Comscore Tracker

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awet

Supaya terlihat estetik dan gak gampang rusak!

Bagi kamu yang hobi baca dan mempunyai banyak koleksi buku, wajib banget buat mengetahui cara merawat buku-buku kesayangan kamu. Menata dan merawat buku yang kamu punya gak cuma membuat tampilan ruangan bacamu menjadi lebih estetik tetapi juga bisa membuat buku koleksimu lebih awet. Langsung aja yuk kita simak tips menata koleksi buku kesayanganmu supaya tetap rapi dan indah!

1. Simpan di rak atau tempat khusus

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetfurnizing.com

Menaruh buku baiknya memang terpisah dengan barang-barang yang lain. Untuk itu kamu harus menyediakan rak atau tempat khusus untuk menyimpan buku-buku kesayanganmu supaya lebih rapi dan terawat. Jika kamu memiliki kendala ruang yang kurang untuk buku-bukumu, maka kamu bisa memanfaatkan jenis rak gantung.

Selain untuk menyimpan buku, rak yang dibuat rapi dan cantik bisa mengisi dinding kamar atau rumahmu supaya tidak terlihat kosong. Jangan lupa pastikan rak bukumu berada pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik supaya buku tidak lembab dan membuatnya mudah rusak.

2. Beri sampul buku koleksimu

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetgresswell.co.uk

Saat kamu ke perpustakaan, biasanya buku-buku yang disediakan disana telah dilapisi dengan sampul plastik bening. Kegunaan sampul plastik ini yaitu untuk memudahkan buku saat dibersihkan dari debu dan terhindar jika sewaktu-waktu sampulnya terkena air. Terapkan juga pada buku-bukumu supaya tetap awet dan mudah untuk dibersihkan.

3. Mengatur posisi buku di rak

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetirandecor.com

Mengatur posisi buku di rak sangat penting untuk membuat buku-buku terlihat rapi dan tidak menganggu pemandangan. Selain itu posisi buku juga bisa kamu atur agar tidak terlihat membosankan. Selain menata dengan susunan vertikal dan horizontal, kamu juga bisa mengombinasikannya kedua susunan tersebut. Misalnya dengan susunan vertikal-horizontal-vertikal.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menata Rumah Minimalis!

4. Susun berdasarkan warna atau ukuran buku

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetunsplash.com/Eliabe Costa

Mengatur susunan buku bisa diatur berdasarkan banyak hal, misalnya buku favorit, nama penulis, atau genre buku. Tetapi setelah mengelompokkannya seperti itu, jangan lupa setelahnya untuk kembali mengatur buku berdasarkan warna dan ukurannya. Hal ini bisa membuat susunan buku terlihat lebih rapi dan indah. Susun dari warna sampul gelap ke warna sampul cerah dan dari buku yang tertinggi hingga yang lebih pendek.

5. Menambah aksesoris pada rak buku

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetfinditathomedepot.com

Rak buku gak harus semua bagiannya kamu isi penuh dengan buku. Kamu bisa menyediakan ruang-ruang kosong di tengah untuk meletakkan aksesoris-aksesoris atau hiasan yang cantik namun tidak berlebihan untuk menambah keindahan ruang bacamu. Pemberian ruang kosong untuk aksesoris ini pun akan membuat kesan lebih lapang pada ruangan.

6. Selipkan pembatas buku

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetunsplash.com/Thought Catalog

Kebiasaan melipat halaman buku sebagai pembatas sebaiknya dihindari. Hal ini akan membuat buku kesayangmu terlihat kurang rapi karena akan terlihat bekas lipatan yang kamu buat. Lebih baik jika kamu membuat pembatas buku berupa kertas untuk menandai batas halaman yang telah kamu baca. Atau biasanya beberapa buku sudah menyediakan pembatas buku sehingga buku menjadi lebih rapi.

7. Beri kamper atau gel silicon untuk mengurangi kelembaban

7 Tips Menata Koleksi Buku Kesayangan Supaya Tetap Rapi dan Awetbaomoi.com

Musuh utama buku adalah kelembaban. Jika kamu salah menyimpan buku di tempat yang terlalu lembab, maka buku-bukumu akan mudah rusak. Untuk itu selipkan kamper atau silica gel untuk mengurangi kelembaban dan menghindari gangguan serangga pada buku. Jika kamu menggunakan kamper, maka gunakan kamper  yang dilapisi wadah atau simpan kamper di wadah baru diselipkan pada buku-bukumu. Hal ini untuk menghindari uap kamper yang justru akan membuat buku tetap lembab dan membuat sampul plastik menjadi kuning.

Nah itulah tujuh tips menata juga merawat koleksi buku kesayanganmu supaya tetap rapi dan indah. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 7 Tips Menata Ruang Tamu Kekinian yang Eco-Friendly, Rumah Serasa Kafe

Rahmalia Nurida Photo Community Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You