah, tunjangan hidup 800,000 setiap bulannya atau setara dengan Rp 9 juta, tiket pesawat di awal dan di akhir masa studi, asuransi kesehatan, serta pelatihan bahasa Korea selama empat bulan. 

Untuk mendaftar beasiswa ini, kandidat diharapkan sudah lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya. Kemudian, juga diharapkan memiliki kemampuan bahasa Korea yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat TOPIK, meskipun nantinya kamu tetap mendapatkan kelas pelatihan bahasa Korea.

Jika kamu tertarik mendaftar beasiswa ini, kamu bisa kunjungi laman karts.ac.kr untuk informasi lebih lengkap. Mana tau cocok dengan profil kamu!

2. University Science and Technology (UST) Fellowship 

5 Beasiswa Kampus Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba Daftarilustrasi mahasiswa sedang melakukan riset (pexels.com/Artem Podrez)

Selanjutnya ada University Science and Technology (UST) Fellowship yang merupakan beasiswa untuk jenjang pendidikan S2 dan S3. Salah satu kampus riset terbaik kepunyaan Korea Selatan ini menawarkan beasiswa berupa biaya kuliah dan biaya hidup sekitar KRW 1.200.000 di setiap bulannya atau setara dengan Rp13,5 juta dan KRW 1.600.000 atau setara dengan Rp18 juta untuk mahasiswa S3. Cukup banget nih buat bawa keluarga!

Karena kampus ini menggunakan program kuliah berbasis bahasa Inggris, jadi kamu gak perlu khawatir dalam persiapan sertifikat bahasa Korea. Namun, tetap perlu dipelajari untuk mempermudah kamu berhubungan dengan orang sekitar. Kemudian, karena kampus UST fokus dalam pengerjaan riset maka kamu perlu memastikan informasi mengenai profesor, jurusan yang diminati, topik riset, hingga institusi riset yang sesuai.

Selain persiapan dokumen, para peserta juga akan melalui proses wawancara. Jangan lupa untuk melakukan persiapan agar mampu memberikan kesan terbaik ketika wawancara bersama profesor. Untuk pendaftaran beasiswa ini, kamu bisa mengunjungi  laman ust.ac.kr ini, ya!

Baca Juga: 7 Beasiswa Magang Riset Luar Negeri, Cocok untuk Anak Kuliahan

3. KAIST University Scholarship

5 Beasiswa Kampus Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba Daftarpotret pemeran drama "Start-Up" (twitter.com/valyriablanc)

KAIST University Scholarship merupakan beasiswa yang diluncurkan oleh kampus yang terkenal dengan bidang sains dan teknologi. Kampus yang berlokasi di kota Daejeon, Korea Selatan ini juga memiliki 200 lebih institusi riset, lho! 

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan jenjang pendidikan S1, S2, dan S3 dengan beasiswa ini, akan mendapatkan berbagai manfaat finansial dimulai dengan biaya kuliah, tunjangan hidup setiap bulan, hingga asuransi kesehatan.

Secara umum persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini adalah CV, ijazah, transkip nilai, surat rekomendasi, dan sertifikat bahasa baik bahasa Inggris atau pun bahasa Korea. Jangan lupa, kamu juga perlu melihat kembali persyaratannya, karena masing-masing tingkat tentu membutuhkan dokumen persyaratan yang berbeda juga. Kamu bisa cek laman kaist.ac.kr ini ya, untuk informasi lebih lengkap!

4. GIST Scholarship

5 Beasiswa Kampus Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba Daftarilustrasi mahasiswa sedang melakukan riset (pexels.com/Chokniti Khongchum)

Selanjutnya ada GIST Scholarship untuk mahasiswa S2 dan S3 dari kampus berorientasi pada sains dan teknologi, yaitu The Gwangju Institute of Science and Technology. Cocok banget untuk kamu yang ingin lanjut pendidikan di bidang sains dan teknologi.

Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, dan asuransi. Di GIST juga tersedia berbagai akomodasi tempat tinggal dan juga ada apartemen untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga. 

Beberapa dokumen persyaratan perlu kamu persiapkan untuk mendaftar beasiswa ini, seperti ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi, dua surat rekomendasi, dan sertifikat bahasa inggris. Beasiswa ini juga memerlukan pengisian form pendaftaran. Jadi, kamu harus memantau laman pendaftaran di gist.ac.kr. 

5. UNIST Scholarship

5 Beasiswa Kampus Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba Daftarilustrasi mahasiswa sedang melakukan riset (pexels.com/ThisIsEngineering)

Juga merupakan beasiswa dari kampus top bidang sains dan teknologi yaitu Ulsan National Istitute of Science and Technology, UNIST Scholarship ditujukan untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2, dan S3 di bidang terkait. Perlu diketahui, untuk mahasiswa S1 perlu mempertahankan nilai akademik sesuai persyaratan saat semester 1 dan 2 setelah menerima beasiswa. 

Beasiswa ini juga termasuk kategori beasiswa penuh dengan mencakup biaya kuliah, biaya hidup sebanyak KRW 500.000 atau setara dengan Rp5,6 juta setiap bulannya untuk S1, KRW 9.600.000 atau setara dengan Rp108 juta untuk S2 dalam satu tahun, dan KRW 13.200.000 atau setara dengan Rp148,6 juta untuk S3 dalam satu tahun. Bahkan, juga ada penawaran beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi.

Untuk persyaratan pendaftaran, kamu bisa langsung cek ke laman unist.ac.kr ini ya!

Masih banyak lagi beasiswa yang diluncurkan oleh kampus ternama di Korea Selatan. Seperti, Yonsei University Underwood International College, Ewha Global Partnership, hingga Postech scholarship.

Gimana? Semakin tertarik lanjut kuliah ke Korea Selatan? Selamat berjuang, ya!

Baca Juga: 5 Beasiswa Ini Masih Buka Pendaftaran Selama Agustus 2022, Catat! 

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

https://lynk.id/maisixdela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya