Comscore Tracker

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villa

Melipir dari hiruk pikuk kota tiap pulang ke rumah

Rindu suasana liburan? Jangan menunggu liburan berikutnya, bikin rumahmu serasa sebuah villa. Salah satu caranya dengan memilih earth tone atau warna-warna alam sebagai paletnya. Percaya atau tidak, warna bisa mempengaruhi mood kita. Tunggu apalagi, simak inspirasi dekor ruang bernuansa earthy berikut. 

1. Cat putih polos dan perabot sustainable

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villainstagram.com/kollektedby

Cat earthy yang paling mudah didapat tentu warna putih bersih. Netral dan sangat mudah dipadu dengan bahan perabot apa saja, terutama kayu dan logam yang sustainable dan jauh lebih estetik dibanding plastik. Makin kuat pula nuansa alamiahnya.  Ukurannya pun tidak perlu terlalu besar. Mari hemat dana dan ruang dengan pilih meja bundar seperti ruang makan di atas. 

2. Dapur rustic dengan warna pasir yang nyaman di mata 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villainstagram.com/workshopliving

Gak hanya warna putih, jika ingin menjajal warna earthy lainnya boleh tunjuk warna pasir atau ecru. Ia dapat memberikan kesan hangat dan netral di ruangan. Dipadu dengan perabot custom yang bergaya rustic, tetapi minimalis. Unik sekali kombinasi modern dan tradisionalnya. 

3. Kamar dengan cat warna taupe, perpaduan abu-abu dan cokelat

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villacocolapinedesign.com

Warna taupe terinspirasi dari warna bulu tikus yang kelabu dengan sedikit campuran warna cokelat. Cocok juga untuk kamar, padu dengan bed cover warna kalem dan gak banyak detail. 

3. Warna beige yang adem di mata 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villainstagram.com/framacph

Warna lain yang bisa dipilih adalah beige, warna serupa kulit yang adem di mata. Di ruangan ini, bahkan ia dipadu dengan karpet berbahan anyaman jerami yang etnik dan nyaman dipijak. Bikin kamar makin hangat pula. 

5. Perabot rotan dan kayu pinus yang mudah dicari 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villaabigailmarygreen.com

Tak perlu bingung mencari perabot bernuansa earthy,  wood slats shelving unit dan meja nakas dari rotan sudah umum dijual di marketplace lokal. Tinggal pilih yang harga dan kualitasnya cocok dengan profilmu. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hadiah Dekorasi Rumah untuk Sambut Tahun 2021  

6. Ruang main anak pun tidak harus banyak warna 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villainstagram.com/fermliving

Siapa bilang ruang main anak harus berwarna-warni bak taman kanak-kanak? Cat senada dengan palet warna rumah lainnya sah-sah saja, kok. Silakan lengkapi dengan mainan yang materialnya recyclable dan warnanya gak terlalu norak. Adem di mata tanpa mengurangi esensinya sebagai spot hiburan anak. 

7. Kamar mandi kering dengan sentuhan kayu 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villaairbnb.com

Setuju gak kalau ini salah satu kamar mandi yang paling menarik hati? Kamu bisa bikin sendiri untuk rumahmu, lho. Perabot kayunya harus sudah dilapisi coating, ya. Menambah estetika, tapi tetap harus rajin dilap juga agar awet. 

8. Concrete slabs untuk ruang tengah 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villathenordroom.com

Nuansa earthy bisa pula kamu capai lewat bahan lantai untuk ruangan. Misalnya dengan material concrete slabs seperti contoh di atas. Kuat, estetik, gak mudah kotor, serta dapat dikustomisasi pada bagian pola dan bahan coating-nya. Namun, pertimbangkan pula beberapa kontranya, seperti dingin dan mudah licin saat basah. 

9. Ruang kerja bebas distraksi 

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villainstagram.com/mille_emilie

Penting memiliki ruang kerja yang rapi dan bebas distraksi. Untuk itu, earth tone dianggap ideal untuk ruang kerja di rumah. Sudah terlalu banyak distraksi di rumah, jadi bikin seminimal mungkin di ruang kerja kamu. Makin komplit dengan penerangan alami yang bisa naikkan fokus dan mood saat kerja. 

10. Aksen warna hijau lumut dan merah

10 Dekor Ruang Bernuansa Earthy yang Buatmu Seakan Menginap di Villainstagram.com/thesocialitefamily

Selain warna-warna netral, sebenarnya kamu bisa kok memadukan beberapa warna yang mencolok. Misal merah dan hijau lumut yang mewakili bunga dan dedaunan. Letakkan sebagai aksen saja, ya. Dominasi warnanya masih netral seputar putih dan cokelat.

Di manapun lokasi rumahmu, dengan desain earthy seperti ini kamu akan merasa melipir dari kota dan sedang staycation di pedesaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Menghias Rumah dengan Dekorasi Natal di Awal Desember  

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya