Comscore Tracker

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulung

Buat yang pengen mengekor jejak nenek moyang kita...

Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas. Tidak mengherankan, minat anak muda bekerja sebagai pelaut masih cukup tinggi. Dengan menjadi pelaut, mereka berkesempatan mengarungi lautan dunia.

Sejumlah sekolah pelayaran pun tersebar di seluruh wilayah di Indonesia untuk memfasilitasinya. Buat kamu yang tertarik menjadi pelaut dan sedang cari referensi sekolah pelayaran, nih IDN Times kasih daftarnya buat kamu.

1. Ada di Jakarta, Balai Besar Pendidikan Penyegaran & Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) menyediakan pendidikan non formal selain pendidikan formalnya

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulungdephub.go.id

BP3IP adalah salah satu lembaga diklat pelaut milik pemerintah. Dalam program diklatnya, BP3IP menggunakan tenaga pengajar dosen atau instruktur profesional di bidang Keahlian Pelaut dan Pendidikan Kepelautan.

Dengan begitu, diharapkan lulusan-lulusan dari sekolah ini adalah lulusan bermutu dengan daya saing tinggi.

2. Masih di Jakarta, ada Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) yang punya diklat teknis kelautan untuk PNS bidang transportasi laut

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/bpptl_jakarta

Beberapa diklat yang diadakan adalah Diklat Teknis Bidang Perkapalan dan Kepelautan, Diklat Teknis Bidang KPLP, Diklat Teknis Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut, Diklat Teknis Bidang Kenavigasian, Diklat Teknis Bidang Sekretariat Ditjen. Perhubungan Laut, dan Pelatihan/Penyuluhan Untuk SDM Dinas Teknis Bidang Perhubungan Laut Dan Instansi Terkait.

3. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar adalah jujugan sekolah pelayaran yang boleh dicoba kalau kamu ada di Sulawesi

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/politeknik_ilmu_pelayaran_mks

Sekolah pelayaran ini menyediakan fasiliats-fasilitas menarik yang bisa kamu coba setelah diterima. Ada engine room control, full mission ship simulator, kapal latih Sultan Hasanuddin, kolam latih, dan lecture theater.

4. Yang ada di Tangerang, boleh menuntut ilmu di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang (BP2IP)

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/bp2iptangerang

Tangerang pun punya sekolah pelayaran, lho! Menjadi murid di sini berarti kamu akan menikmati fasilitas simulator, laboratorium, ruang belajar, perpustakaan, ekskul kesenian, dan ekskul olahraga. Menarik bukan?

5. Terletak di pantai utara Pulau Jawa, Akademi Maritim Cirebon merupakan salah satu institusi pendidikan penting di kota udang itu

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/maritim_cirebon

Akademi Maritim Cirebon berdiri sejak tahun 1986. Sejak itu pula, akademi ini mendidik dan melatih lulusan SMA/SMK/MA agar menjadi Perwira Pelayaran Besar bidang keahlian Nautika & Teknika dan ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan yang profesional.

Selain itu, ia juga mendidik dan melatih calon Perwira Pelayaran. Fasilitasnya beragam mulai dari asrama, macam-macam laboratorium (elektro, bengkel, komputer, bahari, bahasa), dan perpustakaan.

Baca Juga: Meski Sering Ditinggal Pergi, Tapi Inilah yang Membuatku Bangga Memiliki Orangtua Seorang Pelayar

6. D4 Teknika, Nautika, dan KALK adalah pendidikan yang bisa kamu dapatkan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/pip_semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sekolah yang masuk dalam White List di International Maritime Organization tahun 2000 ini, mendidik lulusan SMA di bidang pelayaran dan pelabuhan menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhan untuk angkutan laut nasional maupun internasional.

7. Berawal dari Surakarta, Akademi Maritim Nusantara Cilacap kini menjadi satu-satunya sekolah pelayaran di Cilacap

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/officialamncilacap

Awalnya, sekolah pelayaran ini ada di Surakarta. Namun karena dirasa kurang ideal untuk mengenal laut, pindahlah ia dan menjadi Akademi Maritim Nusantara Cilacap hingga sekarang.

Kini, sekolah ini konsisten menyelenggarakan pendidikan jenjang D3 dengan prodi Program Studi Teknika, Program Studi Pengelolaan Pelabuhan, dan Program Studi Nautika. Ketiganya telah terakreditasi BAN-PT dan DIKTI dengan nilai B.

8.Akademi Pelayaran Nasional Surakarta telah terakreditasi B. Kamu yang bingung mau ke mana selulus SMA, bisa banget memilih sekolah ini

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/apn_surakarta

Jurusan yang dibuka oleh akademi ini adalah Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan, Manajemen Kepelabuhan, Teknika, dan Nautika.

Kamu yang ingin tahu lebih banyak soal cara, beasiswa, serta biaya pendaftaran masuk akademi ini, langsung cek saja http://www.apn-surakarta.ac.id.

9. Jika kamu di Yogyakarta dan berminat pada bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga, Nautika, dan Teknika, Akademi Maritim Yogyakarta adalah jawabnya

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/akademimaritimyogya

Sekolah pelayaran ini memiliki tiga prodi berjenjang D3, yaitu Prodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga, Prodi Nautika, dan Prodi Teknika.

Ketiga program ini telah terakreditasi prodi dan BAN PT dengan predikat B. Khusus Prodi Teknika dan Prodi Nautika telah mendapat approval dari Ditjen Perhubungan Laut selaku Administrator International Maritime Organization (IMO) sejak 2016.

10. Kamu tinggal di Surabaya & sekitar? Politeknik Pelayaran Surabaya bisa mewujudkan mimpi-mimpimu jadi pelaut seperti nenek moyang kita

Referensi Sekolah Pelayaran di Indonesia, Bisa Jadi Pelaut yang Ulunginstagram.com/poltekpel_sby

Sekolah pelayaran yang visinya adalah menjadi pusat pendidikan transportasi laut bertaraf nasional ini, membuka tiga prodi berjenjang D3. Prodi itu adalah Nautika, Teknika, dan Elektro Pelayaran.

Fasilitasnya meliputi fasilitas umum, nautika, teknika & TEO, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan ko-kurikuler.

Itu dia sepuluh sekolah pelayaran yang ada di Indonesia. Selain itu, masih ada lagi sekolah pelayaran lain yang tersebar di sudut kota Indonesia. Kamu tahu apa saja? Sebutkan di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: 24 Hal yang Harus Siap Kamu Hadapi Ketika Kekasihmu Seorang Dokter

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Tania

Berita Terkini Lainnya