Comscore Tracker

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui lebih rentan penyakit, lho

Seiring peningkatan jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia, banyak masyarakat makin cemas termasuk ibu hamil dan menyusui. Dua golongan ini termasuk rentan terhadap penyakit. Berikut enam tips meminimalisir risiko terpapar virus corona untuk ibu hamil dan menyusui dari Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA).

1. Konsumsi makanan padat gizi dan vitamin untuk ibu hamil

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan MenyusuiUnsplash/Brandless

COVID-19 akan memperburuk kondisi seseorang dengan daya tahan tubuh rendah. Untuk itu jaga pola makan dan perhatikan asupan gizi, apalagi untuk ibu hamil dan menyusui.

Konsumsi juga vitamin secara rutin yang ditujukan untuk ibu hamil dan menyusui. Lebih baik minta resep dan anjuran dari dokter agar dosisnya tepat.

Meski ibu hamil dan menyusui termasuk golongan rentan terkena penyakit, penelitian dari para pakar kesehatan menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada bukti virus dapat menular ke janin selama proses kehamilan.

Hasil penelitian ini sudah dikonfirmasi oleh Royal College of Anaesthetists, Public Health England (Lembaga Kesehatan Masyarakat Inggris) dan Health Protection Scotland (Lembaga Perlindungan Kesehatan di Skotlandia).

2. Hindari keluar rumah kecuali mendesak

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan MenyusuiUnsplash/camyllabattani

Pada dasarnya COVID-19 menyerupai virus flu namun dengan potensi penyebaran yang jauh lebih cepat dan ganas. Penularannya bisa terjadi lewat sentuhan dan droplets dari orang yang sudah positif terjangkit.

Melakukan isolasi mandiri atau menghindari bepergian keluar rumah adalah upaya pencegahan terbaik. Minimalisir kontak dengan orang lain untuk menurunkan risiko penularannya.

Karena, reaksi yang muncul pada orang yang sudah terpapar virus ini bisa sangat beragam. Ada beberapa carrier virus yang secara fisik baik-baik saja, namun tetap membawa potensi penularan yang sama besarnya.

3. Jaga jarak aman saat berada di luar rumah

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusuipexels/Garon

Jika terpaksa harus bepergian keluar rumah untuk keperluan mendesak, pastikan menggunakan pakaian yang rapat dan menutupi seluruh permukaan tubuh. Jaga jarak aman dengan orang lain minimal satu meter.

4. Jangan dekati anak setelah bepergian, kecuali sudah membersihkan tubuh

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan MenyusuiPixabay/2081671

Di Indonesia sudah terkonfirmasi dua orang balita yang positif terpapar COVID-19. Hal ini bisa dijadikan pembelajaran untuk ibu menyusui atau ibu yang memiliki anak balita.

Setelah bepergian keluar rumah, hindari menyentuh atau berdekatan dengan anak sebelum membersihkan tubuh dengan baik dan benar. Segera ganti baju dan mandi hingga bersih untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tubuh.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

5. Jika merasakan gejala mirip flu, hindari menyusui langsung

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusuipixabay/PublicDomainPictures

Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA) menyarankan bagi ibu menyusui yang merasakan gejala mirip flu seperti demam dan sakit tenggorokan, untuk tidak menyusui bayi secara langsung.

Pompa ASI lalu berikan pada si kecil dengan bantuan botol atau sendok, yang tentunya sudah disterilisasi dengan baik dan benar. Segera periksakan diri ke dokter jika gejala mirip flu ini muncul untuk mendapat diagnosa dan penanganan yang lebih tepat.

6. Konsultasikan ke dokter kandungan untuk pencegahan lainnya

6 Tips Kurangi Risiko Terpapar COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusuipexels/bongkarn tanyakij

Untuk ibu hamil dengan riwayat penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapat saran-saran pencegahan lain yang lebih efektif. Apalagi jika mulai merasakan gejala mirip flu secara tiba-tiba.

Stay safe, mom!

Baca Juga: 5 Langkah Kurangi Kecemasan Akibat Virus Corona 

Topic:

  • Pinka Wima
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya