Comscore Tracker

5 Alasan untuk Tak Malas Lakukan Bimbingan Penyusunan Laporan

Biar enggak ditanya, kapan lulus lagi!

Ada mahasiswa yang tidak bisa lulus tepat waktu karena laporan tugas akhir yang masih belum selesai. Tentunya ini menjadi masalah tersendiri yang harus segera diatasi oleh para mahasiswa tingkat akhir.

Salah satu poin utama yang wajib kamu lakukan adalah dengan melakukan bimbingan penyusunan laporan kepada dosen pembimbing. Jika masih malas untuk melakukan bimbingan, jangan harap untuk segera lulus dari bangku kuliah. Inilah lima alasan mengapa kamu tak boleh malas untuk melakukan bimbingan penyusunan laporan.

1. Kamu akan semakin mengerti dan paham dengan sistematika laporan yang benar

5 Alasan untuk Tak Malas Lakukan Bimbingan Penyusunan Laporanilustrasi diskusi (pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571)

Dalam membuat sebuah laporan dari tugas akhir, tentu mempunyai cara tersendiri yang berbeda dengan membuat laporan-laporan seperti biasanya. Sebut saja, seperti gaya penulisannya, cara melakukan observasi, hingga bagaimana menemukan sebuah permasalahan dari laporan yang nantinya akan kamu tulis.

Saat melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing, jangan lupa untuk mencatat semua arahan tentang sistematika pembuatan laporan. Setelah itu, sesuaikanlah laporan kamu dengan sistematika yang telah diberikan oleh dosen pembimbing. Langkah yang tidak kalah penting, kerjakan secara perlahan namun pasti dengan tujuan yang jelas.

2. Beberapa materi dalam laporan pun akan semakin lengkap dan terperinci

5 Alasan untuk Tak Malas Lakukan Bimbingan Penyusunan Laporanilustrasi diskusi (pexels.com/@hillaryfox)

Selain dari sistematika pembuatan laporan, kamu juga akan diberikan berbagai macam materi yang berhubungan dengan laporan yang sedanb dibuat. Entah itu materinya langsung diberikan, bertahap, hingga diberi tahu tentang cara mencari sumber materi yang benar, agar bisa diterima oleh dosen pembimbing.

Materi dalam sebuah laporan tentunya tidak bisa dibuat secara asal-asalan. Apalagi jika materi tersebut hanya disalin dari internet atau dari beberapa teman yang sudah terlebih dahulu lulus. Daripada melakukan hal yang akan berujung sia-sia, lebih baik melakukan bimbingan. Lalu, mintalah materi sebanyak-banyaknya kepada pembimbing.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh saat Memilih Dosen Pembimbing agar Lulus Tepat Waktu

3. Hubungan akan terjalin lebih erat antara kamu dengan pembimbing laporan

5 Alasan untuk Tak Malas Lakukan Bimbingan Penyusunan Laporanilustrasi diskusi (pexels.com/@divinetechygirl)

Kalau hubungan kamu dengan dosen sebelumnya kurang baik, mungkin inilah saatnya untuk memperbaiki hubungan kalian. Lagi pula, mereka adalah orang yang telah memberikan ilmu yang sangat berharga untuk kamu. Jadi, tak ada salahnya untuk dekat dan menjalin hubungan baik dengan dosen-dosen yang ada di kampus.

Jika sudah mulai dekat dengan dosen pembimbing, secara otomatis kamu menjadi sangat berani untuk bertanya secara langsung kepadanya. Dosen pembimbing pun akan merasa bahagia dan tidak keberatan, jika kamu banyak bertanya serta meminta bimbingan.

4. Menambah rasa percaya dirimu, saat akan melakukan sidang untuk laporan

5 Alasan untuk Tak Malas Lakukan Bimbingan Penyusunan Laporanilustrasi presentasi (pexels.com/@thisisengineering)

Jika poin-poin di atas telah didapatkan, tentu kamu akan semakin percaya diri dalam menjalani sidang tugas akhirmu. Tidak ada cerita lagi kamu gugup atau merasa takut dengan beberapa pertanyaan yang muncul. Hal itu terjadi, karena laporan kamu sudah sangat  sesuai.

Sekarang kamu hanya tinggal berusaha menampilkan yang terbaik di hadapan para penguji saat melakukan sidang. Percayalah, bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati sebuah proses yang telah kamu lakukan sebelumnya. Selain berusaha, jangan lupa untuk berdoa.

5. Kemungkinan untuk segera lulus akan semakin terbuka lebar dan semakin dekat

5 Alasan untuk Tak Malas Lakukan Bimbingan Penyusunan Laporanilustrasi wisuda (pexels.com/@mccutcheon)

Terakhir dan hal yang paling ditunggu-tunggu. Tentu kemungkinan kamu untuk segera lulus dari tempat kuliah akan semakin terbuka lebar. Jika kamu sudah menyelesaikan laporan dan melakukan sidang, kamu tinggal bersiap-siap untuk melakukan wisuda. Nah, mulai sekarang cobalah untuk mempersiapkan diri, menuju hal yang paling ditunggu-tunggu.

Wisuda memang hal yang bisa membuat bahagia, tapi kamu harus ingat dan sadar. Perjuangan kamu untuk menjadi orang yang sukses belum selesai dan masih banyak perjuangan di depan mata. 

Semangat untuk kamu yang sedang menyusun laporan dan tugas akhir. Jangan lupa jaga kesehatan dan tetaplah menjalin komunikasi untuk melakukan bimbingan ke dosen pembimbing, ya.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Killer, Tidak Perlu Takut!

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya