Comscore Tracker

5 Rekomendasi Program S2 di Luar Negeri dengan Durasi Studi 1 Tahun

Bisa lebih efisien karena waktunya lebih singkat

Jika pada umumnya program S2 membutuhkan waktu studi hingga 2 tahun atau bahkan lebih, kampus-kampus di bawah ini tidak demikian, lho. Mereka menawarkan program yang lebih cepat, yaitu mulai dari 1 tahun.

Kampus-kampus tersebut juga bergengsi yang layak kamu coba untuk melanjutkan studimu. Bisa dikejar dengan beasiswa, berikut lima rekomendasi program S2 di luar negeri dengan masa studi singkat.

1. Master of Engineering Project Management, University of Auckland

5 Rekomendasi Program S2 di Luar Negeri dengan Durasi Studi 1 TahunUniversity of Auckland (auckland.ac.nz)

University of Auckland terletak di New Zealand. Sesuai namanya, program ini cocok untuk kamu yang tertarik di bidang manajemen, termasuk yang fokus di proyek dan teknologi. Mata kuliah inti yang akan ditempuh adalah Implementasi dan Diseminasi Penelitian yang tersedia di semester satu dan dua. 

Pekerjaan yang  mungkin cocok untuk bidang ini, di antaranya kepala teknisi, engineering manager, konsultan teknik atau manajemen, manajer manufaktur, manajer operasional, manajer pengembangan produk, dan manajer proyek. 

Salah satu syarat untuk bisa masuk ke kampus ini adalah skot IELTS yang dimiliki calon mahasiswa minimal 6,5. Kampus ini juga menghadirkan beberapa beasiswa yang bisa kamu pilih untuk menunjang biaya kuliahmu. Jangan lupa untuk mengecek persyaratan lengkapnya di sini https://www.auckland.ac.nz/en/study/study-options/find-a-study-option/master-of-engineering-management-memgt.html.

2. Master of Management, Lund University

https://www.youtube.com/embed/_9UbVtqOItY

Masih soal manajemen, program pascasarjana yang satu ini juga layak dicoba. Kuliah di Swedia akan jadi salah satu pengalaman menarik, bukan? 

Program ini cocok bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang bisnis, ekonomi, dan manajemen. Durasi pendidikannya hanya 1 tahun dengan 60 kredit SKS.

Sebelum mendaftar ke sini, kamu perlu memastikan skor IELTS yang kamu miliki mencapai minimal 6,5. Universitas Lund juga menawarkan beasiswa yang bisa kamu pilih, satunya adalah Swedish Institute Scholarships. Cek informasi lengkapnya di sini https://www.lunduniversity.lu.se/lubas/i-uoh-lu-EAGMA. 

Baca Juga: Ini Beasiswa Pascasarjana di SMU Singapura untuk Mahasiswa Indonesia

3. Master of Private Law, University of Melbourne

5 Rekomendasi Program S2 di Luar Negeri dengan Durasi Studi 1 TahunThe University of Melbourne (unimelb.edu.au)

Jurusan yang satu ini cocok banget buat kamu yang tertarik menggeluti bidang hukum. University of Melbourne juga menempati posisi pertama untuk kategori Law School in Australia versi QS World University Rankings (by subject) tahun 2020. 

Program ini menawarkan durasi pendidikan yang tergolong singkat untuk level master. Dalam kurun waktu 1 tahun, kamu sudah bisa menyandang gelar Master of Private Law. Ini pastinya akan menguntungkan dari segi waktu dan biaya. Sebab, biaya pendidikan biasanya dihitung berdasarkan jumlah SKS atau mata kuliah yang berlangsung, di mana dalam 1 tahun ada banyak sks yang perlu diambil. 

Program ini juga memungkinkan dijangkau dengan bantuan beasiswa, salah satunya melalui Australian Awards Scholarships. Kamu bisa mengakses informasi lengkapnya di sini https://study.unimelb.edu.au/find/courses/graduate/master-of-private-law/fees/.

4. International Master of Business Administration, Erasmus University

5 Rekomendasi Program S2 di Luar Negeri dengan Durasi Studi 1 TahunErasmus University (eur.nl)

Sekolah bisnis ini secara konsisten diperingkatkan di sekitar 30 program teratas di dunia dan 5 teratas di Eropa. Kamu akan menempuh pendidikan dalam kurun waktu 12 bulan dengan pengajaran berbasis bahasa Inggris.

Keterampilan untuk berpikir kritis, kreatif, dan analitis tentang isu-isu bisnis penting kamu miliki untuk dapat belajar dengan baik di sini. Selain itu, kamu perlu memperhatikan syarat-syarat pendaftaran lainnya.

Beberapa syarat lainnya adalah pengalaman bekerja minimal 3 tahun, tingkat pendidikan minimal S1, esai dan letters of recommendation, memiliki global mindset, serta kemampuan bahasa Inggris. Ini bisa dibuktikan dengan skor IELTS, TOEFL, atau PTE. Adapun soft skills yang dibutuhkan, di antaranya leadership, effective communication skills, professional drive, maturity, creativity, adaptability, independence, dan self-confidence. Kamu bisa mengakses persyaratan lengkapnya di sini https://www.eur.nl/en/post-master/international-full-time-mba/application.

5. Master of Science in Food Security, University of Warwick

5 Rekomendasi Program S2 di Luar Negeri dengan Durasi Studi 1 TahunUniversity of Warwick (warwick.ac.uk)

University of Warwick layak dijajal untuk tujuan studi lanjutan. University of Warwick masuk dalam urutan ke-6 untuk kategori universitas terbaik di UK menurut The Guardian University Guide tahun 2022.

Salah satu program pascasarjana yang bisa kamu pilih di sini adalah program master of science. Selain jurusan Food Security, kamu juga bisa memilih jurusan lain, seperti Biotechnology, Bioprocessing and Business Management (MSc), Environmental Bioscience in a Changing Climate (MSc), Medical Biotechnology and Business Management (MSc), atau Sustainable Crop Production: Agronomy for the 21st Century (MSc). 

Bagi calon mahasiswa asal Indonesia, Universitas Warwick hanya menerima mahasiswa dari universitas terakreditasi BAN-PT A atau B. Pelamar dari universitas terakreditasi A juga memerlukan nilai IPK 3,0—3,69. Sedangkan pelamar dari universitas terakreditasi B harus memiliki IPK 3,3—3,7 untuk bisa masuk ke sini. 

Tahap tes masuk lain untuk bisa berkuliah di sini adalah kemampuan bahasa Inggris dengan dibuktikan skor IELTS senilai 6,5. Jadi, pastikan kamu memiliki skor yang cukup, ya. Simak juga persyaratan lainnya di sini https://warwick.ac.uk/study/postgraduate/courses/foodsecurity/.

Kampus-kampus di atas cocok banget buat kamu yang mau coba daftar untuk lanjut S2. Meskipun singkat, kamu tetap harus serius, kuliahnya, ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Program S2 Lintas Jurusan

Alphabet stories Photo Verified Writer Alphabet stories

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya