Comscore Tracker

5 Tips Hadapi Anak Picky Eater

Coba mulai dari kamu yang contohin

Sebagai orangtua, ada kalanya kamu pernah mendapati si buah hati suka pilah-pilih makanan. Seperti ketika dikasih sayur atau buah, dia justru lebih memilih makanan instan seperti junk food atau biskuit kemasan. Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi anak picky eater. Seperti misalnya pola makan yang tidak teratur, kurangnya adaptasi anak terhadap makanan yang baru pertama dimakan, atau boleh jadi ketika anak sebenarnya tidak begitu lapar.

Meski gak menimbulkan dampak yang membahayakan, namun kebiasaan ini bisa jadi hal yang kurang baik bagi pola makan si anak. Lalu, bagaimana menghadapi jika anak menunjukkan perilaku demikian?

Ada beberapa trik yang dapat kamu terapkan untuk menghadapi anak yang suka pilah-pilih makanan. Sebelum anak sudah mulai membiasakan kebiasaan ini, coba terapkan beberapa hal di bawah ini!

1. Tidak perlu memaksa anak makan kalau dia sudah kenyang

5 Tips Hadapi Anak Picky Eatermomcenter.com.ph

Setiap anak memiliki pola metabolisme tubuh yang berbeda. Ada anak yang makan sedikit, tapi kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi, namun ada anak yang membutuhkan banyak makanan sebagai stok energi tambahan. Hal yang kerap dilewatkan ibu dengan anak picky eater adalah ketika tidak menyadari bahwa sebenarnya anak sudah kenyang. Sehingga dia menolak ketika diberi variasi makanan baru setelah makanan berat, atau makanan kesukaannya. 

Sebagai Ibu, coba untuk perlahan memberi porsi yang bervariasi pada setiap makanan. Misalnya saat makanan kesukaannya adalah ayam dan nasi, kurangi porsinya agar dia bisa merasakan makanan yang baru pertama kali baginya seperti buah mangga atau apel.

Baca Juga: Beda Dia yang PDKT Serius Vs Iseng Sama Kamu

2. Sajikan makanan semenarik mungkin agar dia antusias untuk mencicipi rasanya

5 Tips Hadapi Anak Picky Eaterbeano.com
5 Tips Hadapi Anak Picky Eaterfunnyfoodart.com

Kalau kamu sering mendapati bekal anak yang masih tertata rapi sepulang sekolah, cobalah trik satu ini untuk lebih membuatnya ingin mencoba meski bukan makanan kesukaannya.

Ketika membawakan bekal, bentuk makanan dengan gambar figur favoritnya. Ini salah satu cara agar anak punya mood yang baik saat hendak makan. Boleh juga dengan kamu olesi seperti misalnya cokelat, di atasnya. Tampilan yang berbeda akan lebih menggugah seleranya untuk makan.

3. Fokuskan perhatiannya pada makanan ketika sedang makan

5 Tips Hadapi Anak Picky Eaterparenting.firstcry.com

Coba perhatikan ketika dia makan, apakah saat itu dia sedang fokus terhadap hal lain? Jadikan waktu makan sebagai fokus utamanya. Kalau waktu anak yang sebenarnya digunakan untuk makan, justru teralihkan dengan hal lain seperti bermain dan menonton TV, bantu dia untuk fokus pada makanannya. Segera matikan televisi dan singkirkan hal-hal yang membuat dia tidak fokus. 

4. Bolehkan dia menyentuh langsung makanannya

5 Tips Hadapi Anak Picky Eatertimeout.com

Anak yang tidak familiar dengan makanan biasanya punya ketakutan sendiri terhadap rasa atau tekstur makanan yang belum pernah dicoba. Bantu dia untuk mengenal makanan yang baru pertama kali dia temui. Beri kesempatan padanya untuk melihat dengan seksama perihal makanan yang baru pertama kali baginya, maka pelan-pelan dia akan mengetahui kalau makanan itu sebenarnya enak setelah dicoba. Kamu dapat membantunya menyentuh atau memegangi makanan, bantulah dia pelan-pelan mengenal rasa makanan.

5. Buatlah suasana makan yang menyenangkan dengan makan bersama keluarga

5 Tips Hadapi Anak Picky Eaternouvelles.umontreal.ca

Hal yang paling mungkin untuk menghentikan anak picky eater adalah dengan mencontohkannya supaya tidak pilah-pilih makanan. Ketika makan bersama keluarga dan saat itu ada anggota keluarga lain seperti kakaknya, contohkan padanya kalau dia bisa makan apa saja seperti kakaknya. Lama-lama dia akan tertarik mencoba dan meminta sesuap. Kemudian ketika dia sudah terbiasa, memberinya makanan baru yang belum pernah dimakan pun akan lebih mudah. 

Intinya, bangun kebiasaan anak pelan-pelan dengan memberi contoh terlebih dahulu. Kamu juga bisa menyelipkan makanan kesukaan pada makanan yang baru pertama kali dia makan. Buat variasi berbeda dan bimbing dia pelan-pelan untuk mengenal berbagai bentuk makanan.

Baca Juga: Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior Impian

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida

Just For You