Comscore Tracker

Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super Protektif

Selalu ada sisi positif yang bisa diambil #IDNTimesLife

Orangtua merupakan sosok yang sangat berjasa bagi kehidupanmu. Namun, pada dasarnya setiap orangtua pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendidik anak. Jika kamu memiliki orangtua yang super protektif, hal tersebut pasti akan membuatmu terasa jengkel. Kamu merasa bahwa duniamu tidak bebas sebab terlalu dikekang oleh orangtua.

Sebenarnya orangtua yang protektif itu memiliki niat baik agar kamu bisa merasa aman dan nyaman. Meskipun terasa cukup menjengkelkan, namun sebenarnya ada beberapa hal positif yang bisa dipetik jika memiliki orangtua super protektif, lho! Penasaran? Simak pembahasan berikut ini, deh!

1. Kamu akan terdidik menjadi seseorang yang selalu berhati-hati dalam bertindak

Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super ProtektifIlustrasi pria (pexels.com/Roberto Lee Cortes)

Jika memiliki orangtua yang super protective, percayalah bahwa nanti kamu akan terdidik dengan baik. Maksudnya di sini adalah kamu pasti akan memiliki pemahaman berlebih terhadap batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan.

Dengan adanya hal tersebut, kamu pun akan tetap berusaha berada di jalur kebenaran sebab sudah dilatih oleh sosok orangtua. Alhasil, kamu pasti akan lebih berhati-hati dalam bertindak agar tidak jatuh ke lubang yang salah.

2. Kamu akan terhindar dari yang namanya pergaulan bebas

Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super ProtektifIlustrasi teman (pexels.com/william fortunato)

Orangtua yang super protective pasti akan mendorong anaknya untuk bisa pilih-pilih dalam berteman. Hal semacam itu sebenarnya tepat untuk dilakulan sebab tidak semua orang yang ada di dunia ini bersikap baik. Terkadang seseorang yang kamu percayai nantinya pasti akan mengkhianati.

Kamu pun akan terhindar dari yang namanya pergaulan bebas sebab semuanya harus berada di pantauan orangtua. Meskipun kelihatannya cukup membuat tertekan, namun percayalah bahwa pasti ada hikmah di balik orangtua yang kelihatannya kurang suportif.

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak agar Tak Bermental Peminta-minta

3. Kamu akan menjadi seseorang yang terbiasa taat dengan peraturan

Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super ProtektifIlustrasi menganalisis (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Sejak kecil, orangtuamu pasti sudah menekankan kepadamu untuk mematuhi segapa peraturan yang ada. Hal semacam itu sebenarnya sangat berguna bagimu di masa depan. Salah satu contohnya adalah ketika sudah menginjak usia dewasa, kamu pasti akan berusaha mematuhi norma yang ada.

Hal tersebut pasti akan membuatmu mudah membedakan mana yang baik ataupun buruk. Dengan adanya hal semacam itu, lambat laun kamu pasti akan mudah memilih sesuatu yang benar-benar cocok bagi hidupmu.

4. Kamu akan memiliki basic manner dan agama yang sangat kuat

Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super ProtektifIlustrasi berdoa (pexels.com/arina krasnikova)

Biasanya seorang anak yang dilahirkan dari orangtua protektif itu cenderung memiliki pemahaman kuat terhadap agama. Selain itu, orang tersebut juga akan memiliki basic manner yang cukup menonjol sehingga mudah menghormati sesama.

Orangtua yang super protective pasti akan mengajarimu bagaimana bersikap baik kepada orang lain. Apalagi kepada orang yang lebih tua, kamu pasti akan terbiasa menghormatinya.

5. Kamu akan menemukan pasangan hidup yang benar-benar menyayangimu

Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super ProtektifIlustrasi pasangan (pexels.com/samson katt)

Hal terakhir yang akan didapat jika memiliki orangtua super protective yaitu kamu bakal mendapatkan pasangan hidup terbaik. Hal itu bisa terjadi karena orangtuamu pasti paham dan mengetahui siapa yang cocok bagi anaknya. Mereka pasti akan menyeleksi semua kandidat yang bisa dijadikan menantu ideal.

Dengan adanya hal tersebut, pasanganmu saat ini pasti akan berusaha untuk merebut hati orangtuamu sehingga hubungan kalian dapat berlanjut ke jenjang selanjutnya. Ketika hal itu terjadi, kamu pasti akan mengetahui apakah dia benar-benar sayang kepadamu atau tidak.

Memiliki orangtua super protective bukanlah sesuatu yang buruk. Terkadang kamu harus melihat sesuatu dari perspektif lain agar bisa mengetahui bagaimana sisi positifnya.

Baca Juga: 5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik Anak

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya