Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Silaturahmi Ketika Lebaran

Lebaran sebagai hari bahagia

Ketika lebaran, banyak dari kalian yang lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-temannya untuk hang out atau main bareng entah kemana. Kalian sering menghindari pertemuan keluarga dan acara silaturahmi. Entah itu karena bosan, atau kalian tak mau di kepoin oleh yang lain.

Namun, mulai sekarang kalian harus mengubah pandangan seperti itu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ajang silaturahmi itu memiliki banyak manfaat yang belum tentu kamu dapatkan jika kamu tidak memiliki saudara dan keluarga. 

Apa saja manfaatnya? yuk kita simak.

1. Bertemu dengan banyak saudara yang tidak kamu kenal sebelumnya

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Silaturahmi Ketika LebaranPexels/Daria

Setiap tahun, saudara-saudaramu akan membawa banyak cerita baru yang bisa kamu jadikan pelajaran. Kamu juga bisa bertemu dengan anggota keluarga yang baru dari salah satu mereka, misalkan istri atau suami dan juga anak mereka. Selain itu kamu juga bisa melihat perkembangan mereka, ada yang mulai menua, ada yang mulai cantik dan tampan,  ada yang bertambah besar ada pula yang berubah jadi kaya.

Selain itu, momen foto dengan mereka akan menjadi sebuah kisah berharga untuk generasi selanjutnya. Kelak di kemudian hari, foto bersama ini akan menjadi kenangan yang indah yang bisa membuatmu senyum sendiri. Kamu akan merasa kehangatan yang mengalir di dalam hati.

2. Suatu saat kamu akan menggantikan orangtuamu

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Silaturahmi Ketika LebaranPexels/rawpixel

Pada saatnya nanti, orangtuamu akan pergi untuk selamanya. Di saat itulah kamu mau tidak mau harus menggantikan perannya sebagai wakil dari keluarga ayah atau ibumu. Jika kamu tidak pernah mengenal mereka, maka kamu seperti tidak menghormati jerih payah orang tuamu dan saudara-saudaranya.

Ingatlah, bahwa salah satu bentuk berbakti kepada orangtua ketika sudah tiada adalah menjalin silaturahmi dengan saudara dan semua relasinya.

Baca Juga: 6 Tips Biar Kamu Gak Terjebak Menyebarkan Hoax dari Grup Chat Keluarga

3. Kamu bisa memperluas networking

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Silaturahmi Ketika LebaranPexels/Fox

Bagi kamu yang mulai merintis usaha, bisa juga tuh memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan usahamu kepada saudara-saudaramu. Dengan demikian, kamu akan memperoleh jaringan distribusi yang lebih banyak dan murah tentunya. Siapa tahu mereka bisa membuat usahamu menjadi semakin lancar dan banyak dikenal orang.

Dan bagi kamu yang sedang kesulitan mencari pekerjaan, mungkin salah satu dari mereka mempunyai kenalan yang bisa menghubungkan kamu dengan orang yang berpengaruh. Tentu saja saudara lebih diutamakan daripada yang lain, kan?

4. Kamu bisa bersyukur dengan keadaanmu sekarang

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Silaturahmi Ketika LebaranPexels/bruce

Ketika kamu mengikuti acara silaturahmi lebaran. Kamu akan bertemu banyak orang dengan kondisi ekonomi yang berbeda-beda. Ada yang berada di atasmu, ada juga yang berada jauh di bawahmu. Dengan memahami kerja keras mereka mencapai tujuan hidupnya, kamu akan merasa bahwa kehidupanmu saat ini tentu lebih baik daripada mereka. Kamu akan merasa bahagia dan bersyukur sudah diberikan kelapangan dan kemudahan.

5. Kamu bisa mendapatkan motivasi dan nasihat terbaik

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Silaturahmi Ketika LebaranPexels/Matthias Zomer

Jika kamu sedang dirundung oleh banyak masalah, jangan malah menghindarkan dari bertemu banyak orang. Kamu seharusnya membagi masalah itu dengan orang lain agar terasa lebih ringan.

Kamu bisa bercerita kepada mereka mengenai hal ini. Karena memang saudara sendiri, mereka tentu saja tidak akan segan memberikan motivasi dan saran-saran yang terbaik untuk kamu. Bahkan tidak jarang malah memberikan jalan keluar yang tidak disangka-sangka.

Jadi, dengan melihat keuntungan di atas, seharusnya kamu sekarang tidak perlu lagi malu atau malas berkumpul dengan saudaramu ketika lebaran. Mereka adalah saudaramu sendiri yang sewaktu-waktu dibutuhkan, mereka akan membantumu tanpa segan mengharapkan imbalan kembali.

Kamu juga seharusnya tahu bahwa tidak semua orang memiliki saudara. Orang seperti ini sangat memimpikan suasana kehangatan keluarga yang kamu punya saat ini.

Baca Juga: 10 Oreo dengan Rasa Unik Ini Cocok Buat Sajian Lebaran

Layang Seta Photo Verified Writer Layang Seta

Saya seorang blogger yang mempunyai hobi jalan-jalan ke tempat yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Tidak menyukai pantai, daging dan semua hal yang berbau amis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya