Comscore Tracker

7 Desember Hari Penerbangan Sipil Internasional: Ini Sejarahnya

Rupanya erat kaitannya dengan konvensi ICAO

Hari Penerbangan Sipil Internasional kembali diperingati hari ini, 7 Desember 2022. Pada awalnya, hari internasional ini ditetapkan pada 1994 sebagai bagian dari kegiatan di hari ulang tahun International Civil Aviation Organization (ICAO) yang ke-50.

Setiap lima tahun bersamaan dengan hari jadi ICAO, dewan ICAO akan menetapkan tema khusus untuk memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional. Nah, pada 2019 hingga 2023, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional adalah "75 Years of Connecting The World" ataupun "75 Tahun Menghubungkan Dunia".

Namun, kamu pasti penasaran bagaimana awal mula penetapan Hari Penerbangan Sipil Internasional, 'kan? Yuk, cek sejarahnya di bawah ini!

Baca Juga: 1 Desember Hari AIDS Sedunia, Ini Sejarahnya

1. Awal mula penetapan Hari Penerbangan Sipil Internasional

7 Desember Hari Penerbangan Sipil Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi pesawat terbang (pexels.com/Jeffry Surianto)

Pada 1996, dengan inisiatif ICAO dibantu Pemerintah Kanada, Majelis Umum PBB secara resmi mengakui 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional dalam sistem PBB. Nah, pengakuan ini ditandai dengan diadopsinya resolusi A/RES/51/33.

Majelis Umum PBB kemudian mulai mendesak pemerintah, organisasi nasional, regional, dan internasional yang terkait untuk mengambil langkah-langkah tepat dalam merayakan Hari Penerbangan Sipil Internasional. Oleh sebab itu, setiap lima tahun, Dewan ICAO menetapkan tema khusus untuk memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Baca Juga: 3 Desember Hari Bakti PU, Ini Sejarahnya!

2. Konvensi ICAO dan Hari Penerbangan Sipil Internasional

7 Desember Hari Penerbangan Sipil Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi pesawat terbang (pexels.com/Jeffry Surianto)

Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional erat kaitannya dengan inisiatif dari hasil konvensi ICAO tentang Penerbangan Sipil Internasional, lho. Dilansir dari laman ICAO, konvensi ICAO pertama ditandatangani oleh 52 negara pada 7 Desember 1944.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional Sementara atau PICAO didirikan dalam masa tunggu ratifikasi konvensi oleh 26 negara. Organisasi ini bekerja dari 6 Juni 1945 hingga 4 April 1947. Kemudian, ada 5 Maret 1947, ratifikasi ke-26 diterima, sehingga ICAO akhirnya dibentuk pada 4 April 1947.

3. Tujuan Hari Penerbangan Sipil Internasional

7 Desember Hari Penerbangan Sipil Internasional: Ini Sejarahnyailustrasi pesawat terbang (pexels.com/Wayne Jackson)

Tujuan dari peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional antara lain untuk membantu menciptakan kesadaran dunia akan peran penting penerbangan sipil internasional dalam mengembangkan kondisi sosial dan ekonomi negara. Selain itu, peringatan ini juga untuk membantu setiap negara supaya bekerja sama dalam mewujudkan jaringan transit global yang cepat. 

PBB dan negara-negara anggotanya juga telah mengadopsi Agenda 2030. Di mana adopsi tersebut menandakan akan dimulainya era baru dalam pembangunan berkelanjutan global seperti peran penerbangan sebagai sebuah mesin konektivitas global sebagai perwujudan dari Konvensi Chicago.

Nah, tentu saja butuh proses yang panjang sebelum 7 Desember ditetapkan sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional. Bahkan berdasarkan penjelasan di atas, peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional erat kaitannya dengan inisiatif dari hasil konvensi ICAO.

Baca Juga: Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober: Sejarahnya

Topic:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya