Comscore Tracker

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to Heaven

Agar meninggalkan kenangan indah pada anak #IDNTimesLife

Bagi yang sudah menonton drama Korea Move to Heaven pasti paham bagaimana hubungan antara Ji Jin Hee (ayah Geu Ru, Han Jeong U) dan Tang Joon Sang (Han Geu Ru). Meski ayahnya sudah meninggal, kenangan indah masih melekat di dalam benak Han Geu Ru. Bahkan, ia sampai sulit melepas kepergian ayahnya.

Drama Korea Move to Heaven ternyata terselip beberapa tips parenting, lho! Bisa dilihat bagaimana Han Jeong U mendidik anaknya yang mengidap sindrom Asperger dengan baik. Daripada penasaran, langsung simak di bawah ini, yuk!

1. Memberikan pelukan kepada sang anak

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to Heavencuplikan drama Korea Move to Heaven (dok.Netflix/Move to Heaven)

Pelukan bisa membuat perasaan seseorang menjadi tenang. Apalagi hubungan orang tua dan anak. Sejak kecil hingga berusia 20 tahun, Han Jeong U sering memberikan pelukan kepada anaknya, Han Geu Ru.

Pelukan itu diberi oleh Han Jeong U saat putra semata wayangnya dalam kondisi emosi apa pun, termasuk bahagia hingga kesal. Dekapannya pun begitu tulus.

2. Berkata sopan dan lembut

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to Heaventangkapan layar adegan drama Korea Move to Heaven (dok.Netflix/Move to Heaven)

Tidak hanya anak yang berkata sopan dan lembut, dalam drama Move to Heaven, orang tua pun juga berbuat seperti itu. Dalam drama ini, Han Jeong U tidak pernah marah sama sekali dengan anaknya. 

Episode pertama saat Geu Ru berlari mengikuti perawat karena menginginkan bros. Geu Ru dibawa ke kantor keamanan setempat. Begitu masuk ke ruangan tersebut, Han Jeong U bukan memarahinya atau membentak melainkan berkata lembut dan meminta maaf pada petugas dan perawat tersebut.

Setelah keluar dari ruangan tersebut, Han Jeong U menanyakan perasaan si anak lalu penyebab anaknya bisa sampai ke kantor keamanan.

3. Selalu bilang terima kasih kepada anak

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to Heaventangkapan layar adegan drama Korea Move to Heaven (dok.Netflix/Move to Heaven)

Jika memperhatikan dialog Han Jeong U, ia selalu mengucapkan terima kasih kepada anaknya dalam berbagai kesempatan. Ucapan tersebut membuat Geu Ru semakin bersemangat dalam menjalani hari-harinya.

Bahkan di saat ayahnya meninggal, Han Geu Ru merasa kehilangan karena tidak ada yang bilang, "kerja bagus". Begitu melihat video peninggalan ayahnya, Geu Ru disuruh bercermin untuk selalu bilang "kerja bagus" setelah melakukan pekerjaan dengan baik.

Baca Juga: 10 Fakta Yoon Ji Hye, Jaksa Tangguh di Drama Korea Move to Heaven

4. Melakukan terlebih dahulu sebelum memberi perintah atau saran

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to Heaventangkapan layar adegan drama Korea Move to Heaven (dok.Netflix/Move to Heaven)

Han Jeong U tidak pernah memerintah anaknya yang belum dilakukan oleh dirinya sendiri. Han Jeong U selalu memberi contoh terlebih dahulu kepada anaknya. Hal-hal kecil bisa dilihat, misal memasak, membersihkan rumah, hingga merapikan sepatu.

5. Selalu menanyakan perasaan anak dalam keadaan apapun

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to Heaventangkapan layar adegan drama Korea Move to Heaven (dok.Netflix/Move to Heaven)

Han Jeong U tak pernah absen menanyakan kabar anaknya. Emosi yang dijawab oleh anaknya pun Han Jeong U berusaha menjadi good listener. Gak hanya itu Han Jeong U pun mampu membaca ekspresi wajah anaknya.

Contoh kecil saja, saat Han Jeong U menyajikan telur ceplok yang bagian kuningnya meleleh kepada Geu Ru, Han Jeong U langsung sigap mengganti telur tersebut.

6. Tidak langsung berkata salah

6 Tips Parenting Sederhana ala Ji Jin He di KDrama Move to HeavenTang Joon Sang (kiri) dan Ji Jin Hee (kanan) di drama Korea Move to Heaven (instagram.com/netflixkr)

Masih di episode pertama, saat pemagang yang meninggal. Han Geu Ru menebak bahwa pemagang tersebut menyukai gimbap dan makanan cepat saji lainnya. Saat Han Geu Ru bertanya, "Apakah aku salah?", ayahnya hanya bilang, "Tidak, kau tak salah".

Setelah mengucapkan kalimat tersebut, ayahnya lalu menambahkan kalimat pembenaran atas apa yang terjadi. Pemagang tersebut bukan menyukai melainkan karena tidak ada waktu untuk makan.

Meski drama Korea Move to Heaven bersifat fiktif, tidak ada salahnya meniru perbuatan baik dari masing-masing karakter, misal pada Han Jeong U. Tidak hanya kalimat bijaknya tetapi juga tips parenting yang membuat anaknya mempunyai kepribadian baik.

Baca Juga: 10 Potret Hong Seung Hee, Sahabat Tang Jun Sang di 'Move to Heaven'

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kamu bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya