Comscore Tracker

5 Hal Tentang Rencana Pernikahan Ini Wajib Kamu Bahas Bareng Orangtua

Karena mereka juga perlu untuk diajak diskusi

Bicara soal pernikahan, tak jarang pasangan muda yang ingin mandiri dan menangani semuanya sendiri perihal rencana pernikahannya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang memang penting dibahas bareng orangtua, lho. Apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Jumlah tamu undangan

5 Hal Tentang Rencana Pernikahan Ini Wajib Kamu Bahas Bareng OrangtuaPexels.com/Agung Pandit Wiguna

Hal pertama yang perlu dibahas bareng orangtua adalah tentang jumlah tamu undangan. Kamu harus memberitahu dan membicarakannya dengan orangtua, jadi mereka juga bisa mengira-ngira soal siapa saja yang akan mereka undang.

Acara pernikahanmu juga tidak akan kacau dan terhindar dari terlalu banyaknya tamu atau terlalu sedikit tamu yang datang.

2. Kondisi finansial

5 Hal Tentang Rencana Pernikahan Ini Wajib Kamu Bahas Bareng OrangtuaPexels.com/Pixabay.com

Kemudian kondisi finansialmu juga sepertinya penting untuk dibicarakan dengan orangtua. Menikah itu memerlukan biaya yang tidak sedikit, dan dengan memberitahukan tentang kondisi keuanganmu, mereka juga tidak akan minta yang macam-macam untuk acara resepsinya nanti. Karena pasti semua orangtua menginginkan pesta yang meriah untuk pernikahan anaknya, kan?

Baca Juga: 5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju Pernikahan

3. Proses dan tahap persiapan

5 Hal Tentang Rencana Pernikahan Ini Wajib Kamu Bahas Bareng OrangtuaPexels.com/Terje Sollie

Lalu, proses atau tahapan persiapan pernikahanmu juga mesti dibahas bareng orangtua, lho. Memang bukan suatu kesalahan jika kamu ingin menyimpannya sendiri, namun bukankah kalau kamu ceritakan kamu jadi bisa minta pendapat ketika ada kendala? Mereka juga pasti akan memberikan saran terbaik untukmu selama proses menuju pernikahanmu agar lancar.

4. Kapan dilaksanakannya acara

5 Hal Tentang Rencana Pernikahan Ini Wajib Kamu Bahas Bareng OrangtuaPexels.com/Jonathan Borba

Penentuan tanggal dilaksanakannya acara pernikahan juga sebaiknya dibahas bareng orangtua. Kalau bisa bahkan bersama orangtua pasangan juga membicarakannya. Jadi ada kesepakatan antara kedua belah pihak soal hari baik dilaksanakannya pernikahan itu.

5. Tempat tinggal setelah menikah

5 Hal Tentang Rencana Pernikahan Ini Wajib Kamu Bahas Bareng OrangtuaPexels.com/Pixabay.com

Terakhir adalah tentang tempat tinggal setelah menikah. Karena supaya jelas dan tidak terjadi salah paham. Saat membahasnya juga kamu bisa terus terang soal apakah tinggal sementara dengan mereka setelah menikah atau justru langsung pindah dan tinggal berdua bersama pasangan.

Itulah beberapa hal terkait rencana pernikahan yang tergolong penting untuk dibahas bareng orangtua. 

Baca Juga: Demi Gengsi, Ini 5 Alasan Lain Orang Kebelet Bikin Pernikahan Mewah!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya