Comscore Tracker

5 Sifat Perempuan Bila Jadi Anak Ketiga Layaknya Erina Gudono

Anak ketiga merapat yuk!

Setiap anak di sebuah keluarga pastinya memiliki karakteristik tertentu. Apalagi, bagi anak ketiga yang secara psikologi juga dikenal dengan sifat tersendirinya.

"Perbedaan kepribadian saudara kandung terletak pada urutan kelahiran dan bagaimana orangtua memperlakukan anak mereka secara berbeda berdasarkan apakah mereka anak sulung, tengah, bungsu, atau tunggal," ungkap Kevin Leman Ph.D., seornag psikologis dan penulis buku The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are, dikutip Parents.

Erina Gudono, calon istri Kaesang Pangarep, merupakan salah satu contoh perempuan yang lahir sebagai anak ketiga dari empat bersaudara di keluarganya. Lantas, seperti apa sifat perempuan yang jadi anak ketiga? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mudah bergaul

5 Sifat Perempuan Bila Jadi Anak Ketiga Layaknya Erina Gudonoilustrasi seseorang mudah bergaul (pexels.com/Helena Lopes)

Perawatan anak ketiga menjadi lebih mudah karena pengalaman orangtua sebelumnya. Atas alasan demikian, anak perempuan yang ada urutan ketiga ini akan memiliki karakter yang lebih mudah bergaul dikarenakan telah terbiasa beradaptasi dengan kedua kakaknya.

Sebagai bukti, dalam keseharian sebagai Puteri Indonesia DI Yogyakarta 2022, Erina Gudono terbilang cukup ramah. Ia memiliki relasi pertemanan yang luas sehingga menjadikannya bukti bila sosoknya mudha beradaptasi dan disukai oleh banyak orang.

2. Easy going

5 Sifat Perempuan Bila Jadi Anak Ketiga Layaknya Erina Gudonoilustrasi seseorang yang easy going (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mudahnya merawat anak ketiga membuat kepribadian mereka jadi lebih easy going. Hal ini dikarenakan hidupnya yang lebih tenang dalam menghadapi sesuatu.

Alhasil, segala aktivitas yang dijalankannya akan terasa lebih enteng. Anak ketiga perempuan pun jarang mempermasalahkan hal-hal yang tidak penting. 

3. Ramah

5 Sifat Perempuan Bila Jadi Anak Ketiga Layaknya Erina Gudonoilustrasi pertemanan (pexels.com/RODNAE Productions)

Anak ketiga yang lahir di tengah-tengah keluarga akan cenderung memiliki karakter ramah. Hal ini dikarenakan anggota keluarga yang ramai menjadikan anak ketiga harus mudah beradaptasi dan berkenalan lebih lanjut tentang anggota keluarganya yang lain.

Keramahan yang dimiliki anak ketiga pun menjadi poin positif. Apalagi saat mereka beranjak dewasa nanti, keramahannya dapat menjadikan anak ketiga disayangi oleh banyak orang.

Baca Juga: 5 Cara Mengasuh Anak yang Baik untuk Mengasah Pikiran Anak

4. Cakap dalam berkomunikasi

5 Sifat Perempuan Bila Jadi Anak Ketiga Layaknya Erina Gudonoilustrasi seseorang mudah bergaul (pexels.com/ Pavel Danilyuk)

Anak ketiga dari empat bersaudara diharuskan dapat memiliki kecakapan komunikasi. Hal ini dkarenakan anak ketiga akan selalu menjadi penengah antara kakak dan adik. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapan oleh seorang psikolog terkenal, Paulette Sherman Ph.D.

"Karena masa kanak-kanak mereka mungkin melibatkan kompromi, anak tengah bisa menjadi orang yang menyenangkan orang yang mencoba menjaga perdamaian," jelas Paulette Sherman Ph.D., seorang psikolog dan penulis Dating From the Inside Out, dikutip mindbodygreen.

"Mereka mau bernegosiasi. Dan mereka harus melakukannya karena mereka harus belajar menjadi adik bagi yang tertua dan kakak bagi yang termuda," lanjutnya.

5. Kompetitif

5 Sifat Perempuan Bila Jadi Anak Ketiga Layaknya Erina Gudonoilustrasi kompetisi (pexels.com/ Monstera)

Menjadi anak ketiga juga akan menjadikan mereka memilliki karakter yang kompetitif, sebab tidak ingin kalah dari kakak maupun adiknya. Dalam hal kecil seperti nilai sekolah, prestasi dan beragam aktivitas lainnya anak ketiga akan berharap untuk bisa unggul.

Hal ini pun mendorong anak ketiga untuk mengalahkan adik dan kakaknya dengan cara-cara tertentu. Sifat tersebut juga sejalan dengan karakter Erina Gudono, yang telah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia DI Yogyakarta 2022. Dengan hasil prestasi tersebut menunjukkan Erina Gudono sebagai anak ketiga yang senang berkompetisi.

Memiliki adik sekaligus kakak memang tak mudah, ia tetap harus terlihat mencolok dibandingkan saudara-saudara lainnya. Untuk anak ketiga, apakah sifat di atas relate denganmu?

Baca Juga: 10 Dekorasi Acara Pengajian Kaesang-Erina, Penuh Bunga Warna Pastel!

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya