Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengikuti Kursus Gratis

Pernah melakukan salah satunya?

Boleh dibilang bahwa kursus merupakan sebuah event yang bisa membuat seseorang mendapatkan kemampuan anyar dalam waktu singkat. Umumnya, sebuah kursus itu bisa diikuti dengan cara membayar ke penyelenggara. Namun, saat ini ada banyak online course atau kursus online yang gratis.

Berangkat dari hal tersebut, kamu bisa melakukannya tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Meskipun begitu, banyak orang yang malah melakukan kesalahan saat mengikuti hal itu. Coba simak pembahasan berikut ini agar kamu bisa memperbaiki kesalahan saat mengikuti kursus gratis.

1. Kamu sering meremehkan dalam mengikuti pembelajaran

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengikuti Kursus Gratisilustrasi belajar (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Seseorang yang mengikuti kursus gratis pasti terkadang cenderung meremehkan materi. Entah karena rasa malas ataupun kurang yakin dengan kualitas pembicara, hal ini sejatinya harus dihilangkan. Perasaan itu muncul sebab kamu menganggap bahwa kursus yang tidak dipungut biaya itu selalu ecek-ecek.

Padahal, anggapan tersebut tidak bisa dibenarkan sebab banyak penyelenggara yang menyediakan para profesional. Dengan begitu, kamu wajib berhenti memikirkan hal tersebut jika ingin benar-benar mendapatkan ilmu dari sana. Fokuslah kepada tujuan akhirmu untuk menguasai kemampuan baru.

2. Kamu jarang mencatat karena mengharapkan ada rekaman tayangan ulang

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengikuti Kursus Gratisilustrasi mencatat (pexels.com/Ivan Samkov)

Dalam mengikuti kursus, terkadang pihak penyelenggara pasti bakal membagikan tayangan ulang acara. Hal ini wajar terjadi agar orang-orang yang tidak bisa mengikuti gak ketinggalan materi. Namun, hal itu tidak boleh dilakukan sebab kamu tidak akan melihat rekaman tersebut.

Percayalah, kalau kamu pasti akan merasa malas untuk melihat acara yang sudah selesai. Maka dari itu, mulai sekarang biasakan diri untuk berusaha ikut secara live dan mencatat setiap hal-hal penting. Manfaatkan kursus gratis tersebut dengan baik agar kamu bisa menjadi sosok yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!

3. Kamu tidak membagikan hal tersebut ke teman-temanmu

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengikuti Kursus Gratisilustrasi mahasiswa (pexels.com/Charlotte May)

Ketika ada kursus gratis, terkadang kamu harus menjadi sosok yang dermawan. Maksudnya, kamu harus membagikan informasi tersebut kepada rekan-rekanmu. Niat baik semacam itu tentunya nanti pasti akan kembali kepadamu dengan setimpal.

Lagipula, kamu harus senantiasa mengingat bahwa hukum timbal balik akan senantiasa berlaku. Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, hal tersebut tentunya bakal terbukti seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mempraktikkan niat baik tersebut.

4. Kamu hanya berharap sertifikat daripada ilmu

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengikuti Kursus Gratisilustrasi sertifikat (pexels.com/Olya Kobruseva)

Tidak sedikit orang yang mengikuti kursus gratis mengharapkan sertifikat daripada ilmu. Biasanya, hal ini terjadi di kalangan mahasiswa yang ingin memenuhi persyaratan lulus. Padahal, jika mengikuti kursusnya, kamu tidak hanya sekadar mendapatkan sertifikat.

Pasti akan ada ilmu ataupun relasi yang tentunya bakal menunjang masa depanmu nanti. Berangkat dari hal tersebut cobalah untuk mengubah fokus tujuanmu dalam mengikuti kursus gratis. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut hanya karena terlalu malas dalam mengikutinya.

5. Kamu minta materi yang berlebih padahal kursusnya gratis

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengikuti Kursus Gratisilustrasi mahasiswa (pexels.com/Armin Rimoldi)

Terakhir, banyak orang yang selalu meremehkan kursus gratis karena menganggap hal tersebut tidak akan totalitas. Orang semacam itu biasanya mengharapkan ilmu-ilmu yang cukup mahal bisa keluar dalam kursus. Jika dilihat dari sudut pandang realistis, hal tersebut tidaklah mungkin.

Kursus gratis itu biasanya hanya menyediakan materi yang hanya di permukaan saja. Dengan begitu, kamu tidak boleh menuntut lebih sehingga mengurungkan niat untuk mengikutinya. Buanglah pola pikir tersebut sebab jika diteruskan, kamu tidak akan mendapatkan ilmu baru sama sekali. Mulai aja dulu!

Apakah kelima kesalahan di atas sering kamu lakukan ketika mengikuti kursus gratis? Cobalah untuk memperbaikinya agar kamu bisa merasakan manfaat yang maksimal dari sana.

Baca Juga: 8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Coba

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya