Comscore Tracker

Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan Toxic

Kamu beruntung memiliki keluarga yang seperti ini 

Hubungan toxic yang merusak diri dan mental tidak hanya bisa terjadi dalam hubungan asmara atau pertemanan saja, namun juga dalam hubungan keluarga. Maka dari itu bisa dikatakan kalau kamu patut bersyukur jika ada beberapa tanda ini di dalam keluargamu, karena itu artinya keluargamu jauh dari hubungan toxic. Apa-apa sajakah tanda-tanda itu? Simak lima di antaranya di bawah ini ya.

1. Memberi afeksi kasih sayang dengan tulus 

Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan ToxicPexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda pertama kalau dalam keluargamu tidak ada hubungan toxic ialah ketika sesama anggota keluarga terbiasa untuk memberi afeksi sayang untuk satu sama lain dengan tulus. Karena sebenarnya gak perlu malu untuk menunjukkan cinta pada keluarga, sebab merekalah yang akan bersamamu dalam waktu yang lama.

2. Saling menerima dan mendukung satu sama lain dengan positif 

Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan ToxicPexels.com/Fauxels

Tanda lainnya adalah saat masing-masing saling menerima dan mendukung satu sama lain dengan positif. Sebab tak dapat dipungkiri pula bahwa ada yang membenci keluarganya, atau bahkan tidak mengakui keluarganya karena malu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada Orangtua

3. Tak ada tuntutan yang diberlakukan dalam keluarga 

Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan ToxicPexels.com/Ketut Subiyanto

Hubungan dalam keluargamu bisa dibilang jauh dari toxic saat tidak ada tuntutan yang diberlakukan dalam keluarga. Karena tuntutan biasanya malah membawa tekanan dan jika tidak kuat malah bisa menyiksa mental. Makanya kalau keluargamu tidak ada menuntut yang bersifat paksaan maka kamu pun patut bersyukur.

4. Saling membantu untuk berkembang bersama-sama 

Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan ToxicPexels.com/Andrea Piacquadio

Keluarga tidak hanya berupa status saja, namun di dalamnya saling membantu untuk berkembang lebih baik bersama-sama. Kalau hubungan dalam keluargamu seperti ini maka kamu harus bersyukur sebab jauh dari toxic, yang ada malah semuanya sukses bersama-sama dengan hal-hal positif. Tidak semua orang beruntung memilikinya lho.

5. Ada di kala susah dan senang 

Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan ToxicPexels.com/Cottonbro

Hal terakhir yang menandakan hubungan keluargamu jauh dari toxic adalah saat semuanya ada di kala susah dan senang. Tidak meninggalkanmu sendirian ketika sedang kesulitan, melainkan menanggung bebannya bersama-sama dan membantumu untuk survive. Gak bakal toxic kalau keluarga saling peduli seperti ini.

Bisa dibilang keluarga itu merupakan harta yang paling berharga, dan lima hal di atas menandakan kalau hubungan di dalam keluargamu jauh dari toxic. Banyak-banyak bersyukur dan berbahagialah!

Baca Juga: 5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besar

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya