Comscore Tracker

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di Rumah

Membangun mindfulness itu penting untuk kebahagiaan

Pandemik membuat orang sulit untuk merencanakan liburan akhir tahun. Mau tidak mau, kamu harus memutar otak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk anak dari rumah.

"Tapi, kegiatan untuk menjaga kestabilan diri atau mindfulness bagi orangtua, mengambil peran penting dalam menciptakan kebahagiaan akhir tahun bersama keluarga dari rumah," kata Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia membuka "#BincangShopee 11.11 Big Sale: Ciptakan Kebahagiaan Akhir Tahun dari Rumah" pada Kamis (22/10).

Yuk, simak tips untuk menciptakan mindfulness di rumah untuk liburan akhir tahun, terutama dengan anak, dari psikolog di acara ini!

1. Mencari suatu kegiatan yang bisa kamu atur atau kontrol

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di RumahSaskhya Aulia Pima dalam BincangShopee

Otak kita akan merasa aman kalau bisa melakukan sesuatu yang bisa diprediksi dan diatur. Kita tak bisa mengatur masa depan, tapi kita bisa mengontrol apa yang dilakukan sekarang.

"Being mindful in the zone berarti kita ngerjain sesuatu yang bisa kita kontrol dan inspirational sehingga membantu kita untuk lebih senang dan lebih tenang," kata Saskhya Aulia Prima, Psikolog.

2. Melakukan eksplorasi indra-indra di tubuh bersama anak

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di RumahBincangShopee 11.11 Big Sale

Orangtua bisa melakukan eksplorasi dengan menikmati waktu sambil memperhatikan sekitar rumahmu. Sedangkan untuk anak, kamu bisa melakukan sensory play bersamanya.

"Sensory play atau kegiatan yang mengeksplorasi semua indra, itu menjadi hal yang menarik dan bisa membuat anak latihan mindful. Ini membuat anak sadar akan apa yang dia denger, yang dia lihat, yang dia rasain, dan lain sebagainya," jelas Saskhya.

3. Mengajak anak menyampaikan perasaan secara verbal

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di RumahBincangShopee 11.11 Big Sale

Saat melatih indra-indra tubuh, kamu juga bisa menyebutkan langsung apa yang kamu rasa, baik itu kesal atau senang. Hal ini bisa kamu latih juga kepada anakmu.

"Jangan cuma dibiarin dia main sendiri, tapi ditanyain juga. Misalnya, kalau makan sesuatu tuh, rasanya kayak apa, kita bisa tanya, atau kamu ngelihat apa, warna apa yang kamu suka, bau apa yang kamu suka, dan lain sebagainya," terang wanita yang juga ibu dari batita ini.

Baca Juga: Guru Besar UGM Prediksi Akhir Pandemik COVID-19 Masih Tahun Depan 

4. Biarkan anak memimpin permainannya

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di RumahPixabay.com

Kamu bisa memberikan waktu pada anak agar memimpin permainan yang ingin dilakukannya. Tak hanya kamu melulu yang mencari kreasi permainan untuk anak.

"Coba kasih anak waktu untuk nge-lead permainannya karena dengan dia nge-lead, kita tugasnya tinggal ulangin aja yang ingin dilakukan si anak dan itu membuat anak merasa diterima, nyaman, dan juga terbantu untuk mindful," paparnya.

5. Gunakan SEBELAS CARA untuk mengkreasikan permainan bersama anak

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di RumahBincangShopee 11.11 Big Sale

Mencari permainan yang pas untuk anak, tentu sulit kalau hanya dilakukan oleh orangtua. Kamu bisa melibatkan anak untuk turut merencanakan apa yang ingin dilakukannya demi momen liburan akhir tahun.

Selain itu, ada 11 cara ini yang disarankan oleh Saskhya untuk dilakukan bersama anak. "Melakukan kegiatan mindfulness itu juga perlu bersama orangtua karena mungkin, anak gak bisa sendirian melakukannya," katanya lagi.

6. Ada Shopee 11.11 Big Sale yang bisa mendukung persiapan kegiatan akhir tahun yang mindfulness ini

Inspirasi Liburan Akhir Tahun yang Mindfulness dengan Anak di RumahBincangShopee 11.11 Big Sale

Akhir tahun sering menjadi momen beristirahat dan melakukan kegiatan relaksasi dengan berlibur ke dalam atau luar negeri bersama keluarga. Namun, tahun ini karena pandemik, kamu harus liburan di rumah aja.

Untuk mendukung hal ini, Shopee dalam rangkaian Shopee 11.11 Big Sale menghadirkan "11.11 Shopee Gajian Sale" pada 25 Oktober 2020 dengan rangkaian promo diskon, seperti "Gratis Ongkir RP0 Sepuasnya", "Flash Sale Serba 60RB s/d 7x Sehari", dan "Cashback 100% Semua Kategori". 

Yuk, ciptakan suasana bahagia di dalam rumah dengan menerapkan tips mindfulness ini. Anak pun bisa kamu latih untuk lebih mindful tanpa harus meditasi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Kurang Beruntung Akhir-akhir Ini

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya