Comscore Tracker

8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Coba

Tak perlu lagi risaukan dana~ #IDNTimesLife

Keinginan untuk belajar bahasa Korea beberapa tahun belakangan ini terus meningkat khususnya di kalangan anak muda Indonesia. Namun, tidak semua orang mampu untuk mengikuti kursus berbayar ditambah lagi keadaan pandemik saat ini tidak memungkinkan untuk mengikuti kelas secara langsung.

Meski begitu, tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah banyak program belajar bahasa Korea yang gratis dan berlangsung sepenuhnya dalam jaringan (online). Yuk, simak di bawah ini, ada delapan program kursus dari beberapa lembaga yang bisa jadi pilihanmu untuk belajar!

1. First Step Korean (Yonsei University) 

https://www.youtube.com/embed/2hyGEu0N7vg

Program kursus pertama yang bisa kamu coba adalah First Step Korean di situs Coursera. Bagi teman-teman yang masih asing dengan situs tersebut, mengutip dari situs mereka, Coursera ialah sebuah platform pembelajaran dalam jaringan tingkat global yang menawarkan akses akan kursus dan juga gelar dari berbagai universitas dan perusahaan kelas dunia kepada siapa saja dan dimana saja.

Dalam situs tersebut terdapat beragam kursus hingga program dengan gelar yang gratis maupun berbayar seperti program kursus bahasa, pemrograman, studi politik dan lain-lain.

Kembali ke program kursus bahasa Korea, First Step Korean adalah salah satu program pembelajaran bahasa Korea dari Yonsei University yang merupakan salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Program First Step Korean diampu oleh Kang Seung Hae, profesor di Korean Education as a Foreign Language di Graduate School of Education, Yonsei University.

Program ini ialah program tingkat dasar sehingga sesuai untuk murid yang baru ingin belajar bahasa Korea, khususnya yang belum mengenal alfabet Korea, yakni hangeul. Bagi teman-teman yang sudah paham hangeul juga bisa mengikuti kursus ini untuk menyegarkan kembali ingatan serta mempelajari topik lain seperti pengenalan diri, keluarga, tanggal dan waktu, serta kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, kursus ini terdiri dari 5 pelajaran dengan 4 unit, dan mencakup 4 keterampilan: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Lima pelajaran terbagi dalam lima minggu, sehingga setiap minggu mencakup satu pelajaran. Pada setiap unitnya akan terdapat kuliah dalam bentuk video, catatan perkuliahan dan kuis.

Kursus ini bersifat gratis, namun jika teman-teman ingin mendapatkan sertifikat maka harus berlangganan dengan membayar 59 dolar Amerika per bulan untuk mendapatkan akses terhadap 3000-an kursus serta sertifikat tidak terbatas di Coursera. Terakhir, penting untuk diingat bahwa kursus ini dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

2. Learn to Speak Korean 1 (Yonsei University) 

https://www.youtube.com/embed/R0vGHcl_qjI

Program kursus kedua dari Yonsei University yakni Learn to Speak Korean 1 merupakan program tingkat pemula namun diperuntukan untuk murid yang sudah terlebih dahulu mengenal alfabet Korea.

Bisa dibilang ini adalah program lanjutan setelah menyelesaikan program First Step Korean. Program ini diajarkan oleh Han Sang Mee, profesor di Korean Language Institute yang merupakan bagian dari Institute of Language Research and Education di Yonsei University.

Kursus Learn to Speak Korean 1 berlangsung dalam enam minggu dimana setiap minggunya akan mempelajari satu modul. Setiap modul terdiri dari lima unit dan setiap unit mencakup kosakata, tata bahasa dan ekspresi, latihan percakapan, klip video, quiz, buku kerja, serta daftar kosakata yang disertai terjemahan dalam bahasa Inggris, Cina, dan Jepang.

Enam modul yang akan dipelajari terdiri dari beberapa topik yaitu memperkenalkan teman; memperkenalkan kampung halaman; memperkenalkan makanan; memesan makanan; memperkenalkan tempat untuk belanja; dan terakhir adalah berbelanja. Setelah menyelesaikan kursus ini, murid diharapkan dapat memiliki keterampilan penting dalam interaksi sehari-hari dengan orang Korea selama tinggal di Korea.

3. The Korean Alphabet: An Introduction to Hangeul (Sungkyunkwan University) 

8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Cobabatu bertuliskan Sungkyunkwan University (instagram.com/sungkyunkwan_univ_official)

Nama Sungkyunkwan University mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar drama Korea karena pernah muncul sebagai judul serial drama. Sungkyunkwan University ialah salah satu universirtas tertua di Asia yang didirikan pada masa awal-awal dinasti Joseon tepatnya di tahun 1398.

Sungkyunkwan University melalui Coursera menawarkan beberapa program kursus bahasa Korea gratis. Program pertama ialah The Korean Alphabet: An Introduction to Hangeul yang diajar oleh Lee Kum Hee, profesor Korean Language and Literature di Sungkyunkwan University.

Dalam program ini, murid akan mendapatkan pengetahuan yang mendalam mengenai hangeul (alfabet Korea) seperti karakteristik, sejarah tercipta dan penyebaran, prinsip pembuatan karakter, serta terakhir cara baca dan penulisannya.

Program ini berlangsung selama 4 minggu, dimana pada setiap minggunya terdapat materi kursus berupa video, bahan bacaan, serta latihan. Kursus ini sangat sesuai untuk teman-teman yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih banyak mengenai hangeul.

Baca Juga: 8 Ekspresi yang Berkaitan dengan Cinta dalam Bahasa Korea

4. A Bridge to the World: Korean Language for Beginners I (Sungkyunkwan University) 

8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Cobadua boneka maskot Sungkyunkwan University (instagram.com/sungkyunkwan_univ_official)

Program kursus selanjutnya dari Sungkyunkwan University merupakan seri A Bridge to the World yang terbagi dalam beberapa level yakni Korean Language for Beginners I, Intermediate1, dan Advance I. Ketiga program tersebut berjalan secara terpisah dengan pelajaran yang berbeda pula.

Pada program Korean Language for Beginners 1, kursus akan diampu oleh dua pengajar, yakni Kim Hwong Kyong dan Hyun Won-Sook yang keduanya merupakan profesor di Sungkyunkwan University. Program kursus ini merupakan kursus pengantar yang bertujuan menumbuhkan keterampilan komunikasi dasar dalam bahasa Korea. Kursus ini berisi ekpresi-ekpresi penting yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta tata bahasa (grammar) yang terdapat pada dialog yang akan dipelajari.

Selain itu, hal menarik dari kursus ini ialah adanya dialog dalam bentuk formal dan informal sehingga murid dapat mengetahui cara berkomunikasi yang tepat pada masing-masing situasi.

Kursus ini akan berlangsung selama enam minggu yang di setiap minggunya akan terdapat video perkuliahan, bahan bacaan berupa buku pelajaran, artikel, buku kerja, dan tulisan tentang budaya Korea serta terdapat latihan berupa 2 kali kuis. Pada akhirnya, murid diharapkan dapat berkomunikasi dan mengekpresikan dirinya dalam bahasa Korea pada topik-topik biasa.

5. A Bridge to the World: Korean Language for Intermediate1 (Sungkyunkwan University) 

8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Cobapemandangan kampus Sungkyunkwan University (instagram.com/sungkyunkwan_univ_official)

Program kursus selanjutnya yakni Korean Language for Intermediate1, sesuai dengan namanya kursus ini diperuntukkan untuk murid yang sudah mempelajari bahasa Korea dasar dan ingin meningkatkan kemampuan komunikasi pada topik personal.

Kursus ini akan diajar oleh Kim Hwon Kyong dan Lee Su Mi dan berlangsung selama enam minggu dengan topik yang berbeda tiap minggunya. Beberapa topik yang akan dipelajari dalam kursus ini seperti salam dan perkenalan, bepergian, makanan, kepribadian dan penampilan, konsiderasi dan kesalahan, apresiasi dan konsolasi.

Lalu, dalam setiap minggunya akan berisi video perkuliahan, bahan bacaan seperti catatan perkuliahan dan latihan kosakata serta tata bahasa, dan tidak ketinggalan juga 2 hingga 3 kuis.

6. A Bridge to the World: Korean Language for Advance I (Sungkyunkwan University) 

8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Cobafoto bendera Korea Selatan dan bendera Sungkyunkwan University (instagram.com/sungkyunkwan_univ_official)

A Bridge to the World: Korean Language for Advance I merupakan seri terakhir program kursus bahasa Korea dari Sungkyunkwan University yang diperuntukan untuk teman-teman yang ingin memahami bahasa Korea secara lebih mendalam dan meningkatkan kemampuan bahasanya di level tinggi.

Kursus ini juga memiliki dua pengajar yakni Kim Kyong Hwon dan Hong Eun Sil dan berlangsung lebih singkat dari kursus sebelumnya yakni selama lima minggu. Topik-topik yang dicakup dalam kursus ini juga berbeda dari kedua seri sebelumnya yakni topik-topik di luar isu personal seperti bahasa, pekerjaan, ilmu pengetahuan, budaya pop, dan isu-isu internasional.

Setiap minggunya akan terdapat video perkuliahan, bahan bacaan berupa buku pelajaran dan buku kerja, dan tidak lupa juga quiz. Misalnya pada minggu pertama, topik yang dibahas mengenai isu-isu seputar bahasa akan dipelajari melalui empat video perkuliahan, enam bahan bacaan dan satu kuis di akhir minggu.

Terakhir, hal yang tak kalah menarik dari kursus ini ialah di setiap akhir minggu pembelajaran, murid dapat berbagi opininya bersama murid lainnya dalam aktivitas diskusi.

7. Bahasa Korea Dasar Level 1 (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) 

Berbeda dengan proses pembelajaran enam kursus sebelumnya yang menggunakan bahasa Inggris secara langsung maupun subtitle, kursus ketujuh dan kedelepan ini menggunakan bahasa Indonesia dalam proses pembelajarannya sehingga bisa menjadi pilihan bagi teman-teman yang masih kesulitan mengikuti kursus dalam bahasa Inggris. Meski begitu, kedua kursus ini hanya dapat diikuti selama periode tertentu yakni ketika gelombang pendaftaran dibuka, tidak seperti kursus pada Coursera yang bisa diikuti kapan saja.

Kursus ketujuh merupakan program kursus daring dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bisa teman-teman akses di situs https://kursusdaring.kemdikbud.go.id/. Dalam situs tersebut, terdapat beragam pilihan program kursus yang bisa kalian ikuti dan untuk bisa mengikutinya perlu membuat akun terlebih dahulu.

Program kursus bahasa Korea Dasar Level 1 sendiri sudah terlaksana beberapa kali hingga mencapai batch ke-15 yang terlaksana selama dua minggu yakni pada 15 Juli hingga 29 Juli 2021. Program kursus ini dijalankan oleh LKP Bina Insani MTC, sebuah lembaga pendidikan yang berlokasi di Kota Yogyakarta.

Kursus ini akan diampu oleh tim pengajar berpengalaman yang tediri dari empat pengajar yakni Fitri Achiriani, S. S., M. A., pengajar bahasa Korea lulusan jurusan Bahasa Korea Universitas Gadjah Mada yang juga pernah belajar di Korean Language Institute of Yonsei University, lalu ada Lestari Budi Sudiyanti, A. Md., Imandatiasa Nur Anisa, A. Md., Istikomah, A. Md.

Kursus ini, selain menyediakan materi juga memiliki penugasan dan latihan soal serta akan memberikan sertifikat elektronik pada peserta kursus yang lulus ujian.

8. Korean Language Beginner and Intermediate (Sang Sang Univ. Indonesia) 

8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Cobaposter pengumuman SangSang univ. Indonesia (https://www.instagram.com/sangsangunivid)

Program kursus bahasa Korea terakhir datang dari Sang Sang Univ. Indonesia yakni sebuah komunitas mahasiswa yang membantu perkembangan diri mahasiswa di usia 20-an dan merupakan salah satu program CSR dari KT&G. KT&G sendiri adalah perusahaan asal Korea Selatan yang bergerak dalam industri rokok.

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya program kursus bahasa Korea dari SangSang univ. Indonesia ini dilaksanakan menggunakan bahasa Indonesia dan terlaksana pada periode tertentu. Selain itu, terdapat dua jenis program yang bisa diikuti yakni program beginner dan intermediate yang bisa teman-teman pilih sesuai dengan kemampuan diri masing-masing.

Pada batch sebelumnya (batch 7), program beginner diajar oleh Elyawati, lulusan jurusan bahasa Korea dari Universitas Nasional dan berprofesi sebagai pengajar bahasa Korea di beberapa perusahaan Korea yang ada di Jakarta. Pada batch sebelumnya, program beginner terlaksana dalam empat pertemuan dengan materi berupa hangeul, tanggal dan hari, cuaca, musim di Korea.

Lalu, untuk program intermediate, batch sebelumnya diampu oleh Alira yang merupakan lulusan dari Korea University Business School. Program ini berlangsung dalam empat pertemuan dengan materi yakni menyatakan kemampuan atau ketidakmampuan, harapan dan preferensi dalam bahasa Korea, membahas tentang sesuatu yang spesifik, serta tata bahasa "terlihat".

Selain mendapatkan materi, peserta kursus ini juga dapat melakukan tanya jawab langsung dengan tutor atau pengajar dan akan mendapatkan sertifikat partisipasi. Kelas bahasa Korea untuk batch selanjutnya, yakni batch 8 juga sudah dibuka pendaftarannya hingga 20 Agustus 2021. Batch 8 rencananya akan dimulai pada 23 Agustus--16 September 2021, informasi lebih lanjut bisa diperoleh melalui akun media sosial mereka baik di Instagram maupun Facebook.

Bonus informasi tambahan

Selain mengikuti kursus, teman-teman juga bisa belajar mandiri di rumah menggunakan buku yang dapat diunduh secara gratis dan legal yang disediakan oleh Korea Foundation.

Buku tersebut berjudul “Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia” dan terdiri dari level 1 hingga 6 yang disertai juga dengan buku kerja dan juga audio. Buku tersebut dapat diunduh melalui situs Korea Foundation di tautan berikut http://www.kf.or.kr/archives/ebook/ebook_list.do.

Terakhir, semoga dengan informasi program kursus di atas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk memilih program kursus yang sesuai dengan kemampuan, preferensi dan juga target dari teman-teman sendiri. Selamat belajar!

Baca Juga: 11 Kosakata Gaul Bahasa Korea untuk Fans KPop 

Widyastuti Sari Photo Writer Widyastuti Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya