Comscore Tracker

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnya

Apa yang mendominasi?

Agama merupakan sistem kepercayaan atau pandangan untuk menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan. Dengan kepercayaan, manusia mendapatkan etika, hukum agama, dan juga moralitas dalam kehidupannya.

Hingga saat ini, setidaknya ada 4.200 agama dan kepercayaan di dunia, lho. Sebagian besar agama ini memiliki jumlah pengikut yang beragam.

Banyaknya agama di dunia membuat kita harus selalu menerapkan sikap toleransi antar umat beragama. Penasaran untuk mengetahui agama terbesar di dunia? IDN Times menyiapkannya dalam urutan berikut ini!

1. Kristen

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi tempat ibadah agama Kristen Protestan (pexels.com/Brett Sayles)

Agama terbesar di dunia yang pertama adalah Kristen. Agama ini dianut oleh 32 persen penduduk di dunia, atau sekitar 2,38 miliar orang. 

Kristen merupakan agama tertua dari ajaran Yesus Kristus pada tahun 27 M. Agama ini terdiri dari enam cabang atau komunitas, yakni Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

2. Islam

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah PengikutnyaMasjid Istiqlal (instagram.com/wikan_d)

Agama Islam dianut oleh 24,3 persen penduduk di dunia atau setara dengan 1,8 miliar orang. Agama ini disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW sekitar tahun 610 M yang memercayai Allah SWT, Muhammad sebagai Rasul Allah, dan Al-quran sebagai kitabnya.

Komunitas muslim di dunia ada dua kelompok, lho. Kelompok pertama yakni Sunni dengan jumlah 90 persen dan sisanya adalah Syiah.

3. Hindu

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi Pura Besakih (IDN Times/Vanny El Rahman)

Dalam urutan ketiga, terdapat agama Hindu yang dianut oleh 15 persen penduduk di dunia, atau setara dengan 1,15 miliar orang. Pengikut agama ini didominasi oleh penduduk di wilayah Asia Selatan, yakni India dan Nepal sebanyak 1,05 miliar orang.

Di Negeri kita tercinta, Bali menjadi salah satu kawasan yang masyarakatnya mayoritas menganut agama Hindu. Agama ini masuk ke dalam salah satu agama tertua di dunia.

4. Buddha

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah PengikutnyaBuddha (pexels.com/Suraphat Nuea-on)

Agama Buddha didirikan oleh Siddharta Gautama pada tahun 600 SM. Hingga saat ini, Buddha dianut oleh sekitar 507 juta pengikut di seluruh dunia dengan China 244 juta pengikut, Thailand 64,4 pengikut, dan Jepang 45,8 juta pengikut.

Agama ini memiliki kitab suci bernama The Tripitaka. Ajaran Buddha didasari oleh kehidupan setelah kematian, karma, dan reinkarnasi. Agama Buddha memiliki beberapa komunitas atau sekte, yakni Mahayana, Vajrayana, dan Hinayana.

5. Agama tradisional Tionghoa

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah PengikutnyaAgama tradisional Tionghoa (dok. Chinese Language Institute)

Agama tradisional Tionghoa memiliki 384 juta pengikut atau setara dengan 5,50 persen total penduduk di dunia. Kepercayaan ini banyak dianut oleh bangsa Tionghoa, terutama Suku Han.

Tidak memiliki kitab suci secara resmi, agama ini merupakan perpaduan antara beberapa kepercayaan atau filsafat, mulai dari Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Pada agama ini, terdapat penghormatan kepada leluhur dan juga dewa-dewi.

6. Shinto

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah PengikutnyaIlustrasi Shinto (dok. Bokksu.com)

Shinto merupakan agama yang berkembang di Jepang pada abad ke-8 M dengan jumlah pemeluk 104 juta orang. Agama ini mengajarkan untuk memuja dan berbakti kepada raja.

Agama Shinto cenderung memiliki dasar dari praktik budaya di Jepang. Agama ini memadukan pemujaan pada gejala-gejala alam dan mempercayainya bahwa semua benda baik yang hidup atau mati dipandang sebagai ruh atau spirit yang wajib dihormati.

7. Sikhisme

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi sikhisme (Sikhnet.com/Ajay Gupta)

Agama Sikhisme berasal dari India yang didasari oleh ajaran Guru Nanak dan sepuluh penerusnya. Pertama kali muncul di Punjab, India Utara sekitar tahun 1469, agama ini memiliki esensi untuk percaya kepada keesaan Tuhan. 

Agama Sikhisme memiliki jumlah 30 juta pengikut hingga saat ini. Shikisme meyakini bahwa Tuhan ada dalam setiap ciptaannya termasuk di dalam diri manusia. Bahkan, Shikisme pernah masuk ke Indonesia pada awal abad ke-19, lho.

Baca Juga: Cara Membalas Ucapan Minal Aidin Wal Faizin dengan Benar

8. Yudaisme

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi yudaisme (dok. Universal Life Church Monastery)

Yudaisme merupakan agama yang didirikan oleh Abraham, Yakub, dan Isaac sekitar abad ke-8 SM di Timur Tengah hingga memiliki 14 juta pemeluk saat ini. Agama ini memiliki tiga cabang sekte atau golongan, yakni Yudaisme Ortodoks, Yudaisme Konservatif, dan Yudaisme Reformasi.

Agama Yudaisme hanya mempercayai satu Tuhan. Namun, setiap cabangnya memiliki penafsiran berbeda dalam kitab suci dan praktik keagamaannya.

9. Taoisme

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi tempat ibadah Taoisme (dok. Taoist Tai Chi Society)

Taoisme adalah agama rakyat terbesar selanjutnya yang berkembang di Cina sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Jumlah pemeluknya sudah mencapai 12 juta pengikut.

Taoisme berasal dari Cina yang telah berkembang dari 2.000 tahun yang lalu. Taoisme atau yang biasa dikenal dengan Daoisme berpusat pada kehidupan yang selaras dengan fluktuasi spontan tatanan alam.

Pembentukan agama ini diprakarsai oleh pria bernama Laozi yang telah menulis teks agama bernama Daodejing. Taoisme muncul pada era akhir Dinasti Han Timur dan akar-akar pemikirannya telah ada setelah Agama Ruisme atau Kong Jia. 

10. Muisme

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi muisme (Wikimedia.org/hplouffe)

Muisme atau yang biasa dikenal dengan Shamanisme Korea merupakan agama yang  memiliki 10 juta pengikut. Agama ini sangat erat kaitannya dengan budaya dan sejarah tradisional Korea.

Shamanisme Korea menggabungkan berbagai kepercayaan dan praktik yang dipengaruhi agama asli Korea, agama Buddha dan Taoisme. Agama ini memiliki praktisi perempuan yang disebut mudang, ia bertugas untuk melakukan kontak antara dewa dan manusia.

11. Baha'i

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi Baha'i (dok. Reform Judaism)

Baha’i merupakan sebuah agama yang menekankan kesatuan spiritual umat manusia. Agama ini didirikan oleh Mirza Husayn Ali (Bahaullah) pada tahun 1900 M yang bermula di Iran.

Agama ini dianut oleh sekitar 7 juta orang yang tinggal di wilayah Israel dan sekitarnya. Pengikut dari agama ini disebut dengan Bahai atau Babis.

12. Cao Dai

12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnyailustrasi tempat ibadah Cao Dai (dok. caodai.org)

Agama Cao Dai berasal dari Vietnam yang dibentuk pada tahun 1926 oleh Ngo Van Chieu. Ia mengakut telah menerima pesan dari dewa yang dikenal sebagai Supreme Being selama memanggil arwah.

Agama ini memiliki penganut yang cukup banyak, yakni 4,4 juta jiwa. Cao Dai memiliki arti 'tempat yang tinggi' atau harfiahnya di tempat tertinggi di mana Tuhan berada. Mereka meyakini pengajaran Buddhisme, Taoisme, Konfusianisme, dan Kristen.

Nah, itu dia 12 agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah pengikutnya. Dengan keberagaman kepercayaan yang ada, jangan lupa untuk saling toleransi, ya!

Baca Juga: Jawaban Barakallah, Begini Arti dan Cara Penggunaannya

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Lea Lyliana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya