Comscore Tracker

5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeri

Ada beasiswa mulai dari pendidikan SMP hingga S2

Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMP, SMA atau yang akan mencari perguruan tinggi tentunya banyak dari kalian yang ingin mendapatkan program beasiswa, bukan? Tentunya menjadi suatu hal yang membanggakan jika kamu berhasil mengejar pendidikan impian dan mewujudkannya melalui program beasiswa.

Namun, gak sedikit mungkin yang masih bingung bagaimana tata cara dan syarat untuk mendapatkan beasiswa. Nah, kamu gak usah khawatir karena ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu coba jika kamu sudah merasa memenuhi syarat dan ketentuannya.

Berikut ini adalah kumpulan lima beasiswa yang mana siswa dan mahasiswa wajib tahu. Siapa tahu kamu salah satu yang memenuhi syarat dan ketentuannya, jangan sampai kelewatan.

1. Beasiswa Kaltim Tuntas 2022

5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeriilustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pemerintah Kalimantan Timur menyediakan beasiswa Kaltim Tuntas untuk membantu mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Timur untuk mengikuti pendidikan tinggi sampai tuntas. Adapun syarat minimal bagi mahasiswa yang memiliki:

  • IPK minimal 3.00;
  • Akreditasi Perguruan Tinggi Minimal B;
  • Akreditasi Program Studi Minimal B.

Beasiswa kaltim tahun 2022 ini dibuka pada 22 Maret hingga 21 Mei 2022. Namun akhirnya diperpanjang hingga tanggal 31 Mei 2022. Jenis beasiswa Kaltim Tuntas ini dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Beasiswa kaltim tuntas-umum;
  • Beasiswa kaltim tuntas-khusus;
  • Beasiswa kaltim tuntas-kerjasama.

Untuk syarat dan ketentuannya bisa dilihat melalui website-nya. 

Bagi kamu yang belum sempat mendaftar, jangan berkecil hati. Siapa tahu kamu bisa berkesempatan untuk mengikuti beasiswa di tahun selanjutnya.

2. Beasiswa Inspiratif 2022

5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeriilustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Beasiswa inspiratif adalah salah satu beasiswa untuk jenjang SMP/MTs sederajat, SMA/SMK/MA sederajat, Gap Year, Mahasiswa jenjang D1, D2, D3, S1 PTN/PTS dan S2 seluruh Indonesia. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Yayasan Duta Inspirasi Indonesia dan Yayasan Beasiswa 10.000. Selain itu didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Tujuan diwujudkannya beasiswa inspiratif juga sebagai salah satu jalan untuk mensukseskan Sustainable Development Goals (SDG's) poin ke 4, yaitu Quality Education. Dengan adanya beasiswa ini diharapkan generasi muda dapat menikmati dan menyetarakan pendidikan tanpa khawatir akan biaya. Generasi muda yang terpilih akan diberikan tunjangan pendidikan hingga menyelesaikan masa studinya.

Berikut ini, adalah timeline pendaftaran beasiswa inspiratif :

  • 11 Maret - 10 Juli 2022 : pendaftaran beasiswa inspiratif (seleksi tahap 1 : Gform);
  • 30 Juli 2022 : pengumuman tahap 1;
  • 01 Agustus - 03 Agustus : seleksi tahap 2 (online interview);
  • 07 Agustus 2022 : pengumuman peserta terpilih;
  • 08 Agustus 2022 : opening ceremony penerima beasiswa inspiratif.

Untuk info selengkapnya tentang syarat pendaftaran dan ketentuan bisa cek instagram @dutainspirasi.indonesia

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa KIP Telkom University 2022

3. Beasiswa Telkom University 2022

5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeriilustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacqudio)

Telkom University adalah Universitas Swasta terbaik di Bandung yang telah terakreditasi unggul dan program studinya sudah terakreditasi A. Kabar gembiranya lagi adalah Telkom University membuka jalur vokasi sebagai salah satu beasiswa khusus bagi Program D3. Selain itu, seluruh siswa SMA/SMK/MA juga dapat mendaftar jalur beasiswa vokasi hanya menggunakan nilai rapor.

Adapun biaya pembelian pin pendaftaran Rp. 200.000 untuk maksimal lima pilihan jurusan. Periode pendaftaran beasiswa Telkom University jalur vokasi dimulai dari tanggal 21 Mei 2022 - 24 Juni 2022. Untuk info syarat pendaftaran dan ketentuan bisa dilihat di sini.

4. Beasiswa Maju Indonesia 2022

5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeriilustrasi mahasiswa wisuda (pexels.com/Vantha Thang)

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) adalah program yang ditujukan bagi peserta didik/lulusan berprestasi yang berkeinginan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi impian, baik di dalam maupun di luar negeri. Program beasiswa ini diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi (Kemendikbudristek) yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga terkait.

Selain itu, beasiswa Indonesia Maju memiliki visi untuk menciptakan talenta-talenta kelas dunia untuk membangun sektor prioritas negara di tahun 2045. Berikut ini, jadwal pendaftaran beasiswa Indonesia Maju dibagi menjadi dua,  yaitu :

  • 11 Mei - 30 Juni 2022 (beasiswa S1 & S2 luar negeri);
  • 11 Mei - 30 Juli 2022 (beasiswa S1 & S2 dalam negeri). 

Syarat pendaftaran dan ketentuan selengkapnya bisa dicek melalui website ini.

5. Beasiswa Kemenkes 2022

5 Kumpulan Beasiswa 2022, Dalam dan Luar Negeriilustrasi mahasiswa wisuda (pexels.com/Pixabay)

Beasiswa Kemenkes adalah program pembiayaan untuk meningkatkan kualitas penduduk Indonesia atau SDM (Sumber Daya Manusia) yang bertugas dalam bidang kesehatan di bawah lini Kementerian Kesehatan.

Adapun sasaran beasiswa Kemenkes ditujukan kepada lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan, lulusan S1 untuk melanjutkan S2 dan mengejar gelar S3. Untuk tanggal pendaftaran dibuka mulai tanggal 21 Desember 2021 hingga penutupan tanggal 20 Februari 2022.

Apakah ada salah satu program beasiswa yang syarat dan ketentuannya sangat pas denganmu? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencoba. Sedangkan untuk beberapa beasiswa yang sudah lewat masa pendaftarannya, kamu gak usah berkecil hati. Ini bisa jadi pertimbangan untuk kamu ikut di tahun selanjutnya. Semangat meraih pendidikan impianmu melalui program beasiswa.

Baca Juga: Kemenkes Buka Beasiswa Dokter Spesialis, Cek Syaratnya!

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya