Comscore Tracker

Doa Penglaris Dagangan Nabi Sulaiman agar Sukses Berdagang

Rezeki lancar dan dagangan berkah

Berdagang merupakan pekerjaan yang sangat dianjurkan dalam Islam untuk mencari nafkah yang penuh berkah. Namun, tak sedikit pedagang yang mengalami kesulitan hingga akhirnya harus gulung tikar.

Allah tentunya tidak akan memberikan kesulitan melebihi kemampuan umat-Nya. Kamu dapat membaca doa penglaris Nabi Sulaiman yang bisa diamalkan saat berdagang. Selain berdoa, tentunya kamu harus terus berusaha dan berikhtiar. Berikut adalah doanya.

1. Doa penglaris dagangan Nabi Sulaiman

Doa Penglaris Dagangan Nabi Sulaiman agar Sukses Berdagangilustrasi pedagang (pexels.com/Yaprak Atansay)

Bagi kamu yang memiliki usaha dan menginginkan kelancaran dalam berdagang, berikut ini doa penglaris dagangan Nabi Sulaiman AS yang bisa kamu baca. Simak selengkapnya:

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi'nian asykura ni'matakallati an'amta 'alayya wa 'ala walidayya wa an a'mala salihan tardahu wa adkhilni birahmatika fi ibadikas-salihin

Artinya: “Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An Naml: 19).

2. Isi dari Surat An-Naml Ayat 19

Doa Penglaris Dagangan Nabi Sulaiman agar Sukses Berdagangilustrasi tasbih dan Quran (pexels.com/RODNAE Productions)

Isi dari Surat An-Naml ayat 19 adalah tentang kisah Nabi Sulaiman AS bersama para semut. Pada saat itu, Nabi Sulaiman AS berjalan menemui umatnya yang ingin menemui beliau dan meminta Nabi Sulaiman agar berdoa kepada Allah SWT agar diturunkannya hujan.

Nabi Sulaiman bersama umatnya kemudian berkumpul di tengah kota dan bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diturunkannya hujan. Secara tidak sengaja, Nabi Sulaiman melihat semut yang ikut berdoa bersamanya.
 
Semut itu berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya kami adalah salah satu dari makhluk-Mu. Kami memerlukan sekali siraman hujan-Mu. Jika tidak Engkau sirami kami, berarti Engkau akan membinasakan kami." 

Setelah itu, Nabi Sulaiman AS tersenyum dan kembali membacakan doa pada Surat An-Naml ayat 19.

Baca Juga: 3 Bacaan Doa Datang Haid yang Bisa Diamalkan, Wajib Tahu!

3. Tips berdagang menurut Rasulullah SAW

Doa Penglaris Dagangan Nabi Sulaiman agar Sukses Berdagangpedagang sembako (IDN Times/Holy Kartika)

Ada beberapa sikap yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW saat berjualan. Sikap ini dapat menjadi teladan bagi kita semua ketika ingin berdagang. Hal yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah bersikap jujur.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Rasulullah bersabda,

“Sesungguhnya para pedagang (pengusaha) akan dibangkitkan pada hari kiamat sebagai para penjahat kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah, berbuat baik dan jujur.”

Kedua, menjual barang dagangan dengan kualitas yang baik. Jangan jual barang cacat yang akan merugikan pembeli. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibn Majah, Uqbah bin Amir pernah mendengar Rasulullah berkata,

“Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak halal bagi seorang muslim untuk menjual barang yang ada cacatnya kepada temannya, kecuali jika dia jelaskan." (HR. Ibn Majah)

Ambil keuntungan saat berdagang sewajarnya. Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:

“Barangsiapa yang menghendaki keuntungan akhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu kebahagiaan pun di akhirat.” (QS. Asy-Syuraa: 20)

Terakhir, kamu tidak boleh mudah untuk putus asa. Setiap usaha pasti memerlukan proses yang panjang. Setiap perjalanan pasti memiliki hambatan yang bisa saja menghadapi kita.

“…Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah kaum yang kafir.” (QS. Yusuf: 87)

Itu dia doa penglaris dagangan Nabi Sulaiman AS yang dapat dibacakan saat berdagang. Selain berdoa, kamu harus tetap berusaha dan berikthiar agar diberikan kelancaran oleh Allah SWT.

Baca Juga: Doa Rukiyah untuk Mengusir Setan dan Gangguan Jin

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya