Comscore Tracker

5 Fakta King Fahd University Scholarship, Beasiswa Studi Ke Arab Saudi

Khusus untuk jenjang S2 dan S3, ya!

Berbicara mengenai pendidikan, negara di Timur Tengah punya pesona tersendiri untuk diikuti. Di negeri para sultan ini, terdapat banyak institusi akademik unggulan dengan program studi mumpuni yang diiringi dengan teknologi canggih. Meskipun memiliki reputasi tinggi, namun untuk biaya pendidikan tetap relatif terjangkau. Bahkan, masing-masing universitas memberikan beasiswa khusus yang mereka kelola sendiri.

Salah satunya beasiswa dari kampus King Fahd University of Petroleum and Minerals ini. Yang hadir dengan beasiswa fully funded untuk jenjang pendidikan S2 dan S3. Segera dibuka pada 15 Agustus 2022 mendatang, yuk kita cek dahulu fakta penting di bawah ini sebelum mendaftar.

1. Beasiswa dari kampus top 3 region Arab

5 Fakta King Fahd University Scholarship, Beasiswa Studi Ke Arab SaudiIlustrasi mahasiswa internasional (pexels.com/Monstera)

Melansir dari QS Arab Region University Ranking 2022, King Fahd University of Petroleum and Minerals merupakan kampus yang menempati top 3 diseluruh region Arab. Terhitung pada 2021 lalu, kampus ini memiliki 10.000 mahasiswa dengan 782 di antaranya adalah mahasiswa Internasional.

Melansir dari Schoters, kampus ini terbaik dalam program studi teknik. Dimulai dari teknik mesin, teknik sipil, ilmu teknik, teknik kimia, serta ilmu kimia. Gak heran, jika King Fahd University menjalin kerja sama dengan kampus sains dan teknologi ternama dunia seperti MIT, Caltech, Georgia Tech, Standford University, hingga University of Cambridge. 

2. Tahun 2022 ini, pendaftaran dibuka pada bulan Agustus-September

5 Fakta King Fahd University Scholarship, Beasiswa Studi Ke Arab SaudiIlustrasi sedang menulis persyaratan beasiswa (pexels.com/Mikhail Nilov)

Program beasiswa ini biasanya dibuka setiap tahun. Pada tahun 2022 ini, beasiswa King Fahd University of Petroleum and Minerals dibuka pada 15 Agustus hingga 4 September 2022. Peserta yang mendaftar pada periode ini akan memulai masa studi pada awal tahun 2023 nanti.

Sebelum masa pendaftaran berakhir, segera cek laman ini, untuk mendapatkan informasi secara lengkap, baik mengenai program studi yang ditawarkan, proses pendaftaran, hingga dokumen persyaratan yang perlu disiapkan. Mana tahu, profil kamu cocok dengan beasiswa ini!.

Baca Juga: 5 Trik Lolos Beasiswa Meski Tak Punya Prestasi Akademik

3. Terdapat 27 macam jurusan yang ditawarkan

5 Fakta King Fahd University Scholarship, Beasiswa Studi Ke Arab SaudiIlustrasi sekelompok mahasiswa (pexels.com/Kampus Production)

Meskipun kampus ini terbaik dalam area studi ilmu teknik. Di antara 27 jurusan yang ditawarkan juga terdapat beberapa jurusan untuk area studi ilmu ekonomi dan sains. Namun, untuk area studi ilmu ekonomi terdapat beberapa persyaratan yang berhubungan dengan skill pada ilmu matematika dan komputer.

Dimana, pendaftar harus pernah mengambil satu mata kuliah kalkulus mengenai integrasi dan diferensiasi. Memiliki pengetahuan mengenai komputer dan setidaknya pernah mengambil mata kuliah termasuk pemrosesan data, pemrograman, sistem informasi, atau yang sejenis. Serta memiliki pengalaman kerja penuh waktu selama satu tahun.

4. Beasiswa ini mengharuskan kamu untuk menyiapkan dua jenis dokumen

5 Fakta King Fahd University Scholarship, Beasiswa Studi Ke Arab SaudiIlustrasi sedang persiapan beasiswa (pexels.com/Ivan Samkov)

Untuk mendaftar King Fahd University of Petroleum and Minerals Scholarship ini, kamu perlu memperhatikan dokumen pendaftaran yang dibutuhkan. Khusus beasiswa ini, terdapat dua jenis dokumen yang perlu dipersiapkan, yaitu dokumen wajib dan dokumen pendukung.

Dokumen wajib terdiri atas ijazah, transkrip nilai, paspor, statement of purpose seputar karier dan penelitian, serta surat rekomendasi. Dokumen ini wajib dilampirkan agar proses pendaftaranmu bisa diproses.

Sedangkan dokumen pendukung terdiri atas, sertifikat bahasa Inggris baik TOEFL iBT atau IELTS. Dimana untuk S2 harus memiliki minimal skor 68 untuk TOEFL iBT dan 6 untuk IELTS, sedangkan untuk S3 harus memiliki skor dengan minimal 79 untuk iBT dan 6,5 untuk IELTS. Kemudian, kamu juga harus mempersiapkan sertifikat GRE dengan nilai Quantitative 156 untuk S2 dan 159 untuk S3.

Sambil menunggu proses persetujuan dokumen wajib, kamu bisa mengirimkan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi via pos. Berbagai dokumen pendukung ini, berguna untuk menambah poin kamu pada tahap seleksi final.

5. Manfaat finansial yang bisa kamu dapatkan

5 Fakta King Fahd University Scholarship, Beasiswa Studi Ke Arab SaudiIlustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Karena ini merupakan beasiswa penuh, tentunya kamu akan mendapatkan banyak manfaat jika menerima beasiswa ini. Dimulai dengan biaya kuliah penuh, tunjangan hidup setiap bulannya, akomodasi tempat tinggal, bebas biaya buku, mendapatkan tunjangan kesehatan, hingga subsidi makanan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat finansial untuk mendukung proses riset yang sedang dilakukan. Seperti, tunjangan subsidi riset, mendapatkan program pelatihan skiil atau riset serta mengajar, hingga tiket pulang pergi dari Dammam (kota di Arab Saudi).

Setelah mengetahui lima fakta beasiswa dari kampus King Fahd University of Petroleum and Minerals ini, segera cek apakah profil kamu cocok dengan kualifikasi yang ditawarkan.  Siap pindah ke Arab Saudi?

Baca Juga: 5 Trik Jitu Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

https://lynk.id/maisixdela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya